Friday, 15 January 2010

NO DISCOUNT


yeah! here I am.. nulis blog lagi.. yeah!
dapet inspirasinya pas lagi mandi..
kebetulan perut lagi laper dan badan lagi capek gara2 ngegym pagi2, jadinya otak lari2 kemana2..
dan pas lagi mandi tadi gw kepikiran, "kenapa ada cewe yang dikejer2 banyak cowo?"

lagi mikir kaya gitu, tiba2 kepikiran tentang makanan di kantin..
kenapa kantin yang ini laku, kantin yang itu nggak..
kenapa kantin dengan makanan yang sama, ada yang laku ada yang nggak..

dan ternyata, jawabannya bisa dibilang hampir sama..
walopun emang manusia ga bisa disamain ama makanan..
tapi menurut gw, poin yang bakal gw bahas disini bisa dibilang sesuai.. hehehe..

"karena kualitasnya bagus dan harganya terjangkau.."

yep!
itu alesannya.. alesan yang sama buat 2 pertanyaan yang mirip2..

kalo gw ngeliat ada stall western yang ngejual pork chop, gw bakal tanya orang dulu, kira2 enak atau nggak..
atau, kalo emang ga ada orang yang bisa gw tanyain, gw tinggal liat antriannya..
kalo panjang, berarti harusnya enak..

trus, setelah liat antrian atau ngira2in gimana rasanya, gw liat daftar harganya..
biasanya, kalo harganya menurut gw sesuai, gw bakal beli..
dan most of the time, kalo emang antriannya panjang, harganya berarti emang masuk akal.. well, at least, that's what happens in Singapore..

dan kalo udah mempertimbangkan kedua hal itu, biasanya gw langsung ikutan ngantri..

gimana kalo ternyata rasanya ga enak? atau kualitasnya pelayanannya ga bagus?
gw yakin bakal banyak orang yang kecewa, dan akhirnya ga bakal ada yang beli di sana lagi..
gimana kalo ternyata harganya kemahalan?
gw yakin bakal banyak orang yang kecewa, dan akhirnya ga bakal ada yang beli di sana lagi..
gimana kalo harganya terlalu murah?
gw sendiri ga bakal ngantri disana.. pikiran gw mulai macem2.. jangan2 dagingnya daging busuk lah, jangan2 masaknya pake aer ga bersih lah.. jangan2 dicampur apa lah.. jangan2 gini gitu lah.. macem2..

sama halnya sama kita, cowo2 dan cewe2..

kalo kita pengen dikejer2 lawan jenis kita, kita kudu naekin kualitas kita..
kualitas kepribadian, sifat dan sikap kita..
karena itu yang bisa dijadiin standard penilaian orang..

well, tampang juga jadi kategori penilaian.. tapii.. masalahnya, tampang ga bisa dirobah..
jadi, yang bisa dirobah, ya diupgrade..
naikin kualitas kita..

nah, hal yang kedua adalah masalah harga..
well, harga disini bukan tentang duit.. bukan tentang berapa banyak pengeluaran kita tiap bulan, atau orang harus punya berapa banyak duit buat bisa deket ama kita..
tapi, lebih ke arah availability kita..

terbuka kah kita dengan orang lain?
apakah orang bisa deket dengan mudah ama kita?
berapa jenis orang yang bisa deket ama kita?
itulah yang jadi "harga" buat kita..
apakah harga kita itu terjangkau atau nggak, dinilai dari jawaban kita terhadap pertanyaan2 itu tadi..

tapi inget..
jangan set harga kita terlalu rendah.. atau dengan kata lainnya, jangan kebanyakan kasih discount..
jangan juga terlalu gampang deket sama orang..
jangan sampe kita terkesan obral.. alias jual murah..
karena kalo kaya gitu, orang malah bakal mikir macem2.. pikiran2 aneh yang mirip sama kalo mereka ngeliat ada pork chop dijual dengan harga 2 dolar singapur per paketnya..

so guys, belajar dari sini, ayo kita upgrade diri kita sendiri..
kaya yang udah pernah gw bilang di postingan gw yang dulu banget, ga ada ruginya kalo kita berusaha buat upgrade semua yang bisa kita upgrade di diri kita..

adios amigos.. =)

2 comments:

garacon said...

Cob, gw pernah baca 1 buku ngomongin ttg ini nh. Judul buku nya "Act like a lady, think like a man" , bukunya itu masuk dalam New York Times Best Selling book. Buku itu ngomongin ttg apa yang cowok pikir ttg cewek dan juga qualitas dan harga yang bagaimana yang harusnya seorang wanita ada. Buku ini highly recomended buat yg pengen tau ttg relationship .. hehhe

seekor bekicot muda said...

seepphh.. ntar dicoba cari deh bukunya..
haha..
benernya banyak sih buku2 gitu..
cuma kan, ga semuanya bisa dterapin.. haha