Saturday 5 June 2010

tutup kuping, tutup mata, tutup mulut.. =)


"Karena tidak ada pohon yang baik yang menghasilkan buah yang tidak baik, dan juga tidak ada pohon yang tidak baik yang menghasilkan buah yang baik. Sebab setiap pohon dikenal pada buahnya. Karena dari semak duri orang tidak memetik buah ara dan dari duri-duri tidak memetik buah anggur. Orang yang baik mengeluarkan barang yang baik dari perbendaharaan hatinya yang baik dan orang yang jahat mengeluarkan barang yang jahat dari perbendaharaannya yang jahat. Karena yang diucapkan mulutnya, meluap dari hatinya." [Lukas 6:43-45]

gw tiba2 aja keinget sama ayat ini waktu di bus tadi siang.. entah kenapa, gw langsung kepikiran ayat ini..
dan setelah gw pikir2in, gw renungin ayat ini, gw ketabok..
yep.. gw ketabok..

buat kalian yang udah kenal gw, atau malah yang sering ketemu ama gw, pasti kalian tau gimana gw..
walopun ga bener2 tau, kalian udah tau sebagian kecil dari sifat2 gw..
khususnya bagian becandaan gw..

ho'oh.. gw tau.. gw suka kelewatan kalo becandaan..
gw suka nyelekit kalo ngejekin orang..
dan gw masih suka ngomong jorok kalo obrolan gw ama temen2 gw dah mulai kelewatan..
dan gw baru nyadar kenapa gw kaya gitu..
karena emang gw udah dari lama dicekokin sama becandaan2 dan omongan2 sejenis itu..

be careful of what you see, watch and hear..

dulu mungkin gw pernah sedikit ngebahas ini di postingan gw yang ini.. silahkan click kalo mau baca2 lagi..
disitu gw tulis kalo kita harus hati2 sebelom kita ngomong.. karena setiap perkataan kita itu mampu mengubah hidup orang lain..

nah, sekarang, gw mau ngingetin hal yang sebaliknya..
hati2 gunakan matamu dan telingamu.. karena apa yang masuk ke dalam matamu dan telingamu bisa mempengaruhi kehidupanmu..
sadar ga sadar, apa yang udah kita terima, kita liat atau kita denger, itu bakal masuk ke otak kita, kerekam di memori kita, dan ga bakal bisa ilang..
parahnya lagi, setiap saat kita bisa ngeluarin hal2 itu lewat perkataan dan tingkah laku kita..

jujur, gw udah seumur gini masih ga bisa bener2 ilang dari yang namanya pikiran bokep..
kenapa? karena gw pernah nonton yang begituan..
no matter how hard I try, I'll never gonna be able to erase that from this tiny little brain of mine..
atau dengan kata laen, sekalinya gw nonton bokep, kapanpun gw bisa ngerecall semua yang gw tonton itu..

dan ini juga yang ngebawa gw ke hal yang berikut ini..
tentang gimana buah jatoh ga jauh dari pohonnya..
yep.. seorang anak ga bakal beda jauh dari bonyoknya.. mau segimana beratnya dia berubah, seorang anak ga bakal pernah bersifat yang beda jauh dari orang tuanya..
kenapa? karena dari kecil dia udah ngeliat sosok dan figure orang tuanya yang mau ga mau bakal dia tiru, dia ikutin dan dia jadiin contoh buat hidupnya sendiri..
so, om dan tante, sebelom kalian ngomong kalo anak kalian nakal atau bandel, coba liat diri kalian sendiri.. jangan2 kalian dulu emang kaya gitu.. karena yang namanya anak pasti mirip sama orang tuanya..

"show me your friend, and I'll tell you who you are.."

yep!
setiap orang yang ada di sekitar kita, temen2 sepergaulan kita, merekalah yang membentuk personality kita..
mereka diijinkan Tuhan untuk hadir di kehidupan kita untuk ngebentuk karakter kita..
dan itu berarti, karakter kita bakal jadi sama dengan orang2 yang ada di sekitar kita, yang bergaul akrab dengan kita..

orang yang temenan sama pembohong, bakal jadi pembohong juga.. karena dia bakal sering ngedenger kebohongan, bakal sering dan jadi biasa dibohongi sehingga mau ga mau, dia bakal sering ngebohong juga..

orang yang temenan sama tukang gosip bakal jadi penggosip juga.. karena dia bakal sering ngedenger gosip, bakal sering dan jadi biasa digosipin sehingga mau ga mau, dia bakal sering ngegosip juga..

orang yang temenan sama orang yang suka marah bakal jadi tukang marah juga.. karena dia bakal sering ngedenger orang marah, bakal sering dan jadi biasa dimarahin sehingga mau ga mau, dia bakal sering marah2 juga..

begitu juga dengan hal2 positif..
kalo kita temenan sama orang2 yang baek, bener dan positif, percaya ga percaya kita bakal jadi orang yang baek, bener dan positif juga..
karena kita bakal sering ngedenger hal2 yang baek, bener dan positif, bakal sering dan jadi biasa dibaekin sehingga mau ga mau, kita bakal ngebaekin orang laen juga..

so guys, sekarang, semua terserah kita..
pilihan ada ditangan kita..
apakah kita mau jadi orang yang baek atau orang yang jahat..
apakah kita mau jadi orang yang pinter atau orang yang bodoh..
itu semua tergantung dari apa yang masuk ke dalam otak, pikiran dan hati kita..

hati-hati gunakan matamu, hati-hati gunakan kupingmu, hati-hati gunakan mulutmu..

stay blessed.. =)

No comments: