Monday, 3 May 2010

"gw umur 22 tapi belom pernah pacaran.. gimana dong?!"


hari sabtu kemaren, malem2 gitu, gw makan ama anak2 gereja gw..
makan di ramen di takashimaya, orcet..
tadinya kita makan2 doang tanpa ngomongin sesuatu yang serius..
sampe tiba2 ada satu anak ngomong dan ngebuka pembicaraan tentang cinta..
dan gw yakin, lo orang yang baca bakalan demen kalo perbincangan itu gw tulis di blog gw ini..

A: "aku belom pernah pacaran"
B: "itu mah biasa aja.."
A: "aneh aja kalo umur segini belum pernah pacaran.."
B: "kenapa harus aneh? emang umur segini harus udah pacaran?"

kira2 kaya gitu pembukaannya..

P-A-C-A-R-A-N

umur berapa yang pantes buat pacaran?
salah ga sih kalo umur 10 udah pacaran?
kenapa sih ada orang yang ampe umur 22 masih tetep jomblo aja?

dan masih banyak pertanyaan2 tentang umur dan pacaran lainnya yang mungkin sering kita denger..
dan kali ini gw mo ngebahas sedikit..

menurut gw, yang namanya pacaran itu ga wajib..
setiap orang ga harus pacaran..
tapi setiap orang berhak pacaran..
tentang umur berapa, itu tergantung dari kedewasaan sama rasa butuh akan kasih sayang..
yep!
2 hal itu yang paling penting: tingkat kedewasaan dan kebutuhan akan kasih sayang..

kita liat 2 faktor itu satu persatu..

1. Kebutuhan akan kasih sayang
entah ini bener atau salah, tapi, menurut pengamatan gw, anak2 yang mendapatkan cukup perhatian dan kasih sayang dari keluarganya cenderung mulai pacaran lebih terlambat daripada mereka yang kurang mendapatkan perhatian atau kasih sayang di keluarganya..
setuju ga setuju, silahkan kalian pikir sendiri alesan kalian..

menurut gw, salah satu alesan kenapa orang itu pacaran adalah karena dia mendapatkan kasih sayang dan perhatian yang lain yang mungkin belum dia dapatkan dari keluarganya..
makanya, pas ada cowo atau cewe yang ngasih perhatian lebih, dia bakal ngerasa bahwa hubungan itu perlu untuk dilanjutkan supaya dia tetap dapat perhatian itu..

dan biasanya, kalo alesan pacaran adalah sepenuhnya karena kekurangan kasih sayang dari keluarga, sekalinya hubungan itu putus, orang itu bakal ngerasa sakit yang dia ga pernah rasain sebelumnya..
dan ga nutup kemungkinan, keadaan orang itu bakal lebih buruk daripada waktu dia belum pacaran..

so, buat kasus yang ini, pacaran bukanlah satu solusi dan hal yang baik..

2. Tingkat kedewasaan
menurut gw, semakin dewasa seseorang, semakin kuat dia merasa ingin menyayangi dan disayangi..
kenapa gitu? hanya Tuhan yang tahu..
yang jelas, kalo kita ngeliat ada orang yang udah berusia dewasa (definisikan sendiri arti usia dewasa menurut kalian) tapi belum bisa menyayangi dan ga mau disayangi orang lain, kita, kebanyakan orang, termasuk gw, dan mungkin termasuk lo yang baca, bakal bilang kalo orang itu masih kekanak2an..

semakin dewasa seseorang, semakin sadar dia terhadap kebutuhannya akan pasangan: orang yang mau dan bisa mendampingi dia menjalani setiap hari2nya..
dan semakin dewasa seseorang, seharusnya rasa ingin menyayangi itu akan lebih besar daripada rasa ingin disayangi.. setidaknya, itu menurut gw..

nah, kalo ngeliat dari alesan ini, pacaran adalah hal yang baik..
karena pada dasarnya, pacaran itu menjadi salah satu cara penyaluran rasa kasih sayang seseorang terhadap orang lain yang menurutnya pantas untuk menerima kasih sayang itu..
dan kalo 2 pihak sudah cukup dewasa, pacaran itu sendiri mungkin bisa berjalan lebih jauh sampe ke jenjang berikutnya.. menikah..

dan itulah yang diharapkan setiap orang..


nah, jadi sekarang, buat kalian yang lagi pacaran atau mau pacaran, coba pikir dulu..
coba tanyain pertanyaan2 ini ke diri kalian sendiri..

kira2 alesan kalian pacaran itu apa?

kenapa kalian pengen pacaran?

kalo kalian emang butuh kasih sayang, kalian bisa dapetin itu dari keluarga kalian, temen2 kalian, dan yang lebih penting, dari Tuhan yang sudah pasti sayang dan mengasihi kalian sepenuhnya dan apa adanya kalian..

dan kalo emang alesan kalian pengen pacaran itu adalah buat nyalurin rasa kasih sayang kalian ke orang lain, pastiin orang itu bener2 pantes buat nerima kasih sayang kalian..
pastiin orang itu siap buat nerima kasih sayang kalian..
karena kalo ga siap, kalian sama aja ama nuangin aer ke gelas yang bocor di bagian bawahnya..
ga peduli berapa banyak aer yang kalian tuang, si gelas ga bakal bisa nyimpen aer itu..

dan terakhir, ini ada tulisan gw beberapa bulan lalu..
apakah kalian pacaran karena kalian mau atau karena kalian butuh?

stay blessed.. =)

3 comments:

@puriedj said...

tepat hari ini usia gw 22 ! dari tulisan lo gw baru nyadar kalo gw pacaran karena gue butuh . keep writing ya ! ur new reader
:)

seekor bekicot muda said...

@puriedj,
glad to hear that.. semoga tulisan2 gue yang lain bisa jadi berkat juga yah..
makasih udah mau mampir.. =)

faradiba bi-dzoifah said...

siip sekali. 3 hari yg lalu pas umurku 22 th.gue em9 butuh pacaran, itu untuk belajar atw kebutuhan sebelum menikah ..