Monday, 21 December 2009

choose the right one!


udah jelas2 keliatan dari judulnya, postingan gw kali ini adalah tentang pilihan..
tapi tenang..
postingan gw kali ini bukan tentang gimana caranya milih pacar, atau pasangan hidup..
bukan juga tentang milih menu makan siang hari ini..

"sorry yah.. kemaren gw terpaksa ga ikutan.. ada kerjaan.."
"gw nih terpaksa aja yah ngerjain ini! jangan kira gw pengen ngerjain ini!"

pernah denger kata2 itu?
atau pernah ngomong kata2 itu??

gw sendiri, sering ngomong kata2 itu dulu.. yep, dulu..
sekarang, gw dah amat sangat jarang banget sekali ngomong kata2 itu..
apalagi kata "terpaksa" itu..
karena menurut gw, ga ada yang namanya terpaksa di dunia ini..

Tuhan nyiptain kita dengan kebebasan memilih..
termasuk Adam dan Hawa, kakek dan nenek moyang kita dulu..
Tuhan ga nyiptain mereka buat bener2 nurut dan ngikutin semua kata2 Tuhan..
Tuhan kasi mereka kemampuan buat milih..

yep, sejak manusia pertama diciptakan, kita udah punya hak penuh untuk memilih..
bahkan untuk segala hal yang kita anggep sebuah keterpaksaan, sebenernya kita punya pilihan dan hak untuk memilih..

gw kasih contoh deh..

kalo gw bilang, "gw terpaksa minum susu karena disuru nyokap..", itu sebenernya gw punya pilihan untuk ga minum..
dan kalo gw milih buat minum, itu berarti gw ga nurutin nyokap..

kalo gw bilang, "gw terpaksa ngebohong.. karena kalo ga gitu, dia bakal marah sama gw..", itu sebenernya gw punya pilihan buat jujur..
dan kalo gw milih buat jujur, itu bisa bikin dia marah sama gw..

nah.. jadi sebenernya, terpaksa itu adalah keadaan dimana gw milih sesuatu karena gw ga pengen milih pilihan yang lain..
yep.. karena konsekuensi dari pilihan yang lain itu mungkin lebih buruk daripada konsekuensi pilihan gw yang sekarang..
tapi, lagi2, sebenernya gw tetep punya pilihan dan tetep bisa milih..

dan pertanyaannya sekarang adalah, apakah pilihan gw itu udah bener ato salah?
apakah pilihan gw itu adalah pilihan yang terbaik?
dan apakah pilihan gw itu menghasilkan hal yang baik atau yang buruk?

itu yang perlu ditanyakan.. dan itu yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih..
supaya apa? supaya ga ada lagi kata terpaksa, dan ga ada lagi yang namanya salah pilih..

stay blessed.. =)

*credit goes to miss little*

Saturday, 19 December 2009

blame who?!


yep.. ngeblog lagii.. hahahaha..
dan seperti biasa, gw dapet inspirasinya pas lagi mandi.. hehe
so, here it goes..

barusan ini, gw balik dari doa malem ama temen2 gw di NTU..
ada melita, andi, ama ferry..
nah, selama di bus, kita ngobrol2, ketawa2..
sampe akhirnya gw cerita tentang pengalaman masa lalu gw yang bisa dibilang "menjijikkan"..

nah..
lagi gw cerita gitu, anak2 pada "iyuuhhh..!!", dan akhirnya gw ngomong, "siapa yang ga pernah berdosa, silahkan timpukin gw duluan!"
dan akhirnya, selama gw mandi tadi, kata2 itu terngiang2 di otak gw..

yep..
Tuhan pernah ngomong yang mirip2 gitu juga.. dan itu ada di alkitab..
baca aja di kitab Yohanes 8:1-11, terutama ayat 7..
disitu tertulis, "Dan ketika mereka terus-menerus bertanya kepada-Nya, Iapun bangkit berdiri lalu berkata kepada mereka: "Barangsiapa di antara kamu tidak berdosa, hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan itu.""

gw dah sering baca ayat ini..
tapi, barusan ini, ayat ini bener2 kena ke gw..
dan gw dapet sesuatu dari ayat ini..
dan bakal gw bagiin disini.. =)

dari ayat ini, gw diingetin buat ga cepet2 ngejudge orang.. atau bilang, "lo salah!".. atau marah2 sama orang yang berbuat salah..
karena apa? karena gw juga pernah berbuat salah..

yep, kita semua pernah berbuat salah..

rumet si andi, temen gw, yang sekarang ini kamarnya gw pinjem buat tidur sementara, pernah negor gw cukup keras..
waktu gw cerita2 tentang kejelekan orang lain, dan gw bilang kalo gw benci banget sama orang itu, si daniel cuma bilang beberapa kata yang sampe sekarang bener2 masi nempel terus di otak gw, "kaya lo ga pernah aja!"
yep.. thanks daniel.. akhirnya gw baru ngerti apa arti kalimat itu..

menurut gw, di Yohanes 8:7 itu, Tuhan lagi ngomong sama orang2 farisi dan ahli2 taurat itu tentang sesuatu yang baru gw dapetin ini..
bahwa, mereka semua juga sebenernya pernah salah, pernah berdosa..
dan buat orang2 berdosa, ga seharusnya menghakimi orang lain..
biarlah penghakiman itu datang dari atas, dari yang berhak menghakimi.. (Mazmur 17:2)

jujur, gw sendiri sering banget ngejudge orang lain yang menurut gw salah..
seolah2, gw sendiri ga pernah salah..
tapii...
setelah gw ditegor keras malem ini, gw pengen berubah..
gw ga bole menghakimi orang lain lagi.. karena itu bukan bagian gw.. itu bagiannya Tuhan..

oohh..
ada lagii..
yang lebih keren dari ayat itu adalah, bahkan Tuhan mau mengampuni perempuan itu.. padahal, Tuhan jelas2 ga pernah berbuat dosa..

nahh..
ini dia satu hal lagi yang gw dapet malem ini..
bahwa, gw sebagai anak Tuhan, harus bisa juga mengampuni orang yang bersalah sama gw..
dan itu juga tertulis di Doa Bapa Kami.. (Matius 6:9-13)

so guys, ini aja yang mo gw bagiin kali ini..
moga2 bisa jadi berkat, bisa bantu kalian yang mungkin lagi marah atau benci sama orang lain..

stay blessed to be a blessing.. =)

Monday, 14 December 2009

GIVE


kemaren gw jalan2 bareng temen2 gw..
dan akhirnya setelah beberapa lama ngobrol2, gw kepikiran ayat yang ada di Lukas 21..
well, benernya gw ga bener2 kepikiran ayatnya apa, cuma kepikiran intinya aja..
ini yang ada di otak gw waktu itu, "sebenarnya perempuan ini memberi lebih banyak daripada mereka semua.."

akhirnya, gw cari2 di alkitab, dan gw nemu ayatnya di Lukas 21..
"Lalu Ia berkata: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya janda miskin ini memberi lebih banyak dari pada semua orang itu. Sebab mereka semua memberi persembahannya dari kelimpahannya, tetapi janda ini memberi dari kekurangannya, bahkan ia memberi seluruh nafkahnya."" [Lukas 21:3-4]

nah, apa yang pengen gw bagiin disini?
yang mo gw bagiin disini adalah tentang pemberian..
kita sering bilang, "Tuhan lihat hati.."
dan ini adalah salah satu contohnya..

saat kita memberikan dari kelimpahan dan kelebihan kita, kita ga bakal ngerasa kehilangan apa2..
kita bakal enteng2 aja ngasihnya..
tapii...
saat kita memberikan hampir semua yang kita punya, atau, memberikan dari kekurangan kita, disitulah hati kita diuji..

contohnya, kalo kita mo kasih sesuatu ke orang, dan kita sendiri butuh sesuatu itu..
kita pasti bakal mikir, dan hati kita bakal berat banget buat kasih..
tapii.. kalo kita akhirnya mutusin buat ngasih, disitulah hati kita yang sebenernya keliatan..
bahwa kita emang bener2 niat buat ngasih.. bukan cuma sekedar iseng..

dan masalah pemberian ini ga cuma berlaku buat Tuhan aja..
buat manusia juga..

gw sendiri, kalo gw tau ada orang kaya traktir gw makan KFC, mungkin gw bakal mikir, "oh.. ni orang lagi ga ada kerjaan.. cuma pengen nraktir iseng doang.."
tapii.. kalo ada temen gw, yang gw tau dia sendiri sebenernya ga punya banyak duit, dan dia traktir gw KFC, gw bakal mikir, "wah.. ni orang bener2 pengen ngasih gw sesuatu nih.. someday, gw bakal bales ah.."

dan gw percaya kalo ga cuma gw yang mikir gitu..
gw yakin banyak diantara kalian yang mikir hal yang sama ama gw..

so, segini aja deh sharing gw hari ini..
pendek aja..

intinya adalah, kalo kita ngasih, yang penting bukan masalah harga barangnya..
bukan juga masalah bentuk barangnya..
tapi yang lebih penting adalah, hati orang yang ngasih itu..

saat seseorang memberi dari kelimpahannya, hatinya belum tentu mau memberi..
tapi, saat seseorang memberi dari kekurangannya, sudah pasti dia ingin memberi yang terbaik..

stay blessed to be a blessing..!! =)

Monday, 7 December 2009

"bertobatlah nak, kerajaan Allah sudah dekat.."


ada yang nanya sama gw, "sampe kapan hiatusnya?"
gw jawab sekarang, "sampe sekarang.. hehehe"

YES! gw nulis lagi..!! hahaha..

so, buat yang udah nunggu2, ini dia postingan gw kali ini.. yeah! hahaha

kemaren ini gw nonton 2012.. setelah sekian lama gw pengen nonton tapi ga bisa gara2 iksem.. hahaha
efeknya sih keren2 banget.. dah kerasa kaya maen game aja gw.. ahahaha..

nah.. selesai nonton itu, tepatnya jam 3.30, gw jalan balik ke kamar gw..
dan selama di jalan itu, gw mikir..
"yang akhirnya idup tadi siapa aja yah?"
dan jawaban ini muncul dikepala gw.. "banyak.."
otak gw nanya lagi, "kenapa banyak orang baek yang ga selamet yah? trus, banyak orang jahat yang selamat.."
akhirnya ada jawaban lagi, "well, that's life.."

yep..
di pelem itu banyak banget orang baek yang ga selamat.. dan banyak banget orang2 jahat yang selamat..
kok gitu? ga adil banget..
salah satu contohnya, si orang india yang pertama2nya tau kalo dah mo kiamat itu, akhirnya dia mati ketelen tsunami sama keluarganya..
sedangkan si bos2 amerika yang jahat itu, dia bisa bertahan idup sampe akhir karena duit dan kuasanya..
bener2 ga adil..
well, that's life..

temen gw juga sering ngomong, "yah, begitulah hidup.."
dan kata2 itu muter2 terus di otak gw..

hidup emang ga adil..
dan gw yakin, lo semua yang baca juga sering mikir gitu..
bahkan mungkin sering jadi korban ketidak adilan hidup ini..
termasuk gw.. termasuk dia yang di pojokan sana..

nah, sekarang, gw mo kasi tau, "dunia boleh ga adil, tapi Tuhan gw tetep adil.."
Dia kasi kesempatan yang sama buat semua orang buat selamat..
Dia ijinin orang kaya, orang miskin, orang kulit item, orang kulit putih, orang jelek, orang ganteng, dan siapapun itu, buat selamat..
Dia kasih keselamatan itu buat semua orang..

kalo di pelem 2012 yang bisa selamat cuma orang2 yang hoki, berduit dan berkuasa; di alkitab, orang2 yang bisa selamat adalah semua orang..
syaratnya cuma 1 : percaya..
yep, cuma percaya..
"Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal." [Yohanes 3:16]

trus, gw tiba2 keinget tentang kiamat yang ada di alkitab..
iseng2 baca wahyu, ngeliat gimana akhir dunia..
tapi kok kayanya abstrak banget yah.. haha..
pake ada acara bakal ada naga2 segala.. monster2 segala.. menyeramkan..
dan gw ga berani nerusin ngebayanginnya.. haha..

dan gw keinget di alkitab juga ada dibilang tanda2 akhir jaman..
iseng2 cari, ternyata ada di Matius 24..
di situ ditulis tanda2 kiamat bakal dateng.. tapi, ga seorangpun tau kapan waktunya..
mungkin 2012 dan mungkin juga besok..
"Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa sendiri." [Matius 24:36]

dan tugas kita adalah berjaga2..
karena kita ga tau kapan waktunya..
tapi yang jelas, saat itu bakal dateng..
kita harus siap kapanpun "2012" itu terjadi..
entah itu beneran 2012, ato bulan depan, ato minggu depan, ato besok, atau malah setelah lo baca tulisan ini..

dan sekarang, pertanyaannya adalah, selamatkah kita kalo "2012" datang?

Wednesday, 18 November 2009

H.I.A.T.U.S.


Dear bekicotmuda,

Setelah mikir cukup panjang, gw akhirnya mutusin buat berenti nulis dulu.. at least untuk sementara waktu ini..
Alesannya, karena gw ngerasa walopun mungkin ada beberapa dari pembaca yang dapet sesuatu positif dari sini, ga jarang juga mereka dapet sesuatu yang negatif dari tiap tulisan gw..
So, buat sementara waktu ini, gw mo ngebaca2 ulang apa aja yang udah gw tulis selama ini, belajar dari itu semua, dan mudah2an bisa balik nulis lagi ntar2nya yang gw belom tau kapan..

Thanks buat yang udah baca, thanks juga buat yang udah ngasi feedback.. I really appreciate it..

Stay blessed yah..

JLU.. =)

Monday, 16 November 2009

MARAH?? boleh ajaa... asaall.......

yow..
gw dah ga sabar mo share sesuatu kali ini..
mudah2an postingan kali ini bener2 bisa bawa manfaat yee..

(mungkin agak sedikit panjang lohh.. so, baca kalo sempet aja yaahh.. hahaha)

okeh..
siap2 yah..
satuu...
duaaa....
tiga!

nah.. semua berawal dari kejadian yang barusan gw alami..
kejadian apa? kalian ga perlu tau jelasnya gimana..
yang jelas, kejadian itu bikin gw emosi, marah, kesel, sedih, sakit, dll..
dan akhirnya, karena gw ga bisa nahan perasaan2 yang campur aduk itu, gw mutusin buat lari..

no, no, no..
bukan lari dari kenyataan..
tapii.. lari keliling kampus NTU..
yah.. ga banyak2 sih.. cuma sekeliling rute 199.. dan berlawanan arah.. dan itupun ga sepenuhnya gw lariin..
ada saatnya gw jalan..
yep, kali itu gw cuma mo teriak2 sambil lari2.. hahaha..

nah.. selama gw lari itu, gw juga doa..
gw ungkapin semua rasa kesel gw.. semua rasa sedih gw, semua rasa marah gw.. pokoknya semuanya.. gw ceritain semuanya ke Papi J..
dan untungnya, setelah gw lari itu, gw agak ngerasa legaan dikit..
emang kadang lari malem2 bisa bikin ilang stress.. walopun cuma dikit.. haha..
tapi, doanya itu yang bikin lega.. wakakaka

nah, setelah lari sambil doa itu, gw istirahat bentar trus mandi..
dan pas mandi itulah gw dapet sesuatu yang bakal gw share kali ini..
so, fasten your seatbelt now! hahaha..

okeh..
gw tau, setiap kita manusia ini pasti pernah marah..
dan pasti pernah dimarahin juga..
tul?!
so, postingan gw kali ini bener2 buat kita semua..

gw sendiri pernah marah.. gw sendiri juga pernah dimarahin..
yep, lebih sering dimarahinnya daripada marah2in orang..
dan biasanya gw marah karena gw kesel atau kecewa sama tindakan seseorang..
dan setau gw, orang juga sering marah2 ama gw karena mereka kecewa sama tindakan gw yang mungkin gw sadar atau ga sadar lakukan..

but then..
pas mandi tadi gw dapet sesuatu.. sesuatu yang simpel, yang sebenernya sering kita denger tapi hampir selalu kita cuekin..
yaitu bahwa, seharusnya alesan orang buat marah itu bukan cuma karena mereka kesel atau kecewa sama kita..
tapi juga, karena mereka peduli sama kita..

nah loh..
ada yang kena "jleb??"

gini.. gw jelasin..

bonyok kita pasti sering ngomong gini, "papa/mama marah karena sayang sama kamu.."
dan kita ga percaya.. dalem hati kita, kita ngomong, "halah! alesan klise.. kalo mau marah, ya marah aja..!!"
dan gw juga kaya gitu.. dulu.. dan sekarang juga masih mungkin kaya gitu..

gini guys..
kalo emang itu orang kecewa sama kita atau kita kecewa sama orang, maksud gw, kecewa sama perbuatannya, bukan orangnya, tapi kita ga peduli sama orang itu, kita ga mungkin marah2 sama orang itu..
kita lebih mungkin marah2 sendiri.. marah2 sama tembok..
bener apa betul?

at least, gw sendiri kaya gitu..
kalo emang gw ga peduli sama orang yang bikin gw kesel atau kecewa atau bete itu, gw bakal diemin..
urusan dia mo salah kek, mo bener kek.. bukan urusan gw.. biarin aja dia salah terus ga bener2.. bukan urusan gw sama sekali!!

tapii..
beda urusannya kalo gw dah peduli sama orang itu.. apalagi kalo gw dah sayang sama orang itu..
liat aja, cepat atau lambat, gw bakal marah2 ke orang itu karena perbuatannya..

dan saat seperti ini, marah itu diijinkan..

emang, di Amsal ditulis, "Orang yang sabar besar pengertiannya, tetapi siapa cepat marah membesarkan kebodohan." [Amsal 14:29]
dan menurut gw, ayat itu sama aja kaya ngomong: orang yang cepat marah = orang bodoh!!
di Pengkhotbah 7:9 juga ada tuh, "Janganlah lekas-lekas marah dalam hati, karena amarah menetap dalam dada orang bodoh."

nah, barusan kan gw bilang, di saat seperti ini, marah itu diijinkan..
tapii.. ada syaratnya..
kita kudu mikir dulu sebelum marah..
kudu doa dulu sebelum marah..
ditimbang2 dulu.. jangan mo langsung marah aja seenak jidat..
pikir dulu, kira2, kalo kita marah, akibatnya bakal gimana? bakal bawa perubahan positif ke orang itu, apa nggak? bakal jadi berkat, apa jadi kutuk?
dan itulah artinya Amsal 14:29 itu menurut gw..

kita bukannya ga boleh marah.. tapi.. yang ga boleh itu adalah, cepet marah..
well, bukan ga boleh juga sih..
boleh2 aja.. itu kalo emang mau dibilang bodoh.. hehehe
soalnya ada juga ayat di Amsal yang nulis, "Lebih baik teguran yang nyata-nyata dari pada kasih yang tersembunyi." [Amsal 27:5]

nah, dari Amsal 27:5 itu, gw mo kupas dikit deh..
disitu ditulis, lebih baik teguran yang nyata-nyata daripada kasih yang tersembunyi..
apa maksudnya?
teguran yang nyata2 itu bukannya teguran yang tanpa kasih loh.. justruuu.. teguran yang nyata2 itu harus didasari sama kasih..
baru menurut gw, ayat itu bunyinya bener..
so, kalo gw boleh ganti paraphrase menurut bahasa gw (mudah2an ga sesat yee.. =P), jadinya gini: "Lebih baik teguran yang nyata-nyata *dengan kasih* dari pada kasih yang tersembunyi."

oh iyaaa..
sekalian, di postingan gw kali ini, gw juga mo ngomong beberapa hal buat kalian semua yang udah pernah gw marahin, yang pernah marahin gw, atau yang belom pernah marahin gw dan gw marahin..

buat yang udah pernah gw marahin, gw minta maaf banget yah kalo emang gw marahnya kelewatan..

trus, buat yang udah pernah marahin gw, gw mo say thank you udah pernah marahin gw.. mungkin gw ga bisa langsung berubah setelah dimarahin, but let me try to be better yah.. =)

dan buat yang belom pernah gw marahin, tungguin aja saatnya.. jangan kira gw ga bisa marah yaaa..!! wakakaka

terakhir, buat yang belom pernah marahin gw, please do so kalo emang gw dah kelewatan.. hehe..

so guys, mungkin segitu aja dulu deh dari gw buat postingan kali ini..
mudah2an bisa kasi sedikit pencerahan buat kita semua..

buat yang lagi marah2 atau marahan sama orang, ayoo.. cepet dimaafin orangnya.. abis dimarahin, jangan cuma berenti disitu aja.. dimaafin juga secepatnya..
soalnya ada tertulis, "Apabila kamu menjadi marah, janganlah kamu berbuat dosa: janganlah matahari terbenam, sebelum padam amarahmu" [Efesus 4:26]

dan buat yang mungkin lagi kesel tapi belom tau mau marah atau nggak, mari dipikir mateng2 dulu nilai2 positifnya kalo lo marah.. kalo emang tujuannya buat ngebangun, please do so appropriately yah.. dan yang jelas, setelah berdoa, dan minta bantuan Tuhan.. hehe

yowes, sampe ketemu di postingan selanjutnyaaa..!! hahaha

stay blessed to be a blessing yaaahh... JLU!! =)

Saturday, 14 November 2009

I will be right here waiting for you..


-dari youtube-


Right Here Waiting

Oceans apart day after day
And I slowly go insane
I hear your voice on the line
But it doesn't stop the pain

If I see you next to never
How can we say forever

Wherever you go
Whatever you do
I will be right here waiting for you
Whatever it takes
Or how my heart breaks
I will be right here waiting for you

I took for granted, all the times
That I though would last somehow
I hear the laughter, I taste the tears
But I can't get near you now

Oh, can't you see it baby
You've got me goin' CrAzY

Wherever you go
Whatever you do
I will be right here waiting for you
Whatever it takes
Or how my heart breaks
I will be right here waiting for you

I wonder how we can survive
This romance
But in the end if I'm with you
I'll take the chance

Oh, can't you see it baby
You've got me goin' cRaZy

Wherever you go
Whatever you do
I will be right here waiting for you
Whatever it takes
Or how my heart breaks
I will be right here waiting for you

yang Tuhan siapa?


gw manusia.. lo yang baca juga manusia.. dan dia yang duduk di pojokan sana juga manusia..
manusia pengen bebas.. manusia keras kepala..
berarti....
gw pengen bebas dan gw keras kepala.. lo yang baca juga, dia yang duduk di pojokan sana juga..

kita pengen ngatur semuanya sendiri.. dan kalo udah diatur, kita mulai memberontak..
dan itu ga salah, itu naturenya kita sebagai manusia..
sangkin kepengen ngaturnya, kita malah kadang2 suka sok ngatur Tuhan..
at least, ngebandel kalo diatur sama Tuhan..

seenggaknya, sejarah berkata demikian..
sejak jaman Adam dan Hawa, mereka sudah berani ngelawan Tuhan..
udah dibilangin jangan makan buah pengetahuan baik dan jahat, mereka tetep aja makan..
yep, emang ada hasutan dari si iblis.. tapii.. semua keputusan ada di tangan mereka..
so, mereka makan buah itu karena emang mereka milih buat ngelawan perintah Tuhan..

nah, kali ini gw ga bakal ngomong panjang lebar tentang Adam dan Hawa..
biarin aja cerita mereka cukup ditemui di alkitab..
kali ini gw mo share tentang doa gw.. atau mungkin doa lo yang baca juga..
dan obrolan gw kali ini juga setelah gw diingetin sama pendeta gw lagi..
waktu itu abis sharing2 di toko fish soup di river valley..

doa yang gimana yang mo gw share?
doa yang ngomong, "Tuhan, pake aku lebih lagi buat jadi alat-Mu.."

man, gw pernah cerita tentang doa gw ini ke temen gw.. dan respon dia adalah, "ati2 lo kalo berdoa.. udah siap dipake Tuhan belom? kalo belom, jangan doa kaya gitu.."
dan waktu itu gw anggep gw udah siap..
tapi ternyata gw ga sepenuhnya siap..

humm..
kadang2 kita emang suka kurang ajar sama Tuhan..
kita minta sesuatu, pas udah dikasih, eh kita mintanya yang laen..
kurang ajar emang..
tapi tetep, Tuhan tetep setia sama kita..

coba bayangin.. waktu kita doa, "Tuhan, pake aku lebih lagi buat jadi alat-Mu.."
trus, pas Tuhan mo pake kita, eh kitanya malah komplen.. "jangan gini pakenya, Tuhan.."
kita sok2an ngatur Tuhan..
gimana kira2 respon Tuhan?
kalo yang di otak gw, Tuhan bakal ngomong, "yang Tuhan siapa? Gw apa lo?"

gini deh..
misalnya, kita adalah sumpit..
dan kita ngomong sama Tuhan yang make sumpitnya, "Tuhan, pake aku lebih lagi buat jadi alat-Mu.."
trus, Tuhan yang lagi megang sumpit itu, make sumpitnya buat nimpuk kucing..
trus, kita komplen, "duh! kok gw dibuat nimpuk kucing?!"
trus, Tuhan ngomong, "suka2 Gw dong! kan lo bilang, mo jadi alat Gw.. ya terserah Gw mo Gw apain!"

okeh, ekstrim emang..
tapi, kira2 gitu lah contohnya..

guys, yang mo gw sampein disini adalah, kalo emang mau dipake Tuhan, gimanapun caranya, kita harus siap..
dan ini bukan cuma buat lo yang baca..
ini juga buat gw sendiri dan buat orang yang lagi duduk di pojokan sana..
ini buat kita semua..

kalo emang kita bener2 mau dipake Tuhan, kudu siap sama semua konsekuensinya..
kadang kita dipake buat sesuatu yang enak..
tapii.. inget, kadang kita juga bisa dipake buat nimpuk kucing..

sekarang, bukan kita lagi yang ngatur..
karena Dia lah Tuhannya.. bukan kita..
jadi, suka2 Dia mo ngapain kita sebagai alatnya..

so guys, no more complaining..
stay blessed.. =)

Tuesday, 10 November 2009

WE ARE HEROES

10 November..
katanya hari ini hari pahlawan..
di kalender Indo sih tulisannya gitu..
tapi di kalender Singapur ga gitu..

humm..
sebenernya apa sih esensinya hari pahlawan itu buat lo yang baca?
karena menurut gw, tiap orang pasti punya pendapat mereka masing2 tentang apa artinya hari pahlawan buat mereka..
termasuk gw juga.. gw juga punya pandangan tersendiri tentang hari pahlawan yang kebetulan jatoh di hari ini, 10 November..
dan kali ini, gw bakal ngebagiin pendapat gw itu..

wokeh..

buat gw, hari pahlawan itu bukanlah saatnya kita buat mengenang semua jasa2 orang2 yang udah pada mati itu, yang dulu udah bela2in sampe ngorbanin nyawa mereka buat lahirnya negara kita, Indonesia..
at least, bukan cuma itu inti dari hari pahlawan ini..
ga ada gunanya juga kalo kita cuma diem selama beberapa menit buat mengenang semua yang udah mereka2 lakuin beberapa puluh taon yang lalu itu..
hari pahlawan lebih dari itu..

buat gw, hari pahlawan itu adalah hari perayaan..
sama halnya sama hari ulang tahun yang masing2 kita punya, hari pahlawan ini juga sebagai hari perayaan buat kita semua..
yep, buat kita semua..

kenapa?

karena kita semua adalah pahlawan..

kita semua adalah pahlawan di bidang kita masing2, selama kita masih cinta Indonesia..
sekali lagi, selama kita masih cinta Indonesia..
karena perjuangan kita yang didasari atas rasa cinta kita terhadap Indonesia sudah cukup untuk menjadikan kita seorang pahlawan bangsa..
so, buat kalian2 yang ga cinta Indonesia, sorry banget, hari pahlawan ini kalian ga boleh ikut2an ngerayain..

guys! ini adalah kabar baik!
hari ini adalah hari perayaan buat kita semua!
hari ini segala usaha2 kita buat nama Indonesia dihargai oleh semua orang Indonesia di seluruh dunia..
hari ini juga, kita, pahlawan2 bangsa ini harus bangun.. sadarlah kalo kita masih tetep harus berjuang buat bangsa kita..
karena perjuangan orang2 yang sudah mati itu bakal jadi sampah yang ga guna kalo kita ga nerusin perjuangan mereka..

SELAMAT HARI PAHLAWAN, PAHLAWAN-PAHLAWAN BANGSAKU.. =)

Monday, 9 November 2009

instant? bullshit!

barusan gw makan sama temen gw.. dia masak cajun chicken yang mirip2 sama yang di botak jones..
selesai masak dia bilang, "gile, cepet juga ye.. gw masak, makan, trus nyuci piringnya cuma setenga jem.."
selesai dia ngomong gitu, gw pulang..
yeah, SMP, selesai makan pulang.. wakakaka..

nah, selama di jalan, gw mikir..
mikir apaan?
mikir ini..

jaman sekarang, banyak banget yang namanya barang instant..
termasuk masakan temen gw tadi, dia makan daging ayam, kentang goreng, dan telor..
yeah, dari ketiga jenis makanan itu, cuma telornya yang bener2 berasal dari telor yang kita sama2 tau..
sisanya, ayam dan kentangnya, semua sudah diolah terlebih dahulu.. so dia tinggal masak sampe mateng doang..
makanya dia bisa masak, makan, trus nyuci piring2nya itu dalam waktu cuma setengah jam..

yep..
kita udah kebanyakan dicekokin sama yang namanya instant..
bahkan tanpa kita sadar, dari kecil kita udah dicekokin sama itu semua..
tapii...
taukah kalian, kalo sebenernya ga ada yang instant di dunia ini?

label 'instant' itu cuma dipake buat promosi, menarik perhatian, dan menjual barang2 instant itu se-instant mungkin..

gw yakin, kalian yang baca pasti udah tau kalo barang2 yang 'instant' itu sebenernya udah pernah melalui proses yang kita mungkin ga tau..
contohnya aja, indomie..
itu salah satu jenis mie instant yang paling terkenal di dunia..

gw kasih tau aja, buat jadi indomie yang sering kita makan, itu mie udah melalui berbagai macam proses yang panjang..
bahkan setelah dibungkus dan jadi mie instant pun, indomie itu tetep perlu proses sebelom bisa dinikmati..
dia masih perlu direbus selama 3 menit..
dan gw kasih tau lagi, yang namanya 3 menit itu berarti ga instant..
itu berarti indomie tetep butuh waktu sebelum bisa dinikmati..

well, bisa sih kalian ga usah masak dulu indomienya.. tapii.. rasanya ga enak..
dan kalo emang mau lebih enak lagi, itu indomie masih perlu ditambahin bumbu2 yang lain..
dan itu butuh proses yang lain lagi..
butuh waktu tambahan juga..

humm..
yang mo gw sampein disini adalah, there is no such instant thing..

apalagi dalam sebuah hubungan..

kebanyakan barang2 yang instant itu ga baek buat kesehatan..
karena apa?
karena barang2 itu banyak mengandung zat2 kimia yang bisa bikin kita jadi mati instant juga..

sama halnya dengan sebuah hubungan, sebuah hubungan yang sehat butuh proses yang panjang..
butuh waktu..
ga bisa cepet2, ga bisa seenaknya..
kalo kata orang surabaya, "sakkarepe dewe.."
dan sebuah hubungan yang instant cuma bakal bawa masalah.. yep, banyak masalah..
mulai dari masalah yang kecil2 sampe masalah besar kaya BUNTING DILUAR KAWIN..

well, mungkin kita sering denger yang beginian, "duh, ga tau juga yah.. tiba2 aja deket..", atau, "yah, gitu dehh.. tiba2 aja kita deket.."
menurut gw itu semua bullshit!

man!
sadar ga sadar, itu orang bisa deket sama kita karena ada usaha..
kita bisa deket ama seseorang karena kita juga put effort buat deket sama orang itu..
ngaku aja deehh..
jangan munafik deehh..

so, kali ini gw ga mau panjang2..
cuma mo ngingetin aja kalo di dunia ini ga ada yang instant..
bahkan indomie pun masi perlu direbus selama 3 menit sebelum bisa dimakan dengan enak..
begitu juga sama hubungan kita dengan orang lain..
butuh waktu, butuh proses yang ga selalu enak, bahkan kadang butuh sesuatu untuk dikorbankan..

stay blessed.. =)

Thursday, 5 November 2009

Wednesday, 4 November 2009

Where is GOD?


"Tuhan dimana sih?"
"kok kayanya Tuhan ga ada yah?"

2 pertanyaan itu intinya sama aja, sama2 mempertanyakan keberadaan Tuhan..
yep, kita manusia sering banget mempertanyakan hal itu..

sebenernya Tuhan dimana sih?

pertanyaan itu sering kita tanyain kalo kita lagi ngerasa kesepian, kesusahan, dan pusing ga ngerti harus ngapain lagi..
disaat begitu biasanya kita justru sibuk ngerjain tugas kita dan akhirnya lupa sama Tuhan yang bisa kasi kita bantuan..
dan justru dengan gitu, kita makin bertanya2, "Tuhan dimana?"

humm..
sebenernya Daud juga pernah nanyain pertanyaan ini ke Tuhan..
dan dia tulis itu di Mazmurnya..
"Ke mana aku dapat pergi menjauhi roh-Mu, ke mana aku dapat lari dari hadapan-Mu?" [Mazmur 139:7]

dan di pasal 139 itu, dari ayat 1-24, Daud juga nulis gimana dia ga bakal bisa lari dari Tuhan..
mau sekeras apa dia coba buat lari dari Tuhan, mau kemanapun dia pergi, dia tetep ga bisa jauh dari Tuhan..
atau, Tuhan selalu ada deket dia, disampingnya, bersamanya..
"Jika aku mendaki ke langit, Engkau di sana; jika aku menaruh tempat tidurku di dunia orang mati, di situpun Engkau. Jika aku terbang dengan sayap fajar, dan membuat kediaman di ujung laut, juga di sana tangan-Mu akan menuntun aku, dan tangan kanan-Mu memegang aku." [Mazmur 139:8-10]

so, jawaban gw buat pertanyaan "Tuhan dimana sih?" adalah, "Tuhan disitu2 aja kok dari dulu.."

kenapa kita jadi ngerasa Tuhan ga ada padahal sebenernya Tuhan selalu ada?
jawabannya bukan karena kita jauh dari Tuhan, karena sebenernya kita ga pernah jauh dari Dia..
jawabannya adalah karena mata kita ketutupan dan kita ga ngeliat Dia..
jawabannya karena kita yang bilang "Dia jauh", dan akhirnya kita yang bikin batesan antara kita dengan Dia..

maksudnya??

gini..

gw sendiri, pernah atau malah sering ngerasa kering.. ngerasa jauh banget dari Tuhan..
padahal, kenyataannya, Tuhan selalu ada kok di samping gw..
biasanya gw ngerasain itu kalo gw udah mulai nyuekin Dia..
kalo gw udah mulai lebih fokus ke kerjaan2 dan urusan2 gw sendiri daripada ke Dia..
kalo gw udah mulai males buat 'ngajak Dia ngobrol'..
barulah gw ngerasa kalo Dia jauh..

jadi, sebenernya, gw sendiri yang bikin gw ngerasa jauh dari Tuhan.. dan bukannya Dia yang ngejauh dari gw..

nah, kesalahan yang sering kita lakukan, termasuk gw, adalah, kalo gw udah mulai ngerasa jauh dari Tuhan, gw bukannya ngedeket lagi..
gw malah jadi lebih fokus ke kerjaan gw.. ngerasa sok hebat, ngerasa gw bisa nyelesaiin masalah2 gw sendirian, tanpa bantuan Tuhan..
padahal, gw sebenernya lebih butuh Dia..

harusnya, justru setiap kali gw ngerasa kering, ngerasa "kok kayanya Tuhan jauh yah?", gw harus langsung balik lagi..
harus secepatnya 'telepon' Dia lagi, trus bilang "I miss You.."

eh, jadi keinget sama kata2nya pendeta gw.. gw lupa persisnya gimana, tapi intinya kira2 gini, "Tuhan justru lebih seneng kalo kita berdoa dan menyembah Dia disaat kita lagi ga pengen doa dan menyembah Dia.."

dan sekarang, gw ngerasa itu bener..
saat gw bener2 lagi ga ngerasa pengen berdoa dan nyembah Dia tapi gw tetep berdoa dan nyembah Dia, gw bener2 bisa ngerasain kasih-Nya..
gw bener2 bisa ngerasain kalo Dia tuh sebenernya deket banget sama gw dan Dia sayang banget sama gw..

so guys, kali ini gw cuma mo bagiin ini aja..
Dia ga pernah jauh dari kita.. Dia ga pernah ninggalin kita..
Dia selalu ada buat kita.. no matter what..
kitanya aja yang ga sadar, kitanya aja yang ga bisa liat kalo Dia selalu ada buat kita..

so, saat kita ngerasa Dia jauh, itulah saatnya kita buka mata kita dan sadari kalo sebenernya Dia selalu sama2 kita..

stay blessed..
let all the glory be unto Him.. =)

Monday, 2 November 2009

Siapa aja yang boleh masuk?


barusan gw nonton pelem korea..
pelem geje banget..
ngakak dari awal sampe akhir..
worth buat ditonton 2 jam dan lagi capek2nya..
judulnya, "My Girlfriend Is An Agent"..

hari ini, di gereja gw khotbahnya tentang persahabatan..
tentang gimana kita bisa menjalin persahabatan..
dan tentang apa pentingnya bersahabat itu buat kita..

beberapa hari yang lalu, gw ke kamar temen gw..
maen2 doang, sambil dengerin khotbah bareng2..
khotbah tentang relationship, oleh Pst. Jeffrey Rahmat..

dan sekarang, gw mo bagiin satu hal yang berhubungan dengan 3 kejadian yang gw alami selama seminggu ini..
3 kejadian yang berbeda, tapi secara luar biasa kebetulan bisa berhubungan..
sesuai dengan judul, gw bakal ngomong tentang "Siapa aja yang boleh masuk?"

di pelem korea itu ditunjukin gimana kalo 2 orang agent, yang ga saling tau kalo pasangannya agent, berpacaran..
lucu banget deh pokoknya..

nah, abis nonton tu pelem, gw jadi mikir..
kenapa perlu ada agent?
dan kenapa harus bayar mahal2 buat nyewa agent?

diliat dari tugasnya, agent itu bertugas buat cari informasi sebanyak2nya dari orang lain..
buat ngawasin orang lain..
dengan berbagai macam cara..
entah cara halus atau kasar..
entah diem2 atau terang2an..
dan agent yang paling berhasil adalah agent yang bisa berada sedekat mungkin dengan target..
buat bisa dapet semua informasi yang diinginkan..
agent itu harus bisa masuk ke semua bagian hidup si target..
kalo perlu, si agent bisa jadi bagian hidup si target sendiri..

daaannn..

ini yang gw dapet..

apa persamaannya agent sama sahabat?
dan apa bedanya agent sama sahabat?

persamaannya adalah mereka sama2 bisa deket sama kita..
bahkan jadi orang yang amat sangat dekat dengan kita..
sampe jadi orang yang tau segala sesuatu tentang kita..
mereka punya kemampuan, kelebihan dan kapasitas itu..

dan itu bukan karena mereka hebat, tapi karena kita yang mengijinkan..
kita yang mengijinkan mereka buat bisa jadi orang yang dekat dengan kita..
kita yang membuka pintu kesempatan itu..

sedangkan bedanya adalah, sahabat adalah agent yang gagal dan agent adalah sahabat yang gagal..
seorang sahabat rela melakukan apapun termasuk dirinya buat melindungi sahabatnya..
sedangkan seorang agent rela melakukan apapun untuk melindungi dirinya, termasuk membunuh target itu sendiri..

yang mo gw garis bawahi disini adalah, mereka berdua itu bisa dekat dengan kita karena kita yang ngijinin..
sekali lagi, karena kita yang buka pintu kesempatan buat mereka jadi dekat dengan kita..
KITA YANG NGIJININ MEREKA BUAT MASUK KE HATI DAN KEHIDUPAN KITA..

humm..
sebelum lanjut, gw mo curhat dikit deh..
akhir2 ini gw ngeliat trend yang mungkin agak aneh kalo taonnya bukan taon 2009, tapi taon 1999..
trend gimana?
trend bahwa orang2 sudah bisa lebih mesra dari orang2 yang pacaran.. padahal mereka belom punya status apa2..
ngakunya temen, tapi tingkah sudah lebih dari temen..

well, terserah lo orang mo bilang gw apa.. mo bilang gw mupeng kek, atau despo kek, atau kampungan kek, terserah..
tapi, buat gw, itu amat sangat mengganggu..
gw juga pernah ada di state itu.. kondisi dimana gw deket sama cewe lebih dari batesan..

bahkan lebih dari apa yang pernah gw lakuin sama mantan gw waktu dulu gw pacaran..
dan gw baru tau sekarang, kalo itu semua keliatan menganggu.. atau ekstrimnya, menjijikkan..

okeh, cukup curhatnya..
sekarang balik ke topik..

gini, ada yang pernah bilang ke gw, "orang yang paling berpeluang untuk menyakitimu adalah orang yang paling dekat denganmu.."
dan itulah tugas seorang agent..
dan bukan tugas seorang sahabat; sahabat sejati..

so, kebanyakan penyakit hati yang kita alami biasanya karena orang2 yang dekat dengan kita..
kita ga mungkin bisa sakit hati sama orang yang ga kenal sama kita, atau kita ga kenal..
kita juga ga mungkin sakit hati sama benda mati..
tapi, kita dengan gampangnya sakit hati karena orang yang dekat dengan kita..

jadi, kalo emang kita ga mau disakiti, pinter2lah pilih orang yang boleh deket ama kita..
jangan pilih agent, tapi pilih seorang sahabat..
pinter2lah pilih2 orang yang boleh masuk ke hati dan kehidupan kita..
SIAPA AJA YANG BOLEH MASUK?

dan tentang curhatan gw tadi, tentang trend yang lagi jaman sekarang, gw cuma mo ngingetin, orang2 yang sudah deket kaya gitulah yang bener2 paling berpeluang buat nyakitin hati kita..
orang2 itulah yang paling ngerti gimana caranya nyakitin hati kita..
dan kalo emang ga mau disakiti, jangan ambil resiko..
berhubungan yang sehat2 aja..

kalo emang ga ada apa2, jangan bikin apa2 yang aneh2..
dan kalo emang mau buat jadi apa2, jangan bikin apa2 yang aneh2 selama belom jadi apa2 itu..

humm..
sekarang gw malah jadi inget ama salah satu postingan gw dulu..
tentang teori pintu..
dan ada hubungannya dengan postingan gw kali ini..

SIAPA AJA YANG BOLEH MASUK?
siapa aja yang boleh masuk ke dalam kamarmu sama aja sama siapa aja yang boleh masuk ke dalam hati dan kehidupanmu..
kamar tidur kita adalah ruang pribadi kita..
dan sama halnya ama hati dan kehidupan kita, tempat itu cuma boleh dimasuki oleh orang2 yang spesial doang..
yang bener2 dah kita kasi ijin masuk..

agak aneh juga kalo selama ini gw ngeliat ada cowo dengan seenaknya masuk ke kamar cewe tanpa dipersilahkan..
dan aneh juga kalo ada cewe masuk ke kamar cowo tanpa dipersilahkan..
dannn..
kalopun dipersilahkan, tetep aja gw ngerasa aneh..

jujur, gw sendiri agak ga nyaman kalo masuk ke kamar cewek..
gw takut ngeliat hal2 yang ga seharusnya gw liat..
dan kalopun gw terpaksa masuk ke kamar cewe, gw pasti buka pintu lebar2..
daripada terjadi sesuatu yang mungkin gw inginkan atau ga inginkan..
karena menurut gw ga semua orang boleh masuk ke dalam kamar tidur seseorang..

duh, kok malah jadi ngaco yah?
tapi intinya ya gitu lah..
hubungan yang sehat bakal bawa berkat buat 2 orang yang berhubungan, juga buat lingkungannya..
tapiii.. hubungan yang ga sehat cuma bakal jadi batu sandungan yang ngerugiin satu atau lebih pihak yang terlibat..

that's all deh buat hari ini..
hahaha

stay blessed.. =)

*cobyyangmalahjadikangensamagatauapaan* =P

Friday, 30 October 2009

seandainya.....


seandainya dulu kita ga deket.. mungkin aku ga bisa nulis ini sekarang..

seandainya dulu kamu ga sms aneh2 ke aku, atau aku ga bales sms kamu itu, mungkin keadaannya bakal beda sekarang..

seandainya dulu kamu ga mau waktu aku ajak dinner bareng, atau aku ga pernah ajak kamu dinner bareng, mungkin keadaannya bakal beda sekarang..

seandainya dulu kamu ga pernah ajak aku dinner bareng, atau aku ga mau kamu ajak dinner bareng, mungkin keadaannya bakal beda sekarang..

seandainya dulu kamu ga mau waktu aku temenin cari kado, atau aku ga nawarin buat nemenin kamu, mungkin keadaannya bakal beda sekarang..

seandainya dulu kamu ga bilang "sayang", waktu aku tanya "emang kamu ga sayang sama aku?", atau aku ga nanya pertanyaan itu, mungkin keadaannya bakal beda sekarang..

seandainya dulu kamu ga bilang "aku anterin ya", atau aku ga mau kamu anterin, mungkin keadaannya bakal beda sekarang..

seandainya semua yang udah terjadi itu ga pernah terjadi, mungkin sekarang aku ga bakal bisa bilang "Thank God, I know you.."

=)

Thursday, 29 October 2009

LOVE is patient, LOVE is kind, etc.


sedikit update..

untuk kesekian kalinya gw baca 1 korintus 13, tentang kasih..
dan kali ini gw dapet satu hal yang bener2 baru buat gw..
so, daripada nganggur di otak gw doang, mending gw bagi2 dsini..
sapa tau ini juga baru buat kalian.. hehe..

di perikop ini, dijelasin macem2 hal tentang kasih..
contohnya di ayat 4: "Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong."
dan di ayat2 lain juga banyak hal2 lain tentang kasih..

nah, selama ini yang gw dapet dari ayat ini adalah, gw harus melakukan hal2 itu dulu baru gw punya kasih..
gw harus berusaha sekuat tenaga gw buat bisa sabar, murah hati, tidak cemburu, tidak memegahkan diri, tidak sombong, dll; baru gw bisa punya kasih..

tapiii...

kemaren gw ditegor cukup keras sama Tuhan..
Dia bilang, "No! Bukan gitu maksudnya Cob!"
trus, gw tanya, "Apa dong, Tuhan?"
Dia jawab, "Kebalik! Kalo kamu sudah punya kasih itu, kamu pasti sabar, pasti murah hati, tidak cemburu, tidak memegahkan diri, tidak sombong, dll.. Itu akan datang dengan sendirinya.. OTOMATIS.."
Dia lanjutin lagi, "Sekuat apapun kamu coba, kamu ga bakal bisa punya kasih, kalo kamu pake kekuatan sendiri.. cuma Aku yang bisa kasih.. minta, maka Aku akan beri.."

dan gw bener2 cengok doang..
dalam hati gw cuma ada satu kata, "WOW"..
berarti selama ini gw salah, selama ini gw cuma buang2 tenaga..

gw coba sekuat tenaga buat bisa memenuhi semua karakter kasih itu tadi.. dengan kekuatan gw sendiri..
padahal, kalo gw mau dengan rendah hati minta sama Papi, dan bener2 mau mengasihi orang lain, karakter2 kasih itu bakal nongol dengan sendirinya.. bakal otomatis ada..

okeh deh..
segitu dulu aja share hari ini..
kalo ada lagi, ntar gw bagi2 lagi..
stay blessed guys.. =)

Wednesday, 28 October 2009

Sumpah Pemuda, Sumpah Kita?


Pertama, kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kedua, kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Ketiga, kami putra dan putri Indonesia, menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

kata mereka, kita tumpah darah yang satu..
kata mereka, kita bangsa yang satu..
kata mereka, kita berbahasa satu..

dan kita cuma ngikut, manut, nurut..

kita bilang, kita cinta Indonesia..
kita bilang, kita bangga jadi anak Indonesia..
kita bilang, INDONESIA RAYA..

dan kita ga mikir, bahkan ngomong sambil nyengir..

sumpah pemuda tanggal 28 oktober '28 cuma jadi pelajaran sejarah..
kenangan kalo dulu pemuda Indonesia punya satu tujuan dan searah..
sekarang sih emang ga sampe ngaco parah..
cuma mungkin kadang bikin marah..

mereka yang menjunjung tinggi persatuan malah sering memecah belah persahabatan..
mereka yang bilang merdeka malah sering mengekang kita bagai kuda..
yah, emang ga sampe segitunya..
tapi kurang lebih sama lah..

pemuda bangsa ini semakin pintar, tapi tidak semakin bijak..
mungkin emang ada yang bijak, tapi tetep males kalo diajak..
buat ngebangun bangsa ini..
supaya bisa berdiri sendiri..

macem-macem alesan kita..
terlalu sibuk lah..
ga ada harapan lah..
atau emang udah ga cinta..

bukannya gw udah ga peduli sama Indonesia..
bukan juga karena gw udah keenakan lama-lama di luar..
tapi emang sudah ada banyak cara..
buat kita semua berkontribusi ke bangsa..

bangsa kita tunggu kita..
negara kita butuh kita..
jangan cuma teriak-teriak..
AKU CINTA INDONESIA..

Monday, 26 October 2009

CHANGE


perubahan itu ada 2 jenis..
ke arah yang lebih baik atau ke arah yang lebih buruk..

22nya butuh usaha..
bedanya, berubah ke arah yang lebih buruk, butuh usaha lebih sedikit daripada berubah ke arah yang lebih baik..

arah mana yang lebih buruk, semua orang sudah tau.. gw ga perlu kasi tau lagi..
tapi, arah mana yang lebih baik, belum tentu semua orang tau.. makanya sekarang, gw mo kasi tau apa yang barusan gw dapet..

kali ini gw ga bahas panjang2 pendapat2 gw, atau pandangan2 gw, atau pengalaman2 gw..
gw cuma mo bagi satu perikop dari alkitab..
terserah, mo dibaca atau nggak..
yang jelas, perikop ini ngasih tau gw banyak hal tentang arah yang lebih baik itu..
so, kalo mo berubah jadi lebih baik, baca aja yang di bawah ini..

Persembahan Yang Benar
Rom 12:1 Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.
Rom 12:2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.
Rom 12:3 Berdasarkan kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku, aku berkata kepada setiap orang di antara kamu: Janganlah kamu memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut kamu pikirkan, tetapi hendaklah kamu berpikir begitu rupa, sehingga kamu menguasai diri menurut ukuran iman, yang dikaruniakan Allah kepada kamu masing-masing.
Rom 12:4 Sebab sama seperti pada satu tubuh kita mempunyai banyak anggota, tetapi tidak semua anggota itu mempunyai tugas yang sama,
Rom 12:5 demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain.
Rom 12:6 Demikianlah kita mempunyai karunia yang berlain-lainan menurut kasih karunia yang dianugerahkan kepada kita: Jika karunia itu adalah untuk bernubuat baiklah kita melakukannya sesuai dengan iman kita.
Rom 12:7 Jika karunia untuk melayani, baiklah kita melayani; jika karunia untuk mengajar, baiklah kita mengajar;
Rom 12:8 jika karunia untuk menasihati, baiklah kita menasihati. Siapa yang membagi-bagikan sesuatu, hendaklah ia melakukannya dengan hati yang ikhlas; siapa yang memberi pimpinan, hendaklah ia melakukannya dengan rajin; siapa yang menunjukkan kemurahan, hendaklah ia melakukannya dengan sukacita.
Rom 12:9 Hendaklah kasih itu jangan pura-pura! Jauhilah yang jahat dan lakukanlah yang baik.
Nasihat Untuk Hidup Dalam Kasih
Rom 12:10 Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat.
Rom 12:11 Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan.
Rom 12:12 Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa!
Rom 12:13 Bantulah dalam kekurangan orang-orang kudus dan usahakanlah dirimu untuk selalu memberikan tumpangan!
Rom 12:14 Berkatilah siapa yang menganiaya kamu, berkatilah dan jangan mengutuk!
Rom 12:15 Bersukacitalah dengan orang yang bersukacita, dan menangislah dengan orang yang menangis!
Rom 12:16 Hendaklah kamu sehati sepikir dalam hidupmu bersama; janganlah kamu memikirkan perkara-perkara yang tinggi, tetapi arahkanlah dirimu kepada perkara-perkara yang sederhana. Janganlah menganggap dirimu pandai!
Rom 12:17 Janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan; lakukanlah apa yang baik bagi semua orang!
Rom 12:18 Sedapat-dapatnya, kalau hal itu bergantung padamu, hiduplah dalam perdamaian dengan semua orang!
Rom 12:19 Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah kamu sendiri menuntut pembalasan, tetapi berilah tempat kepada murka Allah, sebab ada tertulis: Pembalasan itu adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan, firman Tuhan.
Rom 12:20 Tetapi, jika seterumu lapar, berilah dia makan; jika ia haus, berilah dia minum! Dengan berbuat demikian kamu menumpukkan bara api di atas kepalanya.
Rom 12:21 Janganlah kamu kalah terhadap kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan!

Thursday, 22 October 2009

What does "be yourself" mean?


update kali ini cuma mo curhat dikit sih.. hehe

selama ini gw amat sangat peduli sama apa yang orang liat, pikir dan dengar tentang gw..
gw jadi punya beban berat buat berusaha untuk bisa diterima oleh semua orang, yang ga seharusnya jadi beban buat gw..

rabu kemaren gw ada kelas tentang acting and representation..
tapi kelas ini lebih ngajarin gw tentang filosofi daripada tentang acting sendiri..
dan kemaren ini, di kelas itu kita dikasi nonton film ZELIG..

film tentang seorang yang dari kecil dibully sama orang2 disekitarnya..
sampe akhirnya dia mutusin buat selalu menyesuaikan dirinya seperti orang2 disekitarnya..
supaya dia diterima, supaya dia ga dibilang beda.. dia takut berbeda dan dikucilkan sama orang lain..
akhirnya, dia menderita penyakit akut.. dimana secara langsung, otomatis, mau ga mau, badan dan mentalnya bakal menyesuaikan dirinya dengan lingkungannya..

nah..
dari situ gw keinget bahwa ternyata kebanyakan orang juga kaya gitu..
termasuk gw sendiri..
termasuk mungkin lo yang baca..
kita sering maksa diri kita buat jadi sama ama orang lain disekitar kita, cuma supaya kita diterima oleh mereka..
cuma supaya kita ga dibilang BEDA..

pikiran itu terus muter2 di otak gw sampe sekarang, waktu gw nulis blog ini..
dan sore ini tadi, gw ga sadar nulis kalimat ini di pm MSN gw, "some say I'm bad, some say I'm good.. well, it doesn't change anything.."
dan gw keinget lagi..

itu hak mereka buat nilai gw baek atau buruk..
itu hak mereka buat suka atau benci sama gw..
itu hak mereka buat milih temenan apa musuhan sama gw..
dan adalah hak gw buat berubah atau nggak..


kalopun gw berubah, gw berubah bukan karena pandangan orang lain sama gw..
tapi harusnya berubah karena emang gw mau berubah..
dan kalo emang gw ga mau berubah, mo gimana pun orang ngeliat gw atau ngomong tentang gw, gw ga bakalan berubah..


ga tau apa ini namanya egois atau apa..
yang jelas, menurut gw, orang tuh harus bisa jadi dirinya sendiri..
harus tau siapa dia..
karena orang yang ga tau siapa dirinya adalah orang yang paling kasian di dunia..

"some say I'm bad, some say I'm good.. well, it doesn't change anything.."

stay blessed.. =)

Saturday, 17 October 2009

indah pada waktunya



GW BOSEN KULIAH!
GW BOSEN JOMBLO!
GW BOSENNN!!!
AAARRRGHH!!!

pernah denger kalimat itu?
pernah ngomong kalimat itu?

kalo pernah, tulisan gw kali ini buat lo! hahahaha

okeh..

barusan ngobrol2 sama ferry, pas balik dari clarke quay, lagi nunggu bus..
dan dari obrolan kita tadi, si ferry bener2 udah ngingetin gw tentang sesuatu..
tentang Pengkhotbah 3..
khususnya di perikop pertama, Pengkhotbah 3:1-14..

disitu judul perikopnya adalah "Untuk segala sesuatu ada waktunya".
gw demen banget ama perikop ini..
apalagi ayat 11, "Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir."

naahh..

walopun gw segitu demennya sama ayat ini, gw bener2 baru ngeh tentang apa arti lain dari ayat ini..
dan mungkin kalian yang baca juga sama kaya gw, baru dapet arti lainnya setelah baca postingan gw kali ini.. hehe..

sebelom obrolan gw sama si ferry tadi, yang ada diotak gw selama ini, tiap kali gw baca ayat itu, gw mikirnya ayat itu adalah tentang pengharapan..
maksudnya, kalo gw lagi nungguin sesuatu yang belom gw dapet, gw bisa berharap sama ayat itu.. bahwa apa yang gw harapin itu bakal dateng di saat yang tepat..

tapiii...

ternyata tadi gw dapet sesuatu yang baru dari ayat ini..
sesuatu yang lebih dari yang sudah gw tau sebelumnya..
well, at least baru buat gw.. haha

ternyata ayat itu adalah buat kita2 yang ga puas sama keadaan kita sekarang..
yang mungkin ngerasa,
kok idup gw gini sih? atau kok sekarang gw masi gini2 aja sih?
dan ternyata ayat itu juga ngajarin kita buat bisa lebih menghargai waktu yang kita punya sekarang..
bahwa apa yang kita punya sekarang, itu bukan cuma sesuatu yang biasa, yang bisa dilewatin gitu aja..


hue? what the maksud?!

ayat itu bilang, Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya..
dan sekarang adalah waktunya.. waktunya adalah sekarang..
berarti, segala sesuatu yang ada sekarang adalah indah.. betul?!
berarti, kondisi apapun yang kamu alami sekarang, itu adalah hal yang paling indah yang bisa terjadi sekarang.. betul?!


di ayat2 sebelumnya juga ditulis tuh.. untuk segala sesuatu ada waktunya..
bener2 segala sesuatu..
ada waktu buat lahir, meninggal, menanam, mencabut yang ditanam, membunuh, menyembuhkan, merombak, membangun, dll..
dan di ayat 11 ditegasin,
Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya..
berarti, kalo waktunya untuk lahir, lahir itu adalah sesuatu yang indah..
berarti, kalo waktunya untuk meninggal, meninggal itu adalah sesuatu yang indah..
dan seterusnya..

untuk apapun yang terjadi, kalo emang sudah waktunya, itulah yang terindah..


sebelumnya gw juga bingung, kenapa gw masih aja jomblo sedangkan banyak temen2 gw yang laen sudah berpasang2an..
karena gw jelek? karena gw item? mungkin iya.. tapi mungkin juga nggak..
mungkin karena emang belum waktunya gw pacaran..
dan sekarang adalah waktunya yang indah buat gw jadi single..
singlenya gw ini adalah hal yang paling indah yang bisa terjadi untuk saat ini..
so, gw harus bisa menikmati dan bener2 menjalani waktu2 sekarang ini dengan indah..
karena sapa tau ntar kalo gw dah punya pacar, ada beberapa hal yang ga bisa gw lakukan kaya waktu gw masi single gini..

well, gw bukannya mo curcol (*curhat colongan) disini..
tapi gw mo ngajak kalian semua yang baca buat mikir yang sama..
apalagi buat kalian yang sekarang masi ngerasa ga puas sama keadaan kalian sekarang..
percaya deh.. apapun keadaan kalian sekarang, itu udah yang terbaik yang bisa terjadi..
dan sekarang tugas kita adalah bersyukur, menikmati keadaan kita sekarang, dan menjalaninya dengan sukacita..


so guys, be glad and be grateful for who you are now because He has made everything beautiful in its time..

stay blessed.. =)



Friday, 16 October 2009

LOVE = KASIH


"nonton dimana lo tadi?"
"orcet"
"nonton pa'an?"
"duh, lupa.. haha"
"lah, bisa lupa?!"
"iya lah.. ga penting nonton apaan, yang penting nonton ama siapa.. hehe"
"beehh..!!"

pernah denger percakapan gitu?
kalo belom, yah kali ini gw kasih tau, kalo di dunia ini, percakapan2 gitu mungkin terjadi.. hahaha

hari ini, untuk kesekian kalinya gw baca2 amsal 15, tapi kali ini ada satu ayat yang bener2 nempel di otak gw seharian sampe malem2 gini..

Lebih baik sepiring sayur dengan kasih dari pada lembu tambun dengan kebencian. [Amsal 15:17]

menurut gw, penulis amsal ini termasuk orang yang tipe2 kaya gw..
tipe orang yang demen banget makan daging hewan berkaki empat.. dan ga gitu suka sama sayur..
kok gw bisa ngomong gitu?
disitu dia tulis lebih baik sepiring sayur dengan kasih dari pada lembu tambun dengan kebencian..
dan menurut gw, dia nulis itu buat ngasih tau betapa pentingnya kasih itu.. bahkan sayur yang mungkin dia ga suka aja bisa lebih baek kalo ada kasih, daripada lembu tambun yang mungkin dia demen banget tapi tanpa kasih dan malah dengan kebencian..

so, sharing gw kali ini bener2 buat kalian yang suka makan daging.. hahaha
dan buat yang sukanya makan sayur, jangan takut.. kabar ini buat kalian juga, karena dengan kasih, sayur yang kalian suka bisa jadi lebih enak lagi.. =)

dari ayat itu gw belajar kalo ternyata kasih itu bisa ngubah yang ga enak jadi enak, yang biasa jadi luar biasa..
dengan kasih, hal kecil bisa berarti besar.. hal yang mungkin kita anggep cuma hal yang sudah biasa kita lakukan, bisa jadi spesial kalo ada kasih..


dan sebaliknya, tanpa kasih, semuanya jadi sia2..
apalagi kalo yang ada malah kebencian.. hal paling enak sedunia pun bakal jadi hal yang paling menjijikkan..

rasul paulus juga nulis di suratnya buat jemaat korintus, "Sekalipun aku mempunyai karunia untuk bernubuat dan aku mengetahui segala rahasia dan memiliki seluruh pengetahuan; dan sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan gunung, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna." [1 Korintus 13:2]

disitu dia bilang, sekalipun dia tau semuanya, dan bisa semuanya, tanpa kasih, dia sama sekali ga berguna..
dan buat gw, itu berarti kasih itu di atas segalanya..

bahkan Tuhan sendiri dah rela turun ke dunia dan mati di salib cuma karena kasihnya sama manusia..
"Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal." [Yohanes 3:16]

so, apa lagi yang bisa bikin Tuhan sampe segitunya, sampe rela turun ke dunia trus disalibkan, kalo bukan kasih?
God is love.. and He loves us too much.. He loves me, He loves you.. that's why, He died on the cross.. just for us.. to save us.. because He loves us..

nah, kasih yang gimana yang bisa bikin sayur jadi lebih enak dari lembu tambun?
kasih yang ada di 1 Korintus 13:1-13..
tapi kali ini gw ga bakal bahas semua ayatnya..
gw cuma mo ngequote beberapa ayat dari perikop itu..

"Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu." [1 Korintus 13:4-7]

kasih yang begitu yang bisa bikin sayur jadi kerasa lebih enak dari daging lembu tambun..
pendeknya, kasih yang ikhlas.. kasih yang tulus..
karena kalo kita mengasihi dengan ikhlas, tulus, semuanya bakal jadi indah..

no!
gw bukannya lagi kasmaran, makanya gw nulis ini..
so, jangan sampe abis baca blog gw ini, lo tanya gw sekarang lagi pdkt ama siapa.. karena itu emang ga ada hubungannya ama blog ini.. =P

balik lagi ke percakapan yang udah gw tulis di atas..
nonton bioskop jadi spesial kalo temen yang kita ajak nonton itu adalah temen yang kita kasihi..
makan di kantin juga gitu..
ga peduli makanannya enak atau nggak, kalo kita makannya sama orang yang kita kasihi, makanan itu jadi kerasa enak..
betul apa bener?!

so, kalo kita udah tau bahwa kasih itu segitu ajaibnya, bahwa karena kasih hal2 biasa bisa jadi luar biasa dan yang ga enak bisa jadi enak, alangkah indahnya kalo kita semua ini bisa saling mengasihi..
yang pasti mengasihinya adalah dengan kasih yang tulus dan ikhlas itu tadi..
bukan kasih dengan embel2..
bukan juga kasih dengan bumbu2..

dan kalo emang semua orang bisa saling mengasihi dengan tulus ikhlas, ga bakal ada lagi yang namanya kesedihan..
ga bakal ada lagi air mata..
karena kasih dimana2..

kalo ada yang ngomong, "kasih yang tulus? ikhlas? emang ada?"
gw berani bilang, "ADA!"
tapi susah..

orang tua kita tau persis gimana bentuk kasih yang tulus dan ikhlas itu..
dan buat kita sendiri, buat bisa ngerti gimana caranya mengasihi dengan tulus dan ikhlas, itu butuh waktu.. ga bisa instant..
butuh proses yang mungkin amat sangat menyakitkan.. ga bisa seenaknya aja..
karena kalo gampang, ga bakal ada perceraian, ga bakal ada yang namanya kekecewaan..


humm..

terakhir, sebelom kalian yang baca lari dari page ini, gw mo ngajak kalian semua buat sama2 belajar gimana caranya mengasihi dengan tulus dan ikhlas..
karena Tuhan sudah lebih dahulu mengasihi kita..

stay blessed.. =)