Thursday 14 January 2010

it's friendship; not friendshit



sore tadi, gw chatting ama miss little..
dia tanya, "eh, mereka bedua tuh benernya gimana sih? musuhan yah?"
gw jawab, "iya.. emang napa?"
"gapapa, nanya aja.. kok bisa yah?"
"yah.. namanya juga temenan.. makin deket, makin gede masalahnya.."

yep..
gw pernah denger khotbah dari Pst. Jeffrey Rachmat yang isinya tentang relationship..
disitu gw inget, dia ngomong, "orang yang paling dekat dengan saudara adalah orang yang paling mungkin menyakiti hati saudara.."
dan menurut gw itu bener..

kita ga mungkin punya masalah yang gede ama orang yang ga kita kenal..
karena kalo kita belom kenal orang itu, masalah kita sama orang itu cuma bakal sebatas kulit2nya doang..
ga bakal sampe dalem.. ga bakal sampe bikin sakit ati bener2 sakit..


beda halnya kalo kita punya masalah sama temen kita sendiri..
somehow, masalah kita itu bisa jadi masalah yang gede..
karena dia udah kenal kita dan kita udah kenal dia..
so, masalah yang sebates kulit2 doang ga bakal jadi masalah lagi.. dan yang jadi masalah sekarang adalah hal2 yang lebih pribadi.. yang lebih dalem..

oh, gw jadi inget..
kata orang, bedanya kenalan, temenan, sahabatan, HTS-an, pacaran dan pernikahan ada di tingkat komitmennya..
bener banget!
tapii..
gw juga mo nambahin beberapa hal yang menurut gw ga kalah penting untuk membangun sebuah hubungan yang lebih dalem..

2 hal itu adalah Acceptance and Forgiveness..

bayangin hubungan kita dengan orang lain itu kaya kapal selam..
semakin kita dekat, semakin dalam kapal selam itu ke dalam laut..
nah.. laut itu lucu..
semakin dalam, airnya semakin tenang.. tapii.. tekanan dalam air itu akan semakin kuat..

yep!
semakin kita dekat dengan seseorang, semakin besar masalah yang kita hadapi..
belum tentu semakin banyak, tapi yang jelas akan semakin besar..
dan untuk menyelesaikan masalah2 itu diperlukan usaha yang lebih besar juga..
dibutuhkan penerimaan dan pengampunan yang lebih..


humm..
keinget lagi sama status facebook yang pernah gw tulis di profile gw..
tanggal 13 Januari, tulisan di status gw gini, "when you love somebody, you'll never get tired of her.. =)"
dan disitu banyak yang kasi komen.. ada yang setuju, ada yang nentang..
dan gw akhirnya mikirin lagi tulisan itu pas gw lagi boker..

selama gw boker itu, ini yang gw dapet..
"it's not that I'll never get tired of you.. I will someday get tired of you.. but then I'll choose not to leave you, because I love you.."

termasuk dalam sebuah persahabatan juga..
kalo kita bener2 nganggep seseorang itu sahabat kita, pasti kita sayang sama dia..
dan bukannya ga bakal ada masalah atau kita ga bakal ngerasa capek sama dia..
pasti ada saatnya dimana kita capek sama orang itu..

tapii.. karena kita emang udah anggep dia sahabat kita, dan karena kita sayang sama dia, kita mutusin buat nerima dan maafin dia..
kita mutusin buat nerusin persahabatan itu..
dan itu yang ngebedain sahabat dengan orang lain..

so guys, buat kalian yang lagi punya masalah sama temen atau sahabat kalian, jangan ditunda2 buat diselesaiin..
selesaiin sekarang juga..
saling minta maaf dan beri maaf..
jangan biarin pride ngehalangin persahabatan kalian..

"Lebih baik teguran yang nyata-nyata dari pada kasih yang tersembunyi." [Amsal 27:5]

"Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu, dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran." [Amsal 17:17]

No comments: