Saturday 16 January 2010

cemburu? GA PANTES!!


tau cerita tentang anak bungsu yang pergi dari rumah?
yep, itu ada di alkitab..
buka di Lukas 15:11-32..
judul perikopnya adalah Perumpamaan tentang anak yang hilang..

gw ga bakal cerita panjang lebar dari perikop itu..
gw yakin lo orang yang baca udah tau kurang lebih gimana ceritanya..
dan buat yang bener2 belom tau, gw ceritain singkatnya..

ceritanya tentang seorang anak bungsu yang kabur dari rumah, bawa harta kekayaan bokapnya..
well, itu sebenernya harta bagian dia setelah bokapnya mati.. tapi, sebelom bokapnya mati, dia udah minta harta itu, dan bawa kabur ke negeri asing..
nah, di negeri asing itu, dia ngabisin semua hartanya itu.. sampe2 dia harus kerja jadi tukang kasi makan babi disana..
nah, selagi dia kerja jadi tukang kasi makan babi itu, dia kepikiran kalo dia masih punya keluarga dan dia bisa balik lagi ke rumah bapaknya..
dia mikir, seenggaknya dia bisa kerja buat bapaknya sendiri dan diperlakukan dengan lebih layak, ketimbang dia jadi tukang kasi makan babi di negeri orang..
nah, akhirnya dia balik ke rumahnya dengan tujuan mo minta maaf sama mo minta kerjaan ke bokapnya..
ternyata, si bokapnya bukan cuma ngejadiin dia pekerja di rumahnya..
si bokap ternyata malah kasih pesta besar2an karena anak bungsunya sudah balik lagi ke rumahnya..

truusss...
disini dia bagian yang pengen gw bahas..

si anak sulung, kakaknya si bungsu, ngeliat kejadian itu, dia langsung marah.. kesel..
seumur2 dia tinggal serumah sama bokapnya, dia ga pernah dikasi pesta gede2an gitu..
sedangkan si bungsu ini, dia baru aja balik dari satu tempat yang ga jelas dimana, ngabisin harta kekayaan bokapnya disana, dan akhirnya balik ke rumah, malah dikasih pesta gede2an..
dia marah..
dia cemburu..
dan itu salah..

okeh..
sekarang, gw mau highlight di tiga baris terakhir gw sebelom kata okeh..
dia marah.. dia cemburu.. dan itu salah..

sadar ga sadar, kita sering banget jadi kaya si sulung itu..
gw yah juga kaya gitu..
gw suka cemburu tanpa alesan..
well, kalopun beralesan, seringnya alesan gw itu ga pantes buat dijadiin alesan..

si sulung cemburu karena menurut dia bokapnya jauh lebih sayang sama adeknya daripada sama dia..
padahal nggak.. padahal kasih sayang bokapnya sama aja ke mereka berdua..
cuma aja, karena si bokap dah lama ga ketemu ama si bungsu, jadinya pas dia ngeliat si bungsu balik ke rumah, dia bener2 seneng..
dan si bokap jadi ngelampiasin rasa kangen dan sayangnya yang selama ini ga bisa dikasih ke si bungsu..
makanya dia sampe bikin pesta gede2an gitu..

gw demen banget jawaban si bokap waktu si sulung marah2 dan kesel gitu..
"Kata ayahnya kepadanya: Anakku, engkau selalu bersama-sama dengan aku, dan segala kepunyaanku adalah kepunyaanmu." [Lukas 15:31]

what I get from this adalah si sulung ga sadar kalo selama ini dia udah nerima lebih banyak dari yang dibawa pergi sama si bungsu..
bahkan pesta gede yang dibikin si bokap buat si bungsu pun masih kalah jauh dari apa yang si sulung dapet dari bokapnya selama ini..
"segala kepunyaanku adalah kepunyaanmu", itu kata si bokap..

man!
gw bener2 ditabok sama ayat ini..

yep.. gw emang lagi dalam keadaan yang ga enak sekarang..
gw lagi cemburu..
ga perlu tau alesannya apa, tapi yang jelas, ayat itu bener2 udah ngingetin gw..

gw ga pantes cemburu..
karena apa yang udah gw terima selama ini udah jauh lebih banyak dari apa yang orang lain terima..
cuma gwnya aja yang ga sadar.. gwnya aja yang udah terlalu biasa dengan apa yang gw punya..

haiz..
gini nih kalo perut kekenyangan, badan kecapekan dan ga ada kerjaan..

stay blessed guys.. =)


oh, by the way, anyway, ini dia postingan gw tentang jealousy yang dulu udah pernah gw tulis..
sapa tau pada mau baca.. wakakaka.. =)

No comments: