Monday 19 January 2009

tabur - tuai (part2)


yep, ini sambungan dari tabur - tuai yang pernah gw post sebelumnya..

di postingan gw sebelumnya, gw bilang kalo setiap kita bakal menuai apa yang dulu pernah kita tabur..
di sana gw juga nulis beberapa contoh dan pengalaman2 yang udah gw terima..
yak, beberapa tuaian yang udah gw dapet dari apa yang udah gw tabur di masa lalu..

nah, seminggu ini gw tiba2 aja dapet pelajaran baru.. pelajaran kehidupan tambahan tentang hukum tabur tuai ini..
apa itu?
baca aja ampe kelar..!
hahahaha

tau ga, kalo buat bikin 1 pohon duren, kita cuma butuh 1 biji duren yang tumbuh?
kalo ga tau, ini saatnya gw kasih tau..

nah, sayangnya, kita ga bisa bener2 cuma nanem 1 biji duren itu buat bisa bikin 1 pohon duren..
kita perlu nabur banyak2..
tarohlah kita naroh 10 biji, dan 1 biji akhirnya tumbuh..

dan tau ga, kalo pohon duren itu udah berbuah, berapa buah yang dihasilkan?
kalo ga tau, gw kasih tau.. lebih dari 10 buah..

dan tau ga, dalam 1 buah duren itu berapa banyak biji yang bisa kita tanam lagi?
kalo ga tau, gw kasih tau.. lebih dari 10 biji..

so, dari 10 biji duren yang kita tabur itu, walopun yang tumbuh jadi pohon duren cuma 1 biji, tapi.. hasil dari 1 biji itu bisa jadi lebih dari 100 biji duren baru setiap kali dia berbuah di musimnya..
bayangin kalo duren itu bisa berbuah 1 kali setaon, dan bisa idup lebih dari 10 taon..
itu berarti dari 1 biji yang berhasil tumbuh itu, selama 10 taon kita bisa dapet lebih dari 100 buah duren, dan lebih dari 1000 biji duren yang bisa kita tanem lagi..

nah, ini yang mo gw sampein kali ini..
dari contoh itu aja udah jelas, kita tabur 10 biji, setaon kita dapet lebih dari 100 biji, 10 taon kita dapet lebih dari 1000 biji..
jadi, setiap apa yang kita tabur itu, kita ga bakal menuai dengan jumlah yang sama.. apalagi dengan jumlah yang lebih sedikit..
sudah jelas hukumnya, kalo kita bakal menuai hasil jauh lebih banyak dari apa yang kita tabur..

begitu juga dengan perbuatan2 kita.. setiap perbuatan kita entah itu perbuatan baik atau perbuatan buruk sekalipun, kita bakal menuai jauh lebih banyak dari apa yang udah pernah kita tabur..

so, jangan pernah nyesel berbuat baik sama orang lain karena percaya ga percaya, hasil yang bakal kita dapet satu saat nanti jauh lebih gede dari apa yang udah kita perbuat..
dan jangan pernah berpikir buat berbuat jahat sama orang laen, karena percaya ga percaya, pembalasan yang kita terima bakal lebih kejam dari apa yang udah kita perbuat..

moga2 aja postingan gw kali ini ada gunanya..
=)

No comments: