Sunday, 31 January 2010

rest in peace, my friend..


barusan balik nih gw..
dan bener2 capek..
tapi tetep, gw sempet2in nulis blog dulu sebelom bobo..
see, betapa cintanya gw sama lo semua yang baca..
hoex!

okeh..
tadi, di gereja, yang khotbah adalah ko guan..
dia cerita tentang peace.. tentang damai..
dan dari segitu banyak yang dikhotbahin di depan tadi, ada 1 hal yang bener2 nempel di otak gw sampe sekarang..
tapi itu bukan berarti yang laen ga nempel.. wekekeke..

hal apakah itu?

ini..

dia bilang, "bedanya orang hidup sama orang mati itu ada di interaksinya.. itu yang bener2 kerasa.."
kita ga bakal bisa berinteraksi dengan orang mati..
yep.. kita ga bisa ngapa2in sama orang mati..

nah..
dari situ, otak gw langsung mikir..
"berarti, kalo ada orang yang ga bisa diajak berinteraksi sama sekali atau hidupnya ga bisa membawa dampak sama sekali ke kehidupan orang lain, orang itu sama aja kaya orang mati dong?!"
dan menurut gw, pikiran gw itu bener..
so, kalo ada yang ga setuju, langsung aja komen di bawah ini yah.. =)

kenapa gw bisa ngomong gitu?

gini..

setiap kita pasti diciptakan untuk satu atau banyak tujuan..
entah apapun itu tujuannya, yang pasti kita diciptain ga sia2..
dan menurut gw, salah satu tujuan kita diciptakan itu adalah untuk hidup dengan orang lain..

nah, kaya yang udah pernah gw tulis, kalo kita ketemu sama orang lain, itu bukanlah sebuah kebetulan..
untuk setiap pertemuan juga ada tujuannya masing2..
untuk setiap pertemuan pasti akan membawa perubahan.. akan membawa dampak..
dan seharusnya dampak itu adalah dampak yang positif..

sedangkan, kaya yang udah gw bilang tadi, "kalo ada orang yang ga bisa diajak berinteraksi sama sekali atau hidupnya ga bisa membawa dampak sama sekali ke kehidupan orang lain, orang itu sama aja kaya orang mati.."
karena kalo dia ga bawa dampak sama sekali ke kehidupan orang lain, itu berarti dia ga berinteraksi dengan orang lain..
dan kalo dia emang ga berinteraksi dengan orang lain, orang itu sama aja sama mayat..
yep mayat idup yang cuma ngabis2in oksigen jatah gw, jatah lo dan jatah temen2 kita yang laen..

sekarang, pertanyaan buat diri kita masing2, sudah cukup hidupkah kita?
sudah cukup banyak kah kontribusi kita ke orang2 di sekitar kita?
sudah adakah dampak positif dari kehidupan kita bagi orang lain?
sudahkah orang lain diberkati dengan adanya kita?

karena kalau jawaban untuk pertanyaan2 itu adalah belum, itu berarti kita masih belum bisa dibilang hidup..
kita hanya mayat idup yang cuma ngabis2in oksigen jatah orang lain di sekitar kita..

so,sekali lagi gw tanya, sudah cukup hidupkah kamu?

stay blessed.. =)

Thursday, 28 January 2010

kamu mau aku jawab jujur apa bohong?


kemaren gw nonton pelem The Invention of Lying..
kenapa gw nonton pelem itu?
karena judulnya menarik dan karena si eddyboy bilang pelem itu bagus..
jadilah gw nonton..

dan ternyata, pelemnya emang beneran bagus..
bener2 bisa kasi inspirasi baru..
kasi pandangan bagus tentang idup..
dan itulah kenapa, sekarang gw pengen bagiin apa yang gw dapet dari pelem itu.. hehehe..

di pelem itu ceritanya ada satu tempat di satu masa, dimana disana itu belum ada yang namanya LIE, atau kebohongan..
ceritanya, di tempat itu orang2 cuma tau ngomong yang jujur2..
mereka ga pernah, ga tau dan ga bisa bohong..
bahkan kejujuran2 mereka itu malah kadang menyakitkan..
dan buat lebih jelasnya lagi, bisa baca ringkasannya disini atau disini.. atau langsung aja nonton pelemnya.. hehe..

wokeh..
langsung aja masuk ke pembicaraan inti..

pada dasarnya, manusia ga suka diboongin.. dan ga ada manusia yang suka diboongin..
tapii...
kenyataannya, kalo kebohongan itu ternyata bisa bikin kita happy, kita bakal dengan senang hati diboongin..
sadar ga sadar, percaya ga percaya, kita manusia ini semuanya sama aja.. sama2 kaya gitu..

nah..
sadar kalo ternyata kita kaya gitu, benci boong tapi mau2nya aja diboongin kalo boongnya itu bikin seneng, bikin gw jadi mikir..
apakah kesenangan dari kebohongan itu bener2 kesenangan yang bisa tahan lama?
atau cuma sesaat doang dan akhirnya malah jadi bahaya??

gw keinget, ada yang pernah bilang, "bohong itu sama kaya nyembunyiin bangke di dalem kamar.. cepat atau lambat pasti bakal kecium baunya, trus ketauan.."
dan gw langsung ketemu jawaban dari pertanyaan gw tadi..
apakah kesenangan dari kebohongan itu bener2 kesenangan yang bisa tahan lama? TIDAK..

di pelem itu juga ditunjukin gimana kalo kebohongan2 itu mungkin awalnya emang ngebawa kebahagiaan..
ngebawa kepuasan buat kita yang ngedengernya..
apalagi kalo kebohongan itu emang sengaja dibikin buat muasin kuping kita doang..
tentu kita bakal seneng banget ngedengernya..

tapii..
itu ga bakal bertahan lama..
setelah akhirnya nanti kita tau apa yang sebenernya, kita tau kebenaran dibalik kebohongan2 itu, kita baru ngerasain ga enaknya..
dan ga enaknya itu bakal lebih ga enak daripada kalo kita udah tau kebenaran itu dari awal..
alesannya gampang, karena kita udah sempet seneng, jadi perasaan kita bakal kebanting sampe segitu sakitnya..

cewe tau persis gimana rasanya dibohongin..
tapi, kadang mereka ga sadar kalo mereka dibohongin itu karena mereka minta dibohongin..
bener atau bener?
di bawah ini gw kasih contohnya..

cewe: "gimana 'yang? bagus ga bajunya?"
cowo: (ngeliat bajunya ga cocok sama cewenya, langsung mikir mo jawab jujur apa bohong.. kalo jujur, si cewe bakal marah, ngomel2, bilang si cowo ga tau mode.. kalo bohong, si cewe bisa langsung seneng, trus langsung beli bajunya..) "bagus kok sayang.."
cewe: "jadi aku ambil yah?"
cowo: (udah ga pake mikir lagi karena ngeliat cewenya udah senyum2..) "iyah.. ambil aja.. cocok kok sama kamu.."

dan minggu depannya si cewe ngamuk2 karena ternyata ada temen cewenya yang ngomong baju itu ga cocok buat dia, dan dia kesel karena duitnya udah kebuang buat baju yang jelek tapi dibilang bagus ama cowonya..
bukannya gitu yang sering terjadi??

nah, beberapa hari yang lalu, sore2, gw nonton video di youtube..
isinya tentang cowo ngelamar cewenya di disney.. pake musical drama..
dan gw bener2 seneng liat itu..
gw bener2 ngerasa bahwa itu so sweet.. romantis banget..

trusss...
entah malemnya atau besoknya, si melita kasih tau gw tentang kebenaran dibalik video itu..
ternyata video itu cuma rekayasa doang..
video itu emang disengaja dibikin disney buat promosi disney..
dan itu ga aseli..

gw kecewa..
dan gw bilang ke melita, "mending kamu ga kasih tau aku.. huhuhuhu.. ngerusak kebahagiaan orang aja.."
dan dia bales, "mending dikasih tau sekarang cob.. toh cepat atau lambat kamu pasti bakal tau kok.."
baca gitu, gw cuma bisa bales, "iya sih.."

gw sendiri sebenernya males ngebohong.. apalagi dibohongin..
sebisa mungkin gw coba buat jujur.. walopun emang naturenya gw sebagai manusia pasti lebih gampang buat ngebohong daripada jujur..
tapi, gw harus tetep nyoba buat selalu jujur..

guys, kejujuran itu emang kadang menyakitkan..
kadang.. ga selalu..
tapiii... inget.. kalopun emang awalnya menyakitkan, kejujuran tetap adalah yang terbaik buat kita..
karena sakitnya itu ga bakal sesakit kalo akhirnya nanti kebohongan yang awalnya bikin kita happy itu terbuka..

so, the choice is yours..
mau pilih bohong atau jujur, itu semua terserah kalian..
gw cuma kasih tau konsekuensinya dan kenyataannya..
apapun itu, cuma ini yang pengen gw bagiin kali ini..

stay blessed and be a blessing, guys.. =)

Wednesday, 27 January 2010

kasihilah sesamamu manusia?


barusan ini gw nonton video yang dipost temen gw di facebook..
aselinya video ini ada di youtube.. dan isi video ini udah jadi obrolan dari beberapa minggu lalu..
cuma aja, gw emang baru sempet dan niat nontonnya hari ini..
makanya gw ngepost blog ini baru hari ini.. hehehe
so, ini linknya --> click disini..

intinya yang mo gw obrolin disini adalah tentang kasih..
banyak orang kristen, setelah nonton video ini, langsung marah2..
tapi ga sedikit juga yang malah ketawa2..
nah, gimanapun respon kalian terhadap video atau berita ini, gw mo bagiin pendapat gw buat kalian semua..

gw sendiri, abis nonton video 22 menit itu, gw cuma bisa ketawa2..
gw ngerasa kalo obrolan mereka itu lucu..
dan gw bener2 heran, kok masih ada aja yah orang2 kaya gitu..
duh, you know what I mean lah.. hahaha

humm..
jujurnya, gw awalnya kesel juga sih denger berita itu..
itulah kenapa gw nunda2 cari tau tentang berita itu.. gw takut gw malah emosi trus malah jadi benci sama beberapa pihak atau golongan..

tapi..
gw keinget sama ayat ini, "Dan hukum yang kedua ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri." [Matius 12:31a]

nah.. abis gw keinget sama ayat itu, gw langsung search di e-Sword (alkitab elektronik) di komputer gw dengan kata kunci "kasihilah sesamamu manusia"..
coba tebak! berapa banyak ayat yang gw dapet dari kata kunci itu?
ada 9 ayat!!

dari 9 ayat itu, 1 dari perjanjian lama, 8 dari perjanjian baru..
dan itu berarti, ayat2 itu bener2 buat kita yang idup di jaman sekarang..
bukan cuma perintah yang berlaku di jaman dulu..
yep! "kasihilah sesamamu manusia" itu adalah perintah buat kita..

ini dia gw kasih list ayat2 yang ada kata2 "kasihilah sesamamu manusia"..
tinggal click ayat2 di atas, kalian bisa baca di website laen.. =)

nah, dari ayat2 itu gw paling demen yang dari Lukas 10:27..
kalo baca perikopnya, itu ada di perikop 'Orang Samaria yang murah hati'.. mulai dari Lukas 10:25 sampe ayat 37..
dan gw yakin, lo orang udah sering denger cerita ini..
nah, di perikop itu dijelasin siapa itu 'sesamamu manusia'..

Luk 10:25 Pada suatu kali berdirilah seorang ahli Taurat untuk mencobai Yesus, katanya: "Guru, apa yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?"
Luk 10:26 Jawab Yesus kepadanya: "Apa yang tertulis dalam hukum Taurat? Apa yang kaubaca di sana?"
Luk 10:27 Jawab orang itu: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu dan dengan segenap akal budimu, dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri."
Luk 10:28 Kata Yesus kepadanya: "Jawabmu itu benar; perbuatlah demikian, maka engkau akan hidup."
Luk 10:29 Tetapi untuk membenarkan dirinya orang itu berkata kepada Yesus: "Dan siapakah sesamaku manusia?"

--dan lanjutannya, kalian bisa baca sendiri.. disitu Tuhan jelasin siapa itu 'sesamamu manusia'..--

gw sendiri, pernah dapet tentang hal ini sebelumnya..
bahwa yang namanya sesamamu manusia itu ya bener2 sesamamu manusia..
ga ada syarat2nya..
sesamamu manusia bukan cuma mereka yang baek, bukan cuma sesama orang batak, bukan pula cuma sesama pemakan babi..
intinya, buat gw sendiri, kata2 "kasihilah sesamamu manusia" itu berarti gw harus mengasihi semua orang..
bener2 semua orang..

ga peduli agama lo apa, ga peduli ras lo apa, ga peduli lo dari daerah mana, ga peduli lo orang jahat atau orang baik, gw harus bisa mengasihi lo semua..
karena perintahnya adalah "kasihilah sesamamu manusia", tanpa embel2..

so guys, itu aja yang pengen gw bagiin kali ini..
inget.. peace itu baru bisa ada kalo kita punya kasih..

stay blessed.. =)

Tuesday, 26 January 2010

I hate this!


I'm in a state where I can tell you about anything except that one
Don't ask me to say it 'cause I know you don't wanna hear it
Words will only make it bad for they can explain nothing
It's not a secret, girl, you know what it is

It's not about me, it's about us

Friday, 22 January 2010

kentut lo bau tau!!


ada yang bilang syndrome toilet.. ada juga yang ngomong kalo ini namanya syndrome kentut..
apapun itu namanya, yang pengen gw bahas kali ini berhubungan sama yang bau2 dan jorok2..
so, kali ini, siapin indera kalian tajem2, dapetin banyak hal dari yang bau2 dan jorok2 ini..

sering banget gw masuk WC dengan kondisi WCnya masih bau gara2 abis dipake orang "menjadi online" - "be-OL"..
ga jarang juga mereka yang be'ol sebelum gw itu meninggalkan harta warisan yang berharga di atas toilet itu..
dan yang namanya ta*i itu, ga peduli hasilnya manusia atau hewan, selalu berbau busuk dan ga pernah berbau harum..
dan itu berarti yang namanya WC itu pasti bau dan ga pernah harum..

tapi ada fenomena aneh tentang WC ini..
fenomena yang dibilang syndrome toilet atau syndrome kentut oleh orang2..
fenomena yang sebenernya terjadi setiap hari di sekitar kita tanpa kita sadari..

detik pertama masuk WC, baunya luar biasa..
menit pertama masuk WC, baunya sudah tidak seluar biasa detik pertama..
dan selanjutnya, WC yang bau itu perlahan2 menjadi ga bau lagi..
bahkan ta*i yang kita keluarkan pun, lama kelamaan jadi ga sebau aselinya..

well, ini dia yang terjadi sebenarnya..
bukan baunya WC atau ta*i itu yang berubah atau berkurang, tetapi respon dan toleransi kita terhadap bau itulah yang berubah..

awalnya, pertama kali mencium bau itu, respon kita adalah menolaknya dan toleransi kita terhadap bau itu juga sangat kecil..
seiring waktu berjalan, detik demi detik berlalu di WC itu, respon kita sudah tidak seekstrim itu lagi..
bahkan kita sudah mulai bisa menerima bau itu sebagai sesuatu yang biasa.. dan kita sudah amat sangat toleransi terhadap bau itu..

yep.. bau itu sudah menjadi bagian dari kita..

nah..
fenomena ini ga cuma berlaku di dalam WC doang..
fenomena ini juga sering terjadi di kehidupan kita sehari2..

pertama kali kita ngeliat atau ketemu dengan sesuatu yang menurut kita menjijikkan, kita sudah pasti menolak hal itu..
respon kita adalah sebisa mungkin menghindarinya..

tapii..

kalo hal yang menjijikkan itu ternyata ada di lingkungan tempat kita berada dan kita ga bisa mengindarinya, perlahan2 kita juga bakal menjadi biasa dengan hal itu..
akan ada saatnya dimana kita akhirnya bisa menerima semua yang menjijikkan itu menjadi bagian hidup kita..
mau ga mau, sadar ga sadar, itu yang terjadi..

guys, ini bukan hal yang bagus..
kalo kita tau apa itu yang baik dan apa yang buruk, kita harus bisa tetep sama nilai2 itu..
bukan berarti kalo udah semua orang bilang "ini udah biasa", trus kita nganggep ini jadi biasa..
bukan berarti kalo orang bilang "itu bener", trus kita ikut2an bilang "itu bener" padahal kita tau kalo itu salah..

kita tetep punya nilai2 sendiri..

"Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna." [Roma 12:2]

emang bener kita hidup di dunia.. tapi itu bukan berarti kita harus jadi sama ama dunia..
Tuhan udah jelas2 ngomong ke kita lewat Roma 12:2 itu..
jangan ikut2an sama dunia..
kalopun dunia bilang "ini bener", tapi kalo Tuhan bilang "ini salah", kita tetep ikut Tuhan..
kita harus terus berubah oleh pengetahuan kita akan Tuhan.. supaya kita tau mana yang bener, mana yang salah..

cukuplah syndrome WC itu terjadi di WC kita aja..
jangan dibawa2 ke bagian hidup kita yang lain..
apalagi kalo syndrome itu malah jadi penyakit akut yang ga bisa kita tinggalin..

stay blessed to be a blessing.. =)

Tuesday, 19 January 2010

"emang gw beda! trus kenapa?!"


setiap orang diciptakan berbeda dan kita harus bisa menerima setiap perbedaan itu..

"kurang apa sih gw? baek iya.. ganteng iya.. tinggi iya.. pinter iya.. dibandingin ama dia, gw lebih keren!"
"ya itu dia kekurangan lo.. lo ga bisa ngeliat kelebihan orang lain.."

humm..
kaya yang udah gw tulis di atas, setiap orang diciptakan berbeda dan kita harus bisa menerima setiap perbedaan itu..
setiap orang diciptakan dengan kelebihan dan kekurangannya masing2..
dan kita harus bisa menerima semuanya itu..

banyak masalah terjadi di dunia ini cuma karena satu orang ga bisa nerima perbedaan yang ada di antara dia dengan orang lain..
yep! dengan kata lain, EGOIS..
banyak masalah terjadi karena EGOIS..

waktu SD, kita dapet banyak pelajaran di sekolah..
SMP juga masih gitu..
pas SMA, mulai ada penjurusan.. setiap orang masuk ke jurusan yang pas dengan kapasitas dan kemampuan mereka masing2..
dan waktu kuliah, setiap orang berhak milih jurusan yang menurut dia adalah bagian terkuatnya.. dimana dia bisa memberikan yang terbaik di bidangnya..

nah, ini yang gw pelajari dari sistem pendidikan yang udah gw lewatin itu..
waktu gw masih SD sampe SMP, gw masih belajar nyari jati diri gw sebenernya..
nyari tau kemampuan gw sebenernya itu dimana..
nyari tau apa kelebihan dan kekurangan gw..

waktu SMA gw harus bikin keputusan buat jalan di jalan yang emang gw suka..
gw pilih masuk IPA..
kenapa? karena gw suka matematika, fisika, kimia, dan gw ga suka ekonomi, sejarah dan geografi..
gw suka ngitung tapi gw ga suka ngafal..
gw jago ngitung tapi gw ga jago ngafal..

dan sekarang, gw baru ngerti apa itu yang namanya talenta..
di Matius 25:14-30 ada perumpaan tentang talenta..
dan dari situ gw diingetin lagi tentang tugas gw..

tugas gw itu bukannya buat ngebanding2in orang2 atas talenta2nya..
tugas gw adalah buat ngembangin talenta gw..
gw punya talenta di A, orang lain belom tentu punya..
orang lain punya talenta di B, gw belom tentu punya..
dan gw ga boleh ngiri sama orang yang punya talenta yang beda sama gw..

gw sendiri, ngerasa kalo gw punya cukup talenta di bidang olah raga..
karena berdasarkan pengalaman gw, tiap gw ketemu jenis olahraga yang baru, gw ga perlu banyak waktu buat belajar teknik2 dasarnya..
gw baru belajar maen pingpong kelas 2 SMA.. dan walopun gw maen pingpong itu kurang dari sekali setaon, gw bisa bilang gw udah bisa maen pingpong..
gw baru belajar maen tennis kelas 3 SMA.. dan walopun gw maennya cuma sekali setaon, gw bisa bilang kalo gw udah bisa mukul bola tennis dengan enak..
dan masih banyak olahraga yang laen yang baru gw pelajari waktu kuliah.. sebut aja billiard, bowling dan air rifle..

sedangkan kalo dalam bidang musik, gw ngerasa kalo talenta gw ga banyak.. malah minim..
gw belajar gitar dari SMP, tapi sampe sekarang gw cuma bisa maen 1 lagu dengan benar.. lagu2 lain, ngaco!
gw belajar keyboard pas SD, tapii.. ga ada progres.. malah sekarang gw ga tau yang mana itu do re mi dan teman2nya..
waktu SD, suara gw fals kemana2.. dan selama kuliah ini gw 2 kali ditolak masuk ke paduan suara NTU..
yep.. talenta gw di musik bener2 minim..

nah, 2 contoh itu cuma buat ngasih tau kalo tiap orang itu ada kelebihan dan kekurangannya masing2..
gw ga bisa ngebandingin gw sama Ahmad Dhani - Dewa.. dia punya talenta di musik yang berlebihan.. agak ga sopan malah..
tapii.. dia belum tentu punya talenta di bidang lain kaya talenta yang gw punya..
ada beberapa hal dimana gw lebih baek dari dia..

gw pernah iseng.. ngitung2 kira bener ga sih kalo ga bakal ada manusia yang sama di dunia ini..
ga usah berdasarkan fisik, gw cuma ngitung berdasarkan sifat..
sekarang, jumlah populasi dunia itu kurang lebih 6,820,000,000 orang..
nah, kita list down sifat2 baik yang orang bisa punya..
pinter, rajin, penurut, setia, jujur, pemberani, optimis, sabar, rendah hati, pemurah, taat, suka menolong, dll..
itu aja udah 13 sifat..

anggep kalo setiap sifat itu bisa di rating pake nilai dari 1 sampe 10.. dimana 1 berarti paling jelek, 10 berarti paling bagus..
berarti, kombinasi yang bisa dibikin dengan 13 sifat itu adala 10^13.. itu berarti ada 10,000,000,000,000 kombinasi..
jumlah yang jauh lebih besar dari jumlah manusia di seluruh dunia sekarang..
bahkan jumlah kombinasi itu masih jauh lebih besar dari jumlah total manusia yang pernah hidup dari dulu sampe sekarang yang cuma antara 100,000,000,000 sampe 115,000,000,000..

bayangin kalo tinggi badan, berat badan, bentuk muka dan bentuk anggota tubuh yang lain juga jadi perhitungan..
bayangin juga kalo kemampuan maen alat musik, olahraga, pelajaran dan harta kekayaan juga dimasukin dalam perhitungan..
gw berani jamin ga bakal ada orang yang sama di dunia ini..
dan itu juga yang bener2 bikin gw jadi amazed sama Tuhan..
segitu kreatifnya Dia, sampe setiap kita diciptakan berbeda.. bener2 spesial..

guys.. setiap kita diciptain beda.. handmade.. buatan Tuhan sendiri..
dan Tuhan udah punya spesifikasi yang beda2 buat kita semua..
kita punya jatah kemampuan dan talenta masing2..
aku ga punya yang kamu punya, kamu ga punya yang dia punya dan dia ga punya apa yang aku punya..

sekarang tugas kita adalah gimana kita ngembangin apa yang udah Tuhan kasih ke kita..
jangan ngiri sama kelebihan orang dan jangan sombong sama kelebihan kita sendiri..
talenta2 dan kemampuan2 itu jangan cuma dikubur tapi juga dikembangkan..
karena pada saatnya nanti Tuhan bakal nanyain "apa yang udah kamu kerjain dengan semua yang udah Kukasih?"

stay blessed to be a blessing.. =)

Monday, 18 January 2010

song around the world..

I love singing.. I love songs.. I love music..
I love when people are singing without differentiating..
I love when we are together in a song..
I love to sing a song with others..



http://www.youtube.com/watch?v=Us-TVg40ExM


http://www.youtube.com/watch?v=fgWFxFg7-GU


http://www.youtube.com/watch?v=4xjPODksI08


http://www.youtube.com/watch?v=tAjFnJuk1Aw

Saturday, 16 January 2010

cemburu? GA PANTES!!


tau cerita tentang anak bungsu yang pergi dari rumah?
yep, itu ada di alkitab..
buka di Lukas 15:11-32..
judul perikopnya adalah Perumpamaan tentang anak yang hilang..

gw ga bakal cerita panjang lebar dari perikop itu..
gw yakin lo orang yang baca udah tau kurang lebih gimana ceritanya..
dan buat yang bener2 belom tau, gw ceritain singkatnya..

ceritanya tentang seorang anak bungsu yang kabur dari rumah, bawa harta kekayaan bokapnya..
well, itu sebenernya harta bagian dia setelah bokapnya mati.. tapi, sebelom bokapnya mati, dia udah minta harta itu, dan bawa kabur ke negeri asing..
nah, di negeri asing itu, dia ngabisin semua hartanya itu.. sampe2 dia harus kerja jadi tukang kasi makan babi disana..
nah, selagi dia kerja jadi tukang kasi makan babi itu, dia kepikiran kalo dia masih punya keluarga dan dia bisa balik lagi ke rumah bapaknya..
dia mikir, seenggaknya dia bisa kerja buat bapaknya sendiri dan diperlakukan dengan lebih layak, ketimbang dia jadi tukang kasi makan babi di negeri orang..
nah, akhirnya dia balik ke rumahnya dengan tujuan mo minta maaf sama mo minta kerjaan ke bokapnya..
ternyata, si bokapnya bukan cuma ngejadiin dia pekerja di rumahnya..
si bokap ternyata malah kasih pesta besar2an karena anak bungsunya sudah balik lagi ke rumahnya..

truusss...
disini dia bagian yang pengen gw bahas..

si anak sulung, kakaknya si bungsu, ngeliat kejadian itu, dia langsung marah.. kesel..
seumur2 dia tinggal serumah sama bokapnya, dia ga pernah dikasi pesta gede2an gitu..
sedangkan si bungsu ini, dia baru aja balik dari satu tempat yang ga jelas dimana, ngabisin harta kekayaan bokapnya disana, dan akhirnya balik ke rumah, malah dikasih pesta gede2an..
dia marah..
dia cemburu..
dan itu salah..

okeh..
sekarang, gw mau highlight di tiga baris terakhir gw sebelom kata okeh..
dia marah.. dia cemburu.. dan itu salah..

sadar ga sadar, kita sering banget jadi kaya si sulung itu..
gw yah juga kaya gitu..
gw suka cemburu tanpa alesan..
well, kalopun beralesan, seringnya alesan gw itu ga pantes buat dijadiin alesan..

si sulung cemburu karena menurut dia bokapnya jauh lebih sayang sama adeknya daripada sama dia..
padahal nggak.. padahal kasih sayang bokapnya sama aja ke mereka berdua..
cuma aja, karena si bokap dah lama ga ketemu ama si bungsu, jadinya pas dia ngeliat si bungsu balik ke rumah, dia bener2 seneng..
dan si bokap jadi ngelampiasin rasa kangen dan sayangnya yang selama ini ga bisa dikasih ke si bungsu..
makanya dia sampe bikin pesta gede2an gitu..

gw demen banget jawaban si bokap waktu si sulung marah2 dan kesel gitu..
"Kata ayahnya kepadanya: Anakku, engkau selalu bersama-sama dengan aku, dan segala kepunyaanku adalah kepunyaanmu." [Lukas 15:31]

what I get from this adalah si sulung ga sadar kalo selama ini dia udah nerima lebih banyak dari yang dibawa pergi sama si bungsu..
bahkan pesta gede yang dibikin si bokap buat si bungsu pun masih kalah jauh dari apa yang si sulung dapet dari bokapnya selama ini..
"segala kepunyaanku adalah kepunyaanmu", itu kata si bokap..

man!
gw bener2 ditabok sama ayat ini..

yep.. gw emang lagi dalam keadaan yang ga enak sekarang..
gw lagi cemburu..
ga perlu tau alesannya apa, tapi yang jelas, ayat itu bener2 udah ngingetin gw..

gw ga pantes cemburu..
karena apa yang udah gw terima selama ini udah jauh lebih banyak dari apa yang orang lain terima..
cuma gwnya aja yang ga sadar.. gwnya aja yang udah terlalu biasa dengan apa yang gw punya..

haiz..
gini nih kalo perut kekenyangan, badan kecapekan dan ga ada kerjaan..

stay blessed guys.. =)


oh, by the way, anyway, ini dia postingan gw tentang jealousy yang dulu udah pernah gw tulis..
sapa tau pada mau baca.. wakakaka.. =)

Friday, 15 January 2010

NO DISCOUNT


yeah! here I am.. nulis blog lagi.. yeah!
dapet inspirasinya pas lagi mandi..
kebetulan perut lagi laper dan badan lagi capek gara2 ngegym pagi2, jadinya otak lari2 kemana2..
dan pas lagi mandi tadi gw kepikiran, "kenapa ada cewe yang dikejer2 banyak cowo?"

lagi mikir kaya gitu, tiba2 kepikiran tentang makanan di kantin..
kenapa kantin yang ini laku, kantin yang itu nggak..
kenapa kantin dengan makanan yang sama, ada yang laku ada yang nggak..

dan ternyata, jawabannya bisa dibilang hampir sama..
walopun emang manusia ga bisa disamain ama makanan..
tapi menurut gw, poin yang bakal gw bahas disini bisa dibilang sesuai.. hehehe..

"karena kualitasnya bagus dan harganya terjangkau.."

yep!
itu alesannya.. alesan yang sama buat 2 pertanyaan yang mirip2..

kalo gw ngeliat ada stall western yang ngejual pork chop, gw bakal tanya orang dulu, kira2 enak atau nggak..
atau, kalo emang ga ada orang yang bisa gw tanyain, gw tinggal liat antriannya..
kalo panjang, berarti harusnya enak..

trus, setelah liat antrian atau ngira2in gimana rasanya, gw liat daftar harganya..
biasanya, kalo harganya menurut gw sesuai, gw bakal beli..
dan most of the time, kalo emang antriannya panjang, harganya berarti emang masuk akal.. well, at least, that's what happens in Singapore..

dan kalo udah mempertimbangkan kedua hal itu, biasanya gw langsung ikutan ngantri..

gimana kalo ternyata rasanya ga enak? atau kualitasnya pelayanannya ga bagus?
gw yakin bakal banyak orang yang kecewa, dan akhirnya ga bakal ada yang beli di sana lagi..
gimana kalo ternyata harganya kemahalan?
gw yakin bakal banyak orang yang kecewa, dan akhirnya ga bakal ada yang beli di sana lagi..
gimana kalo harganya terlalu murah?
gw sendiri ga bakal ngantri disana.. pikiran gw mulai macem2.. jangan2 dagingnya daging busuk lah, jangan2 masaknya pake aer ga bersih lah.. jangan2 dicampur apa lah.. jangan2 gini gitu lah.. macem2..

sama halnya sama kita, cowo2 dan cewe2..

kalo kita pengen dikejer2 lawan jenis kita, kita kudu naekin kualitas kita..
kualitas kepribadian, sifat dan sikap kita..
karena itu yang bisa dijadiin standard penilaian orang..

well, tampang juga jadi kategori penilaian.. tapii.. masalahnya, tampang ga bisa dirobah..
jadi, yang bisa dirobah, ya diupgrade..
naikin kualitas kita..

nah, hal yang kedua adalah masalah harga..
well, harga disini bukan tentang duit.. bukan tentang berapa banyak pengeluaran kita tiap bulan, atau orang harus punya berapa banyak duit buat bisa deket ama kita..
tapi, lebih ke arah availability kita..

terbuka kah kita dengan orang lain?
apakah orang bisa deket dengan mudah ama kita?
berapa jenis orang yang bisa deket ama kita?
itulah yang jadi "harga" buat kita..
apakah harga kita itu terjangkau atau nggak, dinilai dari jawaban kita terhadap pertanyaan2 itu tadi..

tapi inget..
jangan set harga kita terlalu rendah.. atau dengan kata lainnya, jangan kebanyakan kasih discount..
jangan juga terlalu gampang deket sama orang..
jangan sampe kita terkesan obral.. alias jual murah..
karena kalo kaya gitu, orang malah bakal mikir macem2.. pikiran2 aneh yang mirip sama kalo mereka ngeliat ada pork chop dijual dengan harga 2 dolar singapur per paketnya..

so guys, belajar dari sini, ayo kita upgrade diri kita sendiri..
kaya yang udah pernah gw bilang di postingan gw yang dulu banget, ga ada ruginya kalo kita berusaha buat upgrade semua yang bisa kita upgrade di diri kita..

adios amigos.. =)

Thursday, 14 January 2010

it's friendship; not friendshit



sore tadi, gw chatting ama miss little..
dia tanya, "eh, mereka bedua tuh benernya gimana sih? musuhan yah?"
gw jawab, "iya.. emang napa?"
"gapapa, nanya aja.. kok bisa yah?"
"yah.. namanya juga temenan.. makin deket, makin gede masalahnya.."

yep..
gw pernah denger khotbah dari Pst. Jeffrey Rachmat yang isinya tentang relationship..
disitu gw inget, dia ngomong, "orang yang paling dekat dengan saudara adalah orang yang paling mungkin menyakiti hati saudara.."
dan menurut gw itu bener..

kita ga mungkin punya masalah yang gede ama orang yang ga kita kenal..
karena kalo kita belom kenal orang itu, masalah kita sama orang itu cuma bakal sebatas kulit2nya doang..
ga bakal sampe dalem.. ga bakal sampe bikin sakit ati bener2 sakit..


beda halnya kalo kita punya masalah sama temen kita sendiri..
somehow, masalah kita itu bisa jadi masalah yang gede..
karena dia udah kenal kita dan kita udah kenal dia..
so, masalah yang sebates kulit2 doang ga bakal jadi masalah lagi.. dan yang jadi masalah sekarang adalah hal2 yang lebih pribadi.. yang lebih dalem..

oh, gw jadi inget..
kata orang, bedanya kenalan, temenan, sahabatan, HTS-an, pacaran dan pernikahan ada di tingkat komitmennya..
bener banget!
tapii..
gw juga mo nambahin beberapa hal yang menurut gw ga kalah penting untuk membangun sebuah hubungan yang lebih dalem..

2 hal itu adalah Acceptance and Forgiveness..

bayangin hubungan kita dengan orang lain itu kaya kapal selam..
semakin kita dekat, semakin dalam kapal selam itu ke dalam laut..
nah.. laut itu lucu..
semakin dalam, airnya semakin tenang.. tapii.. tekanan dalam air itu akan semakin kuat..

yep!
semakin kita dekat dengan seseorang, semakin besar masalah yang kita hadapi..
belum tentu semakin banyak, tapi yang jelas akan semakin besar..
dan untuk menyelesaikan masalah2 itu diperlukan usaha yang lebih besar juga..
dibutuhkan penerimaan dan pengampunan yang lebih..


humm..
keinget lagi sama status facebook yang pernah gw tulis di profile gw..
tanggal 13 Januari, tulisan di status gw gini, "when you love somebody, you'll never get tired of her.. =)"
dan disitu banyak yang kasi komen.. ada yang setuju, ada yang nentang..
dan gw akhirnya mikirin lagi tulisan itu pas gw lagi boker..

selama gw boker itu, ini yang gw dapet..
"it's not that I'll never get tired of you.. I will someday get tired of you.. but then I'll choose not to leave you, because I love you.."

termasuk dalam sebuah persahabatan juga..
kalo kita bener2 nganggep seseorang itu sahabat kita, pasti kita sayang sama dia..
dan bukannya ga bakal ada masalah atau kita ga bakal ngerasa capek sama dia..
pasti ada saatnya dimana kita capek sama orang itu..

tapii.. karena kita emang udah anggep dia sahabat kita, dan karena kita sayang sama dia, kita mutusin buat nerima dan maafin dia..
kita mutusin buat nerusin persahabatan itu..
dan itu yang ngebedain sahabat dengan orang lain..

so guys, buat kalian yang lagi punya masalah sama temen atau sahabat kalian, jangan ditunda2 buat diselesaiin..
selesaiin sekarang juga..
saling minta maaf dan beri maaf..
jangan biarin pride ngehalangin persahabatan kalian..

"Lebih baik teguran yang nyata-nyata dari pada kasih yang tersembunyi." [Amsal 27:5]

"Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu, dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran." [Amsal 17:17]

Wednesday, 13 January 2010

count your blessings!


barusan gw balik dari kerja part time di HBO..
dan karena perjalanan gw dari HBO ke kampung gw di NTU ini cukup jauh, jadilah gw kalo ga tidur, malah mikir macem2 selama di jalan..
dan ga tau kenapa, tadi waktu di bus 199, gw keinget akan semua kebaikan yang udah Tuhan kasih ke gw..
gw keinget lagi doa2 gw yang udah di jawab Tuhan..
dan dalam hati gw bilang, "God, You are good!"

nah, lagi ngomong gitu, gw terus mikir..
"kenapa yah Tuhan mau ngejawab doa2 gw itu? dan mau kasih apa yang gw minta?"

duh, barusan gw ngubek2 postingan gw yang dulu2.. nyari2 postingan gw tentang 3 jawaban doa dari Tuhan..
apa belom pernah gw post yah? haiz..

gini deh..
singkatnya, kata orang, ada 3 jenis jawaban atas doa2 kita dari Tuhan..
Tuhan jawab "iya", "tidak", atau "tunggu dulu"..
tapii..
Tuhan kita bukan robot.. Dia terlalu amat sangat kreatif, dan Dia ga mungkin ngejawab doa2 kita cuma dengan memilih satu dari 3 jenis jawaban itu..
3 jenis jawaban itu cuma penyederhanaan dari cara pandang kita terhadap cara Tuhan ngejawab doa kita..

nah, menurut yang gw tau, Tuhan bakal jawab "iya" kalo doa kita itu emang seturut ama kehendak atau jalan-Nya..
Dia bakal jawab "tidak" kalo doa kita itu emang ga sesuai atau malah berlawanan dengan jalan-Nya yang udah disiapin buat kita..
dan Dia bakal jawab "tunggu dulu" kalo doa kita itu emang belom pantes buat dijawab sekarang, atau belom pada waktunya Tuhan..

trus, apa hubungannya dengan pikiran2 gw selama di bus tadi?

3 jawaban doa itu adalah jawaban atas pertanyaan gw tadi..
"kenapa yah Tuhan mau ngejawab doa2 gw itu? dan mau kasih apa yang gw minta?"..
dan dari situ gw tau, Tuhan kasih apa yang gw minta dan mau ngejawab doa2 gw itu karena emang sesuai dengan jalan-Nya..

okeh.. agak kasar emang penjelasannya..
lebih jelasnya lagi, gini...

gw sebagai manusia pasti banyak minta sama Tuhan.. udah terlalu banyak doa2 yang gw naekin ke Tuhan..
banyak yang dijawab "iya", banyak yang dijawab "tidak", dan banyak juga yang dijawab "tunggu dulu"..
nah, untuk yang bagian2 yang di jawab "iya", itu gampang banget buat diinget2..
gw liat aja apa yang udah gw punya sekarang, apakah gw dulu pernah doa minta2 sama Tuhan atau nggak..
kalo emang dulu gw pernah minta ama Tuhan dan sekarang gw udah dapet dari Dia, itu berarti doa gw yang dulu dijawab "iya" sama Tuhan..
dan sekarang gw baru mikir, berarti doa gw itu ga berlawanan dengan jalan Tuhan..
karena, kalo berlawanan dengan jalan atau kehendak Tuhan, Tuhan ga bakalan kasih itu ke gw..

sampe sini udah ngerti??

nah..
berangkat dari pengertian itu, gw baru mikir lagi..
"dengan apa yang gw punya sekarang, yang udah gw dapet dari Tuhan karena Tuhan ngejawab doa2 gw dulu, apa yang harus gw lakuin sekarang?"

kalo gw dulu doa minta tambahan duit dari Tuhan dan sekarang udah dikasih, gw harus apa dengan duit itu?
kalo dulu gw minta buat punya banyak temen dan sekarang Tuhan kasih banyak orang disekitar gw, gw harus apa dengan temen2 gw itu?
kalo dulu gw minta banyak mujizat dan semuanya terjadi sesuai dengan kehendak Tuhan, gw bisa apa dengan hal2 itu?

jawabannya banyak..
banyak hal yang bisa gw lakuin..
tapii...
yang gw sadar, hal yang pertama yang harus gw lakukan adalah bersyukur..
terlalu sombong kalo gw ga bersyukur atas semua yang udah Tuhan kasih ke gw..
dan hal kedua yang bisa gw lakuin adalah mengusahakannya.. dan jadiin itu berkat buat orang lain di sekitar gw..
terlalu egois kalo gw cuma berusaha buat nikmatin itu sendirian dan gw simpen buat diri gw sendiri..

guys, gw belajar banyak dari sini..
dan gw pengen ngebagiin ini ke lo semua yang baca..

Tuhan kasih kita apa yang kita minta supaya kita tau kalo Dia itu bukan Tuhan yang cuek..
supaya kita sadar kalo Dia itu Tuhan yang perhatian sama kita dan pengen kita bahagia..
Dia pengen kita bisa nikmatin idup kita..
Dia kasih kita apa yang kita minta supaya kita ngerti kalo Dia itu Tuhan yang bisa apa aja..
bahkan permintaan2 yang mungkin menurut kita ga mungkin, Dia bisa jawab.. Dia bisa kasih..

tapi ga cuma sebates itu aja..
ga cuma sebates kita tau kalo Dia bisa ini, Dia bisa itu..
ga cuma sebates kita tau kalo Dia itu baek..
karena tanpa Dia jawab doa kita pun, Dia tetep baek.. Dia tetep bisa ini bisa itu.. Dia tetep Tuhan..

lebih dari itu semua, Dia pengen kita bisa bagiin apa yang udah Dia kasih ke kita itu ke orang lain..
Dia pengen supaya ada orang lain juga yang bisa nikmatin berkat itu..
Dia pengen supaya kita ga egois..
Dia pengen kita jadi seperti Dia..

stay blessed to be a blessing.. =)

Tuesday, 12 January 2010

always look at the bright side of life..


barusan gw masuk kelas engineering society..
kelas yang kata orang ga perlu masuk karena isinya cuma sampah..
but then, walopun gw ga bener2 merhatiin pas di kelas tadi, gw diingetin sesuatu dari kelas itu..
yep, sesuatu yang sebenernya dah dari dulu pengen gw tulis disini..

"we, engineers, are required to do everthing right.. because if we make 10 things right, then we make 1 thing wrong, people will forget those 10 right things.. they'll just remember the wrong one.."

denger kata2 lecturer gitu, gw langsung nyadar.. bener juga!
dan gw jadi keinget pribahasa dari indo yang gw pelajari waktu masi SD dulu..
karena nila setitik, rusak susu sebelanga..

manusia emang kaya gitu.. ngaku ga ngaku, lo yang baca ini juga pasti kaya gitu..
udah naturenya kita kaya gitu..
tapii, bukan berarti karena emang udah naturenya kita kaya gitu, kita jadi ga bisa berubah.. kita masih bisa berubah..

gw yakin, tiap orang pasti kesel kalo udah digituin..
lo yang baca juga..
pasti empet banget kalo orang cuma inget2 kesalahan lo yang 1 itu instead of semua kebaikan2 yang pernah lo bikin..
termasuk gw juga.. gw juga kesel..

but then sekali lagi, kita bisa berubah..
kita tau kalo kita digituin, kita ga bakalan seneng..
tapi, kita masih mau gituin orang..
kita harus berubah.. kita harus bisa lihat kebaikan2 orang lain dan bukan fokus ke kesalahan mereka..

buka lagi postingan gw yang 2 sebelum ini.. judulnya tabur tuai ver.3.0..
disitu ada ayat alkitab yang ngomong, "Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu."
dan itu berarti, kalo kita ngeliat kejelekan dan kesalahan seseorang lebih dari kita ngeliat kebaikan2nya, kita juga akan diliat dengan cara yang sama..
dan itu ga enak.. betul?!

gw sendiri, masih belajar gimana caranya buat selalu ngeliat sisi positif dari segala sesuatu..
termasuk ngeliat kebaikan2 seseorang walopun orang itu baru berbuat salah ke gw..
dan gw tau, prosesnya ga gampang.. butuh waktu dan butuh tenaga.. bahkan mungkin butuh pengorbanan..

tapii..
gw tau cara pandang yang positif itu banyak gunanya..
at least, ada 2 hal ini yang menurut gw bener2 guna buat gw..

yang pertama, kalo gw fokus ke kebaikan2 orang, maka kemungkinan orang itu bakal mandang gw dengan cara yang sama..
humm..
seenggaknya, itu yang ditulis di ayat yang di atas tadi..

yang kedua, kalo gw fokus ke sisi positif dan bukan ke sisi negatif dari segala sesuatu, gw bisa jadi lebih tenang.. lebih ceria, dan akhirnya bisa lebih sehat..
well, orang bilang, hati yang gembira adalah obat..
so, kalo gw bisa tetep gembira karena gw ngeliat sisi positifnya, gw bakal tetep sehat.. gw jadi ga gampang marah, dan gw bisa jadi lebih sabar..

so guys, emang bener, karena nila setitik rusak susu sebelanga itu udah jadi naturenya kita manusia..
tapi, kita masih bisa berubah kok..
kita masih bisa bilang, walopun nilanya emang udah ngerusak susu sebelanga itu, bukan berarti susu itu sudah berubah jadi hal lain.. susu itu teteplah susu.. hanya aja, udah ga bisa diminum lagi..

stay blessed.. =)

Monday, 11 January 2010

tus putus putusss...!!

temen1: "tapi kan gw ga mau kaya mereka.. jadi kaya orang musuhan gitu.."
gw: "iya sih.. putus bukan berarti harus musuhan juga.."

hahaha..
udah pada tau kan obrolan ini bakal menjurus kemana?
yep!
kali ini gw bakal ngomongin sedikit tentang relationship (lagi)..

temen2: "wah.. susah juga yah kalo lo masih sering ketemu gitu.."
gw: "nah.. itu dia masalahnyaa.. huhuhuhu"

2 dialog singkat di atas itu terjadi di waktu yang jauh berbeda dan juga amat sangat jauh di masa lalu..
dan kebetulan aja gw keinget 2 percakapan itu tadi, waktu gw lagi mandi..

tentang putus..
nah.. buat lo orang yang udah pernah atau lagi pacaran, harusnya udah tau kira2 gimana itu putus..
dan mungkin udah tau juga kira2 apa aja konsekuensinya dari putus itu..
sekali lagi, gw nulis ini cuma karena otak gw tiba2 aja kepikiran.. random thoughts kalo kata orang kampung gw..

yang gw kepikiran adalah, gimana sih seharusnya orang yang udah putus pacaran itu??

ngambil dari percakapan yang pertama, "putus ga harus musuhan"..
bener banget! gw setuju banget ama yang ini..
gw sendiri ga mau punya musuh..
gw sendiri ga mau musuhan sama orang..

nah, apa yang bisa bikin orang2 mikir kalo orang putus itu kaya orang musuhan?
JARAK..
yep, jawabannya adalah jarak..
bukan jarak dalam itungan meter, tapi jarak kedekatan yang sudah semakin menjauh..
keadaan dimana 2 orang ga sedekat dulu lagi, itu yang bikin orang lain ngeliat kalo 2 orang yang dulunya pacaran itu seolah2 sekarang bermusuhan.. sekali lagi, seolah-olah..

tapii..

setuju ga setuju, 2 orang yang baru putus itu memang perlu dan harus menjaga jarak mereka.. karena kondisi emosi mereka masih labil..
jadi, mereka emang bakal keliatan kaya orang musuhan.. at least buat beberapa hari, minggu, bulan atau tahun setelah mereka putus..
semua tergantung kapan kondisi emosi mereka bisa stabil lagi..

nah, selama waktu yang ga bisa ditentukan itu, itulah saatnya mereka buat diem dulu.. ga ketemu satu sama lain..
dengan tujuan supaya ga ada percikan2 yang bisa menimbulkan hal2 yang tidak diinginkan.. entah itu CLBK atau malah ngamuk2 ga karuan..

baru, setelah mereka bisa ngejaga keadaan stabil itu, barulah mereka bisa berteman lagi..
dan prosesnya ga gampang..
sama kaya cerita tentang jembatan yang dulu pernah gw post, jembatan yang udah kebakar ga bakal bisa dibangun ulang dengan bentuk yang sama persis sama yang sebelumnya..
bentuknya pasti bakal beda..
proses ngebangunnya juga bakal beda..
bahkan mungkin, panjangnya jembatan itu juga bakal beda..

dan jembatan yang baru itulah yang bisa dibilang persahabatan yang baru..

so, gw setuju banget kalo dibilang "orang putus ga harus musuhan"..
tapi... inget lagi.. bahwa segala sesuatunya itu butuh waktu..
dan dalam hal ini, orang yang baru putus, butuh waktu untuk bisa temenan lagi..
at least sampe mereka bener2 udah ga ada rasa2 yang aneh lagi antara mereka.. entah itu rasa marah, atau malah rasa cinta..

putus ga harus musuhan, tapi prosesnya jelas butuh waktu.. =)

adios amigos! =)

Tuesday, 5 January 2010

tabur tuai ver.3.0


barusan gw makan2 ama temen2 gw.. dan selagi makan2 tadi, salah satu dari temen gw itu ngingetin kita kalo ada 1 temen kita yang lagi ulang tahun..
trus, akhirnya kita sampe pada pembicaraan, "kalo dia aja susah diajakin ke ulang tahun temen yang laen, siapa yang mau dateng ke ulang tahun dia?", dan kata2 itu ngingetin gw akan 1 hal..
yep, lagi2 gw diingetin tentang hukum tabur tuai..
so, here it goes, tabur tuai ver. 3.0..

sesuai judul, hukum tabur tuai gw ini sudah masuk ke versi ke-3nya..
dan buat yang pengen baca versi 1 dan versi 2 nya, langsung aja click disini: VERSI1 - VERSI2..

nah, dari obrolan gw pas lagi makan tadi, barusan gw keinget 1 ayat dari alkitab..
buka aja Lukas 6:37-38..
"Janganlah kamu menghakimi, maka kamupun tidak akan dihakimi. Dan janganlah kamu menghukum, maka kamupun tidak akan dihukum; ampunilah dan kamu akan diampuni. Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu."

di ayat itu jelas2 ditulis kalo apa yang kita tabur pasti akan kita tuai..
at least, di ayat itu ada 5 contoh tentang tabur tuai ini..
1. kalo kita menghakimi, kita akan dihakimi balik..
2. kalo kita menghukum, kita juga akan di hukum..
3. kalo kita mengampuni, kita juga akan di ampuni..
4. kalo kita memberi, maka kita akan diberi..
5. apa yang kita ukurkan ke orang lain, akan diukurkan kembali kepada kita..

curhat dikit..

temen gw pernah ngomong, "duh, gw males banget kalo dapet kado.."
gw bingung, jadi gw tanya, "hue?! aneh lo! males kenapa?"
dia jawab, "ya males lah.. itu berarti gw harus bales kasih orang itu kado.."

well, yang mo gw tekanin disini bukan tentang pelit2an..
tapii..
kalo kita aja mikir, "ah, gw dah dikasih orang, ada baeknya gw kasih orang itu balik..", apalagi orang2 lain..
gw yakin dan percaya, ga cuma kita yang mikir gitu..

tapiii....
bukan berarti juga kalo kita ngasih orang lain atas dasar minta dikasih balik..
karena apa? karena kalo kita kaya gitu, berarti kita sudah menabur dasar yang salah..
dan gw yakin kalo satu saat nanti, kita juga bakal menuai hal yang sama..
jelasnya, kalo kita ngasih karena ngarepin balik, orang lain pun akan berbuat hal yang sama ke kita..
sedangkan, kalo kita ngasih dengan ikhlas, orang lain pun akan ngasih dengan ikhlas..
percaya ga percaya, inilah yang terjadi..

gw sendiri, paling seneng kalo di traktir orang..
dan gw yakin kalo semua orang juga seneng di traktir..
nah.. yang gw belajar selama ini adalah, gw ga boleh cuma seneng di traktir orang..
gw juga harus bisa seneng nraktir orang..

gw seneng cerita2 atau curhat2 ke orang.. apalagi kalo orang itu bisa bantuin gw nyelesaiin masalah gw..
dan gw juga yakin kalo semua orang seneng dibantuin nyelesaiin masalahnya..
nah.. yang gw belajar selama ini adalah, gw ga boleh cuma seneng minta dibantuin doang..
gw juga harus bisa seneng bantuin orang.. at least, jadi tempat curhatan yang baik..

guys, alangkah indahnya dunia ini kalo semua orang berlomba2 untuk memberi dan bukan untuk menerima..
alangkah indahnya dunia ini kalo kita semua saling menabur kebaikan.. karena dengan demikian, kita semua akan menuai kebaikan juga..

for the better future deh.. =)

Sunday, 3 January 2010

are you doing the right thing?


uhuy! blogging lagii!
mumpung masi mood liburan, jadinya banyak yang bisa diobrolin.. wekekeke..

wokeh..
hari ini hari minggu.. dan hari ini gw ke gereja..
yep! gw harus ke gereja! at least sekali seminggu.. dan seringnya sih lebih.. bisa ampe 3 ato 4 kali malah.. wekekeke..

nah, hari ini yang khotbah adalah ko guan.. home pastor GKPB MDC Singapore..
dan topiknya adalah PEACE..
well, peace ni benernya topik GKPB nasional..
jadi intinya, seluruh GKPB dimanapun itu bakal ngebahas tentang PEACE ini selama setaon..

disitu ada 1 hal yang bener2 bikin gw cengok!
gw diingetin hal yang sebenernya semua orang tau.. tapi sering dicuekin..
satu hal tentang damai sejahtera..
tadi dibilang, kalo kita melakukan hal yang benar, kita akan merasakan damai sejahtera..

dan abis denger kata2 itu, gw cuma bisa bilang, "BENER!"

gw inget gimana rasanya tiap kali gw ngebohong..
gimana rasanya tiap kali gw bikin salah..
ga ada damai sejahtera..

dan itu berarti berlaku kebalikannya..
kalo gw ga ngerasa ada damai sejahtera waktu ngelakuin sesuatu, kemungkinan besar apa yang gw lakuin itu ga bener..
percaya ga percaya, gw percayanya gitu..

nah..

sebenernya gw dah lama banget diomongin gini ama temen gw, "gampang cob! kalo emang lo ga ngerasa ada damai sejahtera, berarti kemungkinan besar itu bukan dari Tuhan.. gitu aja"
dan gw cuma anggep angin lalu kata2 temen gw itu..
well, seenggaknya sampe sebelom gw denger khotbah hari ini, gw ga bener2 ngerti tentang kata2 temen gw itu..

kalimat "kalo kita melakukan hal yang benar, kita akan merasakan damai sejahtera.." itu terus muter2 di otak gw sampe saat ini..

dan selama ini, bener aja.. setiap kali gw bikin hal2 yang emang jelas2 salah, gw ngerasa ga nyaman..
entah hal apapun itu..
mau kesalahan kecil, mau kesalahan besar..

duh.. ga tau mo nulis apaan lagi nih..
dah mumet.. dah pusing..
kayanya gw harus segera bobo deh..
tapi, intinya ya itu tadi..

"kalo kita melakukan hal yang benar, kita akan merasakan damai sejahtera.."
atau, dengan kata lain,
"kalo kita ga ngerasain damai sejahtera, kemungkinan besar apa yang kita lakukan itu salah.."

so, pertanyaannya sekarang adalah, "ARE YOU DOING THE RIGHT THING?"

adios, amigos..
stay blessed.. =)

Saturday, 2 January 2010

bukan resolusi 2010


yak!!
karena hari ini tanggal 1 Januari 2010, dan karena biasanya setiap awal taon gini orang2 pada bikin resolusi taon barunya, maka ga ada salahnya gw nulis blog gw yang kali ini..

yep..
sesuai judulnya, kali ini gw ga bakalan bikin resolusi2 taon baru gw..
karena apa? karena menurut gw, apa yang gw tulis kali ini bukan resolusi..
secara, resolusi itu artinya mencari solusi ulang terhadap masalah2 yang selama ini belom bisa diselesaikan..
dan kenyataannya sekarang adalah, gw ngerasa ga punya masalah yang harus diselesaikan.. yeah!

so, kali ini, gw cuma bakal nulis list of things I will do in 2010..

and, here it goes! =)

1. Tamatin Alkitab, baca ampe kelar!
2. Tamatin kuliah.. kerjain FYP, dan lulus!!
3. Kecilin lingkar perut, gedein lingkar lengan.. alias, bikin 6 packs! wekekeke
4. Bikin acara NEW WAVE sukses besar.. amiinn..
5. Sekolah nyanyi.. semoga bisa.. amiinn..
6. Dapet kerja setelah lulus.. amin lagiii.. =)
7. Ga bole ngomong jorok lagi, ga bole bohong2 lagi.. HARUS BISA!
8. Saat teduh tiap hari ga boleh bolong!
9. -rahasia-
10. -lebih rahasia-

nah.. itu dia 10 hal yang pengen gw dapet ato gw kerjain selama taon 2010 ntar..
seharusnya bisa tercapai semuanya.. soalnya, kalo ga, ngapain juga gw tulis itu disini.. wakakaka..

oh, yang nomer 9 ama 10 emang sengaja dirahasiain, supaya orang2 tertentu aja yang boleh tau..
silahkan japri aja yah buat nomer 9 ama 10nyaaa.. wekekeke..

terakhir, gw mo ngucapin selamat hari Natal 2009 dan selamat tahun baru 2010 buat kita semua..

"Another year has gone away.. Hope it'll be a sweet memory for all of us.. Another year has come.. Hope it'll be a great year for you.."
-misslittle-

stay blessed.. =)