Wednesday 27 January 2010

kasihilah sesamamu manusia?


barusan ini gw nonton video yang dipost temen gw di facebook..
aselinya video ini ada di youtube.. dan isi video ini udah jadi obrolan dari beberapa minggu lalu..
cuma aja, gw emang baru sempet dan niat nontonnya hari ini..
makanya gw ngepost blog ini baru hari ini.. hehehe
so, ini linknya --> click disini..

intinya yang mo gw obrolin disini adalah tentang kasih..
banyak orang kristen, setelah nonton video ini, langsung marah2..
tapi ga sedikit juga yang malah ketawa2..
nah, gimanapun respon kalian terhadap video atau berita ini, gw mo bagiin pendapat gw buat kalian semua..

gw sendiri, abis nonton video 22 menit itu, gw cuma bisa ketawa2..
gw ngerasa kalo obrolan mereka itu lucu..
dan gw bener2 heran, kok masih ada aja yah orang2 kaya gitu..
duh, you know what I mean lah.. hahaha

humm..
jujurnya, gw awalnya kesel juga sih denger berita itu..
itulah kenapa gw nunda2 cari tau tentang berita itu.. gw takut gw malah emosi trus malah jadi benci sama beberapa pihak atau golongan..

tapi..
gw keinget sama ayat ini, "Dan hukum yang kedua ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri." [Matius 12:31a]

nah.. abis gw keinget sama ayat itu, gw langsung search di e-Sword (alkitab elektronik) di komputer gw dengan kata kunci "kasihilah sesamamu manusia"..
coba tebak! berapa banyak ayat yang gw dapet dari kata kunci itu?
ada 9 ayat!!

dari 9 ayat itu, 1 dari perjanjian lama, 8 dari perjanjian baru..
dan itu berarti, ayat2 itu bener2 buat kita yang idup di jaman sekarang..
bukan cuma perintah yang berlaku di jaman dulu..
yep! "kasihilah sesamamu manusia" itu adalah perintah buat kita..

ini dia gw kasih list ayat2 yang ada kata2 "kasihilah sesamamu manusia"..
tinggal click ayat2 di atas, kalian bisa baca di website laen.. =)

nah, dari ayat2 itu gw paling demen yang dari Lukas 10:27..
kalo baca perikopnya, itu ada di perikop 'Orang Samaria yang murah hati'.. mulai dari Lukas 10:25 sampe ayat 37..
dan gw yakin, lo orang udah sering denger cerita ini..
nah, di perikop itu dijelasin siapa itu 'sesamamu manusia'..

Luk 10:25 Pada suatu kali berdirilah seorang ahli Taurat untuk mencobai Yesus, katanya: "Guru, apa yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?"
Luk 10:26 Jawab Yesus kepadanya: "Apa yang tertulis dalam hukum Taurat? Apa yang kaubaca di sana?"
Luk 10:27 Jawab orang itu: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu dan dengan segenap akal budimu, dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri."
Luk 10:28 Kata Yesus kepadanya: "Jawabmu itu benar; perbuatlah demikian, maka engkau akan hidup."
Luk 10:29 Tetapi untuk membenarkan dirinya orang itu berkata kepada Yesus: "Dan siapakah sesamaku manusia?"

--dan lanjutannya, kalian bisa baca sendiri.. disitu Tuhan jelasin siapa itu 'sesamamu manusia'..--

gw sendiri, pernah dapet tentang hal ini sebelumnya..
bahwa yang namanya sesamamu manusia itu ya bener2 sesamamu manusia..
ga ada syarat2nya..
sesamamu manusia bukan cuma mereka yang baek, bukan cuma sesama orang batak, bukan pula cuma sesama pemakan babi..
intinya, buat gw sendiri, kata2 "kasihilah sesamamu manusia" itu berarti gw harus mengasihi semua orang..
bener2 semua orang..

ga peduli agama lo apa, ga peduli ras lo apa, ga peduli lo dari daerah mana, ga peduli lo orang jahat atau orang baik, gw harus bisa mengasihi lo semua..
karena perintahnya adalah "kasihilah sesamamu manusia", tanpa embel2..

so guys, itu aja yang pengen gw bagiin kali ini..
inget.. peace itu baru bisa ada kalo kita punya kasih..

stay blessed.. =)

No comments: