Monday 30 June 2008

Ada Pertemuan, Ada Tujuan

ngepost lagi! =)
tapi kali ini agak berat.. so, siapin hati dulu.. hahaha..

tentang manusia..

waktu SMA, waktu itu otak gw masih hot2nya, masih amat sangat terpakai, amat sangat kritis, amat sangat pintar..
kurang lebih 4 atau 5 taon yang lalu, di ruang baca perpustakaan di sekolah gw dulu, malem2, kira2 jam setengah 9 malem, gw pernah mikirin hal yang mungkin bisa dibilang extrim..
"gw satu2nya makhluk hidup yang jadi subject di muka bumi ini, sementara yang laen cuma object dari perbuatan2 gw dan object2 tambahan yang disediain waktu dan bumi ini sebagai medium kehidupan gw.."

ngerti kaga?

gini deh..
intinya, dulu gw nganggep kalo di seluruh dunia ini, di kehidupan gw ini, inti dari segala hal itu adalah gw, gw, dan gw..
bahwa semua hal yang terjadi berpusat di gw..
dan semua orang yang ada di dunia ini, yang berkeliaran di sekitar gw, cuma objek2 (kalo ga mau disebut benda) yang tujuannya cuma bantu gw buat idup, buat bisa ngabisin jatah idup gw di dunia ini..

well, gw akui pikiran gw itu jahat banget.. malah mungkin bisa dibilang BRUTAL..
dan untungnya gw dulu bisa langsung tobat, bisa nyadarin diri gw sendiri buat berhenti mikirin yang begituan..

seiring jalannya waktu, gw sekarang malah belajar banyak hal.. hal2 yang justru bertolak belakang dengan pendapat brutal gw waktu itu..
dan kali ini, gw bakal bagiin salah satu hal itu..

yep, sesuai dengan judul, gw bakal bahas tentang pertemuan..

kalo boleh ngutip kata2 orang bijak, buat pembukaan pembahasannya gw mau kutip kalimat ini :
"jangan sesali perpisahan, tapi bersyukurlah untuk adanya pertemuan"

tapi mungkin bagian depannya ga bakal gw bahas di sini.. gw cuma mau ngebahas bagian belakangnya, "bersyukurlah untuk adanya pertemuan"


1. Apa aja yang perlu disyukuri dari sebuah pertemuan?

semuanya.. pertemuannya itu sendiri dan orang2 yang lo temui..
dan gw berani jamin, ga bakal ada 2 pertemuan yang sama persis yang pernah lo alami.. dan setiap pertemuan itu pasti ngebawa tujuannya masing2..

buat contohnya, kalo lo kenalan sama anak dari sekolah laen, kalo lo belom kenal sapa2 dari sekolah itu, lo jadi bisa dapet link baru ke sekolah itu, atau at least kalo lo ke sekolah itu, lo punya seseorang yang bisa bantuin lo.. dan itulah tujuan dari perkenalan lo dengan orang itu..

contohnya lagi, kalo lo kenalan sama orang tukang jualan alat bangunan, disengaja atau ga disengaja, sadar atau ga sadar, lo jadi punya quick access kalo lo tiba2 lagi butuh bahan bangunan, entah buat rumah lo, atau buat apa pun itu.. dan itu berarti pertemuan lo sama orang itu ga bakal sia2..

yep, semua pertemuan yang udah pernah lo alami gw jamin ga bakal pernah sia2..


2. Kalo orang yang gw temui malah bikin gw bete? Gimana? Bersyukur juga gitu?

yes! tentu aja..
bahkan pertemuan lo sama orang2 yang bikin lo sakit pun harus lo syukuri..
karena dari pertemuan lo itu, lo pasti belajar sesuatu, dan lo pasti bisa dapet sesuatu yang baek.. tergantung gimana lo ngeliat pertemuan itu..

contohnya nih, kalo misalnya lo punya masalah dengan kesabaran lo buat nunggu sesuatu, dan lo tiba2 kenal sama seseorang yang masalah ngaretnya luar biasa, pertemuan itu berpeluang bikin lo belajar buat bisa lebih sabar lagi kalo nunggu.. dan buat orang itu sendiri, kalo lo sering negor dia, pertemuan lo ama dia juga punya peluang jadi pelajaran buat dia bisa lebih tepat waktu n lebih menghargai waktu lagi..

contoh lagi, kalo misalnya lo tipe orang yang gampang marah, mudah kepancing emosi, liat orang nyolot dikit pengen nonjok, trus suatu saat lo kenal sama orang yang bener2 bikin lo bete, bener2 nyolot, dan bikin darah lo naek turun kepala, tapi lo bisa ngatasin masalah emosi lo itu, lo berarti udah belajar satu hal dari orang itu.. belajar ngontrol emosi lo.. dan lo patut bersyukur buat hal itu..

semua tergantung sama gimana cara lo ngadepin semua tantangan yang lo dapet dari tiap2 orang yang dateng dalam hidup lo..


temen gw pernah sharing tentang masalahnya..
dia demen ama seseorang, dan udah naro hati dari jaman dulu kala.. udah ampir 3 taon tepatnya.. dan dia nganggep orang itu adalah "the one" yang udah disiapin buat jadi pasangannya..
dia udah yakin seyakin2nya..

pas gw tanya, kenapa dia sampe seyakin itu, dia bilang gini, "gw udah belajar banyak hal dari dia.. gw udah berubah banyak banget.. gw yang sekarang udah jadi jauh lebih baik dari gw yang dulu, sebelum gw kenal ama dia.."

well, untuk kasus ini, mungkin bukan cuma temen gw itu aja yang pernah ngalami.. mungkin lo yang baca juga pernah ngalami hal yang sama.. atau mungkin lo kenal sama seseorang yang juga pernah ngalami hal itu..

tanggepan gw cuma satu, mungkin aja tu orang emang ditaroh buat kenal sama lo, buat ngejalin hubungan (entah hubungan apa pun itu, persahabatan atau cuma sekedar kenal, atau malah sampe pacaran) sama lo dengan tujuan yang simple, yaitu buat ngasih perubahan ke dalam cara pikir lo, ke kehidupan lo..
mungkin aja tu orang emang sengaja diijinin kenal sama lo buat bisa ngajarin lo hal2 yang mungkin ga bisa orang laen ajarin ke lo..
dan buat simplenya, mungkin aja tujuan orang itu diijinin take part di kehidupan lo cuma buat ngebantu lo supaya bisa jadi orang yang lebih baek dari diri lo yang sebelumnya, sebelum lo kenal sama orang itu..

dan itu bukan berarti lo harus ngekeep orang itu sebagai seseorang yang paling berharga dalam hidup lo, atau malah lo jadiin satu2nya orang yang berhak buat jadi pendamping hidup lo..

hmm...
setiap orang yang datang ke dalam kehidupan kita, mau ga mau pasti bakal ninggalin jejak yang ga mungkin bisa dihapus..
sekarang yang jadi pertanyaannya adalah, apakah jejak yang ditinggalin itu adalah jejak yang baik, atau yang buruk?
jawabannya tergantung dari cara pandang kita terhadap jejak itu sendiri.. karena di balik segala hal, selalu ada kebaikan dan keburukannya masing2..

semoga bisa jadi berkat..

adios! =)


p.s.
thank God kalo gw boleh kenal ama temen2 yang ada di sekitar gw sekarang, yang udah ngajarin banyak hal buat gw, yang udah ngebantu ngebentuk karakter dan kepribadian gw.. thank God buat orang2 yang udah lalu lalang di hidup gw, di pikiran gw, bahkan di mimpi gw.. dan buat kalian2 semua yang ngerasa kenal atau at least pernah kenal gw, gw mo ngucapin thank you karena udah take part dalam kehidupan gw.. ^^

No comments: