Wednesday 13 January 2010

count your blessings!


barusan gw balik dari kerja part time di HBO..
dan karena perjalanan gw dari HBO ke kampung gw di NTU ini cukup jauh, jadilah gw kalo ga tidur, malah mikir macem2 selama di jalan..
dan ga tau kenapa, tadi waktu di bus 199, gw keinget akan semua kebaikan yang udah Tuhan kasih ke gw..
gw keinget lagi doa2 gw yang udah di jawab Tuhan..
dan dalam hati gw bilang, "God, You are good!"

nah, lagi ngomong gitu, gw terus mikir..
"kenapa yah Tuhan mau ngejawab doa2 gw itu? dan mau kasih apa yang gw minta?"

duh, barusan gw ngubek2 postingan gw yang dulu2.. nyari2 postingan gw tentang 3 jawaban doa dari Tuhan..
apa belom pernah gw post yah? haiz..

gini deh..
singkatnya, kata orang, ada 3 jenis jawaban atas doa2 kita dari Tuhan..
Tuhan jawab "iya", "tidak", atau "tunggu dulu"..
tapii..
Tuhan kita bukan robot.. Dia terlalu amat sangat kreatif, dan Dia ga mungkin ngejawab doa2 kita cuma dengan memilih satu dari 3 jenis jawaban itu..
3 jenis jawaban itu cuma penyederhanaan dari cara pandang kita terhadap cara Tuhan ngejawab doa kita..

nah, menurut yang gw tau, Tuhan bakal jawab "iya" kalo doa kita itu emang seturut ama kehendak atau jalan-Nya..
Dia bakal jawab "tidak" kalo doa kita itu emang ga sesuai atau malah berlawanan dengan jalan-Nya yang udah disiapin buat kita..
dan Dia bakal jawab "tunggu dulu" kalo doa kita itu emang belom pantes buat dijawab sekarang, atau belom pada waktunya Tuhan..

trus, apa hubungannya dengan pikiran2 gw selama di bus tadi?

3 jawaban doa itu adalah jawaban atas pertanyaan gw tadi..
"kenapa yah Tuhan mau ngejawab doa2 gw itu? dan mau kasih apa yang gw minta?"..
dan dari situ gw tau, Tuhan kasih apa yang gw minta dan mau ngejawab doa2 gw itu karena emang sesuai dengan jalan-Nya..

okeh.. agak kasar emang penjelasannya..
lebih jelasnya lagi, gini...

gw sebagai manusia pasti banyak minta sama Tuhan.. udah terlalu banyak doa2 yang gw naekin ke Tuhan..
banyak yang dijawab "iya", banyak yang dijawab "tidak", dan banyak juga yang dijawab "tunggu dulu"..
nah, untuk yang bagian2 yang di jawab "iya", itu gampang banget buat diinget2..
gw liat aja apa yang udah gw punya sekarang, apakah gw dulu pernah doa minta2 sama Tuhan atau nggak..
kalo emang dulu gw pernah minta ama Tuhan dan sekarang gw udah dapet dari Dia, itu berarti doa gw yang dulu dijawab "iya" sama Tuhan..
dan sekarang gw baru mikir, berarti doa gw itu ga berlawanan dengan jalan Tuhan..
karena, kalo berlawanan dengan jalan atau kehendak Tuhan, Tuhan ga bakalan kasih itu ke gw..

sampe sini udah ngerti??

nah..
berangkat dari pengertian itu, gw baru mikir lagi..
"dengan apa yang gw punya sekarang, yang udah gw dapet dari Tuhan karena Tuhan ngejawab doa2 gw dulu, apa yang harus gw lakuin sekarang?"

kalo gw dulu doa minta tambahan duit dari Tuhan dan sekarang udah dikasih, gw harus apa dengan duit itu?
kalo dulu gw minta buat punya banyak temen dan sekarang Tuhan kasih banyak orang disekitar gw, gw harus apa dengan temen2 gw itu?
kalo dulu gw minta banyak mujizat dan semuanya terjadi sesuai dengan kehendak Tuhan, gw bisa apa dengan hal2 itu?

jawabannya banyak..
banyak hal yang bisa gw lakuin..
tapii...
yang gw sadar, hal yang pertama yang harus gw lakukan adalah bersyukur..
terlalu sombong kalo gw ga bersyukur atas semua yang udah Tuhan kasih ke gw..
dan hal kedua yang bisa gw lakuin adalah mengusahakannya.. dan jadiin itu berkat buat orang lain di sekitar gw..
terlalu egois kalo gw cuma berusaha buat nikmatin itu sendirian dan gw simpen buat diri gw sendiri..

guys, gw belajar banyak dari sini..
dan gw pengen ngebagiin ini ke lo semua yang baca..

Tuhan kasih kita apa yang kita minta supaya kita tau kalo Dia itu bukan Tuhan yang cuek..
supaya kita sadar kalo Dia itu Tuhan yang perhatian sama kita dan pengen kita bahagia..
Dia pengen kita bisa nikmatin idup kita..
Dia kasih kita apa yang kita minta supaya kita ngerti kalo Dia itu Tuhan yang bisa apa aja..
bahkan permintaan2 yang mungkin menurut kita ga mungkin, Dia bisa jawab.. Dia bisa kasih..

tapi ga cuma sebates itu aja..
ga cuma sebates kita tau kalo Dia bisa ini, Dia bisa itu..
ga cuma sebates kita tau kalo Dia itu baek..
karena tanpa Dia jawab doa kita pun, Dia tetep baek.. Dia tetep bisa ini bisa itu.. Dia tetep Tuhan..

lebih dari itu semua, Dia pengen kita bisa bagiin apa yang udah Dia kasih ke kita itu ke orang lain..
Dia pengen supaya ada orang lain juga yang bisa nikmatin berkat itu..
Dia pengen supaya kita ga egois..
Dia pengen kita jadi seperti Dia..

stay blessed to be a blessing.. =)

No comments: