Tuesday, 19 January 2010

"emang gw beda! trus kenapa?!"


setiap orang diciptakan berbeda dan kita harus bisa menerima setiap perbedaan itu..

"kurang apa sih gw? baek iya.. ganteng iya.. tinggi iya.. pinter iya.. dibandingin ama dia, gw lebih keren!"
"ya itu dia kekurangan lo.. lo ga bisa ngeliat kelebihan orang lain.."

humm..
kaya yang udah gw tulis di atas, setiap orang diciptakan berbeda dan kita harus bisa menerima setiap perbedaan itu..
setiap orang diciptakan dengan kelebihan dan kekurangannya masing2..
dan kita harus bisa menerima semuanya itu..

banyak masalah terjadi di dunia ini cuma karena satu orang ga bisa nerima perbedaan yang ada di antara dia dengan orang lain..
yep! dengan kata lain, EGOIS..
banyak masalah terjadi karena EGOIS..

waktu SD, kita dapet banyak pelajaran di sekolah..
SMP juga masih gitu..
pas SMA, mulai ada penjurusan.. setiap orang masuk ke jurusan yang pas dengan kapasitas dan kemampuan mereka masing2..
dan waktu kuliah, setiap orang berhak milih jurusan yang menurut dia adalah bagian terkuatnya.. dimana dia bisa memberikan yang terbaik di bidangnya..

nah, ini yang gw pelajari dari sistem pendidikan yang udah gw lewatin itu..
waktu gw masih SD sampe SMP, gw masih belajar nyari jati diri gw sebenernya..
nyari tau kemampuan gw sebenernya itu dimana..
nyari tau apa kelebihan dan kekurangan gw..

waktu SMA gw harus bikin keputusan buat jalan di jalan yang emang gw suka..
gw pilih masuk IPA..
kenapa? karena gw suka matematika, fisika, kimia, dan gw ga suka ekonomi, sejarah dan geografi..
gw suka ngitung tapi gw ga suka ngafal..
gw jago ngitung tapi gw ga jago ngafal..

dan sekarang, gw baru ngerti apa itu yang namanya talenta..
di Matius 25:14-30 ada perumpaan tentang talenta..
dan dari situ gw diingetin lagi tentang tugas gw..

tugas gw itu bukannya buat ngebanding2in orang2 atas talenta2nya..
tugas gw adalah buat ngembangin talenta gw..
gw punya talenta di A, orang lain belom tentu punya..
orang lain punya talenta di B, gw belom tentu punya..
dan gw ga boleh ngiri sama orang yang punya talenta yang beda sama gw..

gw sendiri, ngerasa kalo gw punya cukup talenta di bidang olah raga..
karena berdasarkan pengalaman gw, tiap gw ketemu jenis olahraga yang baru, gw ga perlu banyak waktu buat belajar teknik2 dasarnya..
gw baru belajar maen pingpong kelas 2 SMA.. dan walopun gw maen pingpong itu kurang dari sekali setaon, gw bisa bilang gw udah bisa maen pingpong..
gw baru belajar maen tennis kelas 3 SMA.. dan walopun gw maennya cuma sekali setaon, gw bisa bilang kalo gw udah bisa mukul bola tennis dengan enak..
dan masih banyak olahraga yang laen yang baru gw pelajari waktu kuliah.. sebut aja billiard, bowling dan air rifle..

sedangkan kalo dalam bidang musik, gw ngerasa kalo talenta gw ga banyak.. malah minim..
gw belajar gitar dari SMP, tapi sampe sekarang gw cuma bisa maen 1 lagu dengan benar.. lagu2 lain, ngaco!
gw belajar keyboard pas SD, tapii.. ga ada progres.. malah sekarang gw ga tau yang mana itu do re mi dan teman2nya..
waktu SD, suara gw fals kemana2.. dan selama kuliah ini gw 2 kali ditolak masuk ke paduan suara NTU..
yep.. talenta gw di musik bener2 minim..

nah, 2 contoh itu cuma buat ngasih tau kalo tiap orang itu ada kelebihan dan kekurangannya masing2..
gw ga bisa ngebandingin gw sama Ahmad Dhani - Dewa.. dia punya talenta di musik yang berlebihan.. agak ga sopan malah..
tapii.. dia belum tentu punya talenta di bidang lain kaya talenta yang gw punya..
ada beberapa hal dimana gw lebih baek dari dia..

gw pernah iseng.. ngitung2 kira bener ga sih kalo ga bakal ada manusia yang sama di dunia ini..
ga usah berdasarkan fisik, gw cuma ngitung berdasarkan sifat..
sekarang, jumlah populasi dunia itu kurang lebih 6,820,000,000 orang..
nah, kita list down sifat2 baik yang orang bisa punya..
pinter, rajin, penurut, setia, jujur, pemberani, optimis, sabar, rendah hati, pemurah, taat, suka menolong, dll..
itu aja udah 13 sifat..

anggep kalo setiap sifat itu bisa di rating pake nilai dari 1 sampe 10.. dimana 1 berarti paling jelek, 10 berarti paling bagus..
berarti, kombinasi yang bisa dibikin dengan 13 sifat itu adala 10^13.. itu berarti ada 10,000,000,000,000 kombinasi..
jumlah yang jauh lebih besar dari jumlah manusia di seluruh dunia sekarang..
bahkan jumlah kombinasi itu masih jauh lebih besar dari jumlah total manusia yang pernah hidup dari dulu sampe sekarang yang cuma antara 100,000,000,000 sampe 115,000,000,000..

bayangin kalo tinggi badan, berat badan, bentuk muka dan bentuk anggota tubuh yang lain juga jadi perhitungan..
bayangin juga kalo kemampuan maen alat musik, olahraga, pelajaran dan harta kekayaan juga dimasukin dalam perhitungan..
gw berani jamin ga bakal ada orang yang sama di dunia ini..
dan itu juga yang bener2 bikin gw jadi amazed sama Tuhan..
segitu kreatifnya Dia, sampe setiap kita diciptakan berbeda.. bener2 spesial..

guys.. setiap kita diciptain beda.. handmade.. buatan Tuhan sendiri..
dan Tuhan udah punya spesifikasi yang beda2 buat kita semua..
kita punya jatah kemampuan dan talenta masing2..
aku ga punya yang kamu punya, kamu ga punya yang dia punya dan dia ga punya apa yang aku punya..

sekarang tugas kita adalah gimana kita ngembangin apa yang udah Tuhan kasih ke kita..
jangan ngiri sama kelebihan orang dan jangan sombong sama kelebihan kita sendiri..
talenta2 dan kemampuan2 itu jangan cuma dikubur tapi juga dikembangkan..
karena pada saatnya nanti Tuhan bakal nanyain "apa yang udah kamu kerjain dengan semua yang udah Kukasih?"

stay blessed to be a blessing.. =)

2 comments:

Betria SR said...

Emang gw beda :D hehehe
makasih ya Bang pencerahannya ^-^

seekor bekicot muda said...

@betria, yoii.. gw juga beda dong! wakaka.. sama2.. =)