Tuesday 5 January 2010

tabur tuai ver.3.0


barusan gw makan2 ama temen2 gw.. dan selagi makan2 tadi, salah satu dari temen gw itu ngingetin kita kalo ada 1 temen kita yang lagi ulang tahun..
trus, akhirnya kita sampe pada pembicaraan, "kalo dia aja susah diajakin ke ulang tahun temen yang laen, siapa yang mau dateng ke ulang tahun dia?", dan kata2 itu ngingetin gw akan 1 hal..
yep, lagi2 gw diingetin tentang hukum tabur tuai..
so, here it goes, tabur tuai ver. 3.0..

sesuai judul, hukum tabur tuai gw ini sudah masuk ke versi ke-3nya..
dan buat yang pengen baca versi 1 dan versi 2 nya, langsung aja click disini: VERSI1 - VERSI2..

nah, dari obrolan gw pas lagi makan tadi, barusan gw keinget 1 ayat dari alkitab..
buka aja Lukas 6:37-38..
"Janganlah kamu menghakimi, maka kamupun tidak akan dihakimi. Dan janganlah kamu menghukum, maka kamupun tidak akan dihukum; ampunilah dan kamu akan diampuni. Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu."

di ayat itu jelas2 ditulis kalo apa yang kita tabur pasti akan kita tuai..
at least, di ayat itu ada 5 contoh tentang tabur tuai ini..
1. kalo kita menghakimi, kita akan dihakimi balik..
2. kalo kita menghukum, kita juga akan di hukum..
3. kalo kita mengampuni, kita juga akan di ampuni..
4. kalo kita memberi, maka kita akan diberi..
5. apa yang kita ukurkan ke orang lain, akan diukurkan kembali kepada kita..

curhat dikit..

temen gw pernah ngomong, "duh, gw males banget kalo dapet kado.."
gw bingung, jadi gw tanya, "hue?! aneh lo! males kenapa?"
dia jawab, "ya males lah.. itu berarti gw harus bales kasih orang itu kado.."

well, yang mo gw tekanin disini bukan tentang pelit2an..
tapii..
kalo kita aja mikir, "ah, gw dah dikasih orang, ada baeknya gw kasih orang itu balik..", apalagi orang2 lain..
gw yakin dan percaya, ga cuma kita yang mikir gitu..

tapiii....
bukan berarti juga kalo kita ngasih orang lain atas dasar minta dikasih balik..
karena apa? karena kalo kita kaya gitu, berarti kita sudah menabur dasar yang salah..
dan gw yakin kalo satu saat nanti, kita juga bakal menuai hal yang sama..
jelasnya, kalo kita ngasih karena ngarepin balik, orang lain pun akan berbuat hal yang sama ke kita..
sedangkan, kalo kita ngasih dengan ikhlas, orang lain pun akan ngasih dengan ikhlas..
percaya ga percaya, inilah yang terjadi..

gw sendiri, paling seneng kalo di traktir orang..
dan gw yakin kalo semua orang juga seneng di traktir..
nah.. yang gw belajar selama ini adalah, gw ga boleh cuma seneng di traktir orang..
gw juga harus bisa seneng nraktir orang..

gw seneng cerita2 atau curhat2 ke orang.. apalagi kalo orang itu bisa bantuin gw nyelesaiin masalah gw..
dan gw juga yakin kalo semua orang seneng dibantuin nyelesaiin masalahnya..
nah.. yang gw belajar selama ini adalah, gw ga boleh cuma seneng minta dibantuin doang..
gw juga harus bisa seneng bantuin orang.. at least, jadi tempat curhatan yang baik..

guys, alangkah indahnya dunia ini kalo semua orang berlomba2 untuk memberi dan bukan untuk menerima..
alangkah indahnya dunia ini kalo kita semua saling menabur kebaikan.. karena dengan demikian, kita semua akan menuai kebaikan juga..

for the better future deh.. =)

No comments: