Wednesday, 31 August 2011

Monday, 29 August 2011

...

huff..
kalo dah gini, gue cuma bisa berdoa.. atau kalo emang gue salah berdoa, gue masih bakal tetep berharap..

ga tau deh entah apa yang ada di depan..
dan gue ga tau juga seberapa susahnya jalan di depan buat dilewatin..

humph..

kadang emang gue capek begini.. jujur, gue masih manusia..
tapi gue tau, justru saat gue capek, saat itulah gue harus semakin berusaha buat tetep semangat..
terus nyoba, tetap bertahan..

...

ga ada yang bilang ini mudah..
gue pun nggak..

ga ada yang yakin ini bakal indah ke depannya..
tapi gue tau, ini masih bisa berujung manis..

...

gue bukannya mau sok naif atau idealis..
gue cuma ga mau berhenti nyoba..
at least, gue ga bakal nyesel kalopun nantinya gue gagal.. karena gue tau, gue udah coba sebisa gue; sekuat gue..

haiz..

gini nih kalo otak lagi kaga lurus..

ga usah dibaca deh mendingan..

huff..

Thursday, 25 August 2011

think positive!


mama: "kalian itu jangan suka negatip kingking lah sama orang.."
adek: "apa ma? kingking?"
papa: "hahaha.. tingking maa.. bukan kingking.."
gue: "iya maaa.. tingking.. bukan kingking.. hahaha"
mama: "ya, apapun itu lah.."

...

dari kecil gue udah diajarin bokap nyokap gue buat selalu mikir yang positif dan sebisa mungkin ga mikir yang negatif..
positive thinking or kingking or whatever it is, itu jauh lebih baik daripada kita mikirin hal2 yang negatif yang sebenernya ga perlu kita pikirin..

takut dan curiga, itu 2 hal negatif yang selama ini kita ga sadar sering banget ngeganggu hidup kita..
sadar ga sadar, rasa takut dan rasa curiga itu sudah sering mengganggu kehidupan kita dan akhirnya membuat hidup kita stagnant dan ga bergerak kemana2..

well, bukannya gue bilang gue ga pernah takut atau kita ga boleh ngerasa takut..
cuma, ada baiknya kalo setiap ketakutan kita itu dilawan.. jangan malah dihindari, apalagi diturutin..
takut itu cuma berguna untuk ngingetin kita kalo kita masih manusia dan ada hal2 tertentu yang harus kita waspadai.. cukup, ga lebih dari situ..

sedangkan rasa curiga, itu sama sekali ga ada gunanya..
rasa curiga itu cuma nambah2in pikiran yang sebenernya ga ada, yang akhirnya malah ngebikin kita berprilaku negatif ke orang lain atau hal tertentu yang ngebikin kita curiga itu..
yep.. curiga itu berarti lo mikirin hal jelek yang belum tentu terjadi yang malah ngebuat lo bertindak seolah2 hal jelek itu udah terjadi..
ngerti maksud gue kan?


seringkali, 2 jenis pikiran negatif itu tadi ngebuat kita jadi ga bisa berbuat baik sama orang lain..
seringkali, cuma gara2 takut atau curiga, kita ngehalangin diri kita sendiri buat jadi berkat bagi orang lain yang ada di sekitar kita..
dan seringkali ketakutan dan kecurigaan itu yang jadi penghalang buat digenapinya rencana Tuhan dalam dan lewat hidup kita..


bokap gue pernah "ditipu" orang.. dan dari kejadian itu, gue jadi bener2 belajar tentang apa itu artinya memberi, positive thinking, dan menjadi berkat..

mama: "pa, ngapain waktu itu kamu kasih duitnya?"
papa: "ya karena waktu itu dia bilang dia butuh.."
mama: "emang kamu kenal dia?"
papa: "ya nggak.. tapi dia bilang dia kenal aku.."
mama: "terus, kemana orangnya sekarang?"
papa: "ga tau.. udah ilang kabar.."
mama: "tuh kan!?! kamu ditipu orang!! itu duit banyak pula! lain kali mikir dulu! jangan gampang kasih duit ke orang yang ga dikenal!"
papa: "yah, urusan dia nipu atau nggak kan urusan dia sama Tuhan.. urusan aku sama Tuhan cuma tentang aku mau ngebantu, aku mau kasih atau nggak.. udah.. kalo dia berdosa atau nggak, ya bukan urusan aku.."
mama: "huhh.."

well, waktu itu nyokap gue stress.. dia mikirin kalo dia udah ditipu orang, dia mikir kalo duitnya itu dipake buat hal yang macem2, dia mikir kalo bokap gue ditipu dan kehilangan duit sia-sia..
PADAHAL BELUM TENTU BEGITU..

sedangkan bokap gue santai2 aja.. dia bahkan ga ambil pusing sama duit itu lagi.. dia cuma mikir positif kalo dia sudah ngelakuin bagiannya, dia sudah nyoba buat ngebantu orang yang mungkin dia ga kenal..
DAN EMANG ITU KENYATAANNYA..

POSITIVE THINKING ENABLES US TO DO POSITIVE THINGS HAPPILY

gue sendiri masih sering takut atau curiga sebelum gue ngelakuin hal yang sudah jelas2 baik..
gue masih suka mikir, "gimana kalo ntar dia ga mau? gimana kalo ntar dia kesinggung? gimana kalo ntar gue dimanfaatin? gimana kalo ntar dia mikir yang lain? gimana kalo ntar begini? gimana kalo ntar begitu?"
dan pertanyaan 'gimana-kalo-ntar' itu ga ada habisnya kalo gue selalu mikirin yang negatif..
trus, ujung2nya, gue ga bakal jadi ngelakuin hal baik itu..

contoh simplenya aja, waktu gue mau beliin kado ulang tahun buat orang, gue malah mikir "gimana kalo ntar malah dibuang?"
padahal orang itu belum tentu ga suka sama kadonya itu..
yaaahh.. ujung2nya sih emang gue beliin.. tapi itu sudah melalui peperangan batin antara gue sama diri gue sendiri..
gue harus ngingetin dan ngeyakinin diri gue sendiri kalo apa yang udah gue kasih ke orang itu bukan lagi punya gue..
dan gue ga ada hak lagi buat mikir atau malah ngatur mau diapain barang itu sama si pemiliknya yang sekarang..
dan itu bukanlah hal yang mudah..

humm..

emang ga gampang buat bisa ngalahin rasa takut dan curiga itu.. karena emang kita sudah terlahir di dunia yang punya banyak alesan buat bikin kita berpikiran negatif tentang apapun itu..
tapi, bukan berarti kita ga bisa untuk tetap berpikiran positif dalam keadaan apapun..
karena, lagi2, kita punya kontrol 100% atas otak dan perasaan kita.. so, ga ada alesan buat kita ga bisa maksa diri kita sendiri buat berpikir positif..

for better future.. =)

Tuesday, 23 August 2011

Kita sedang dijajah.



masih dalam mood hari kemerdekaan, gue mau ngajak kita semua buat sedikit mikir..
dan postingan ini mungkin lebih pantes kalo gue tujuin ke temen2 gue yang sama2 ga ada di Indonesia..
yep.. postingan ini buat kita semua, para perantau yang masih cinta Indonesia..

humm..

here it goes..

entah ini cuma perasaan gue sendiri atau emang semua orang lain ngerasain hal yang sama, kalo gue baru bener2 ngerasa betapa pentingnya Indonesia, betapa berharganya Indonesia, dan betapa bangganya gue jadi orang Indonesia justru setelah gue keluar dari Indonesia itu sendiri..

mungkin emang bener kata orang, rumput tetangga selalu terlihat lebih hijau..
dan pada kenyataannya, saat kita berada di rumah tetangga itu, yang kita mau adalah pulang kembali ke rumah, dari mana kita berasal..
masalah rumputnya hijau atau tidak, rumah itu tetap rumah kita..

gue jadi lebih ngerasa bertanggung jawab atas bangsa gue justru setelah gue ga tinggal di tanah air gue..
well, bisa dibilang, gue jadi lebih cinta Indonesia setelah gue kehilangan Indonesia..
haha.. ternyata begini rasanya mencintai apa yang hilang.. =P
*kiddin'!* =P

but then, sampe beberapa hari yang lalu waktu gue ngobrol2 sama si onye, dia muncul dengan satu pertanyaan yang bikin gue mikir..
"kalo Indonesia dijajah lagi, mau ga lo pulang buat perang?"

so yah, pertanyaan itu sekarang gue ajuin ke lo semua yang lagi baca ini..
pikirin, jawab dalam hati..

gue sendiri, waktu ngedenger pertanyaan itu, gue langsung ragu..
"will I go back? will I fight for my country?"
saat gue bilang, "gue cinta Indonesia", apa gue bener2 cinta sama Indonesia?

ngomong emang jauh lebih gampang daripada ngelakuin apa yang kita omongin..
so, itu berarti, kita perlu bertanya ulang sama diri kita sendiri, apakah kita bener2 cinta Indonesia dan mau berperang untuk membela kesatuan negara kita itu kalo tiba2 kita dijajah lagi?
jangan cuma bisa ngomong tanpa ada kenyataannya..

huff..

ngomong2 tentang dijajah, sadar ga sadar sebenernya negara kita ini sedang dijajah..
Indonesia sekarang lagi dijajah sama oknum2 yang sebenarnya bukan secara langsung berasal dari negara lain, namun justru dari dalam diri Indonesia itu sendiri..
yep, kita dijajah sama hawa2 pemecah belah.. kita dijajah oleh niat2 jahat orang2 gila yang sudah ga memegang teguh Pancasila lagi..
kita dijajah sama setan egois yang hanya memikirkan kepentingan perut mereka sendiri..


dan sekarang saatnya kita jawab pertanyaan itu tadi..
maukah kita berperang melawan penjajah-penjajah itu?
apa kita malah ikut2an mereka untuk memecah belah dan menghapuskan Pancasila sebagai dasar negara kita?

friends, jangan dikira dengan kita memberontak, dengan kita ikut tawuran, dengan kita ikut demonstrasi sana sini, itu berarti kita berjuang untuk Indonesia..
no! itu salah besar..
kita malah memecah belah Indonesia..

kalo kita emang mau menjaga kesatuan Indonesia, kalo kita emang bener2 cinta Indonesia, justru kita harus mendukung pemerintah kita..
kita harus tetep bisa menjaga keharmonisan lingkungan dimana kita tinggal..
seenggaknya, dimulai dari diri kita sendiri, kita belajar buat menghargai orang2 lain yang tinggal di sekitar kita dengan segala perbedaan dan keragaman yang ada..

terlalu muluk kalo kita mengharapkan perubahan besar terjadi atas Indonesia kalo kita sendiri ga bisa menjaga kesatuan negara kita itu dari lingkup yang paling kecil yang kita hidupi..
terlalu munafik kalo kita berusaha untuk mengubah satu bangsa kalo diri kita sendiri masih menganggap perbedaan itu sebagai sesuatu yang menjadi penghalang persatuan..
dan terlalu bodoh kalau kita masih menganggap bahwa negara ini cuma menjadi tanggung jawab beberapa orang yang ada di atas sana..


kesatuan negara kita adalah tanggung jawab setiap kita..
peperangan yang saat ini terjadi bukan lagi peperangan melawan bedil dan peluru, melainkan peperangan mental yang sedang merusak pikiran jernih anak2 bangsa..
peperangan yang sebenarnya sekarang terjadi di dalam kehidupan kita bermasyarakat..


well, mungkin tulisan ini emang ga sebegitu menggugah seperti pidato pak Sukarno dulu..
bahkan yang ngebaca tulisan ini mungkin cuma segelintir orang yang ga seberapa kalo dibandingin sama ratusan juta penduduk Indonesia..
tapi gue yakin.. kalo kita yang tau tentang hal ini mau sama2 membawa perubahan dari lingkup terkecil dimana kita hidup dengan orang lain yang ada di sekitar kita, itu berarti kita sudah menjadi pahlawan2 tak dikenal yang terus berjuang demi persatuan dan kesatuan Indonesia..

cinta kita kepada Indonesia cuma bisa diliat dari cinta kita kepada orang2 Indonesia yang ada di sekitar kita..

demi jaya Indonesia! =)

Tuesday, 16 August 2011

ada yang lagi sakit.. tolong!!



sebelumnya, makasih sudah mampir ke blog ini, dan makasih sudah bersedia buat ngebaca postingan kali ini.. =)

baru beberapa detik gue keluar dari pintu kantor, gue langsung kepikiran tentang blog gue, "mau nulis apa gue malem ini?"
dan gue kepikiran mau nulis tentang Indonesia, negara gue, negara kita semua yang besok bakal berulang tahun yang ke-66..
dan waktu di jalan gitu, sambil gue mikir keras tentang apa yang bakal gue tulis buat hadiah ulang tahun Indonesia kali ini, gue malah diingetin tentang sesuatu yang lain..

Tuhan suruh gue berdoa buat Indonesia..

dan suara-Nya jelas kedengeran, Dia bilang, "Berdoa untuk negaramu!"

yep! judul blog ini emang ga nipu..
emang bener ada yang lagi sakit.. sakit parah..
walopun itu bukan gue, tapi kita semua kenal..
Indonesia yang lagi sakit parah..

di usianya yang sudah 66 tahun, Indonesia mungkin sudah mulai pikun.. sudah mulai lupa akan dasar2nya dia berdiri dulu..
Indonesia sudah mulai lupa tentang apa itu Patriotisme, Nasionalisme, Kesatuan, Pancasila, Undang-Undang Dasar, dan Bhinneka Tunggal Ika..
Indonesia mungkin sudah ga sekuat dulu lagi..

Indonesia juga sudah mulai pincang..
banyak bagian tubuhnya yang sudah mulai mau putus..
dan bukan ga mungkin, Indonesia akan menjadi negara cacat kalo kita ga berbuat sesuatu..

tapi itu bukan berarti Indonesia ga bisa pulih lagi..
bukan berarti Indonesia bakal bener2 jadi lupa total akan jati dirinya..
bukan berarti Indonesia akan terpecah2..
karena masih ada harapan buat Indonesia..

Kitalah harapan Indonesia.

so, buat kalian yang menurut gue bukan kebetulan ngebaca tulisan ini, gue mau ngajak kita semua buat berdoa untuk negara kita..
tolong sempatin beberapa menit aja setelah kalian ngebaca tulisan ini buat berdoa bagi bangsa kita..
karena doa bukanlah hal remeh.. malah doa adalah hal terbaik yang bisa kita lakukan untuk bangsa kita..

sudah bukan waktunya lagi kita ribut, marah, atau malah membenci bangsa kita..
bukan saatnya lagi kita komplen dan kecewa atas apa yang terjadi di bangsa kita..
sekarang waktunya kita bertobat.. sekarang saatnya kita mendoakan bangsa kita..
dan buat yang bingung atas point2 doa yang bisa didoain, gue kasih beberapa saran buat ngebantu kita berdoa supaya Indonesia bisa cepat dipulihkan..

1. Bersyukur karena kita dilahirkan di bangsa ini, untuk memjadi berkat dan untuk membawa kebaikan bagi Indonesia..

2. Berdoa untuk diri kita sendiri, minta kepada Tuhan hati yang mau mengasihani Indonesia, hati yang mau memberi untuk Indonesia.. berdoa juga supaya kita ga putus asa, ga gampang kecewa sama berita-berita dan kejadian2 yang mungkin ga enak yang sudah dan sedang terjadi di Indonesia..

3. Berdoa supaya kita diberi hati dan jiwa yang mau tunduk kepada setiap pemimpin kita supaya ga terjadi pemberontakan dimana2 dan supaya Tuhan bisa menyatakan kemuliaannya atas Indonesia..

4. Berdoa untuk para pemimpin kita, mulai dari yang tertinggi, MPR, Presiden, DPR, Para Menteri, dan pejabat2 pemerintahan yang lainnya supaya mereka bisa memimpin bangsa ini dengan kasih dan kebijaksanaan dari Tuhan.. berdoa supaya Tuhan mau menjamah hati mereka untuk lebih mengasihi rakyatnya..

5. Berdoa untuk melawan peperangan-peperangan yang terjadi di Indonesia.. berdoa untuk melawan perpecahan-perpecahan yang mulai timbul di setiap sudut bangsa.. berdoa agar Tuhan turut campur melalui pekerjaan2 tangannya untuk menyatukan kembali bangsa kesayangan-Nya ini dalam tangan-Nya..

6. Berdoa untuk temen2 seiman dimanapun berada, supaya justru di dalam masa2 sulit ini kita bisa semakin bersinar dan memberkati bangsa kita..

7. Minta ampun atas segala kesalahan yang sudah diperbuat bangsa kita.. bertobat dari segala dosa yang membuat kita jauh dari Tuhan..

friend, yang kita perlu cuma 7 menit dari waktu kita yang ada sekarang, untuk membawa kembali bangsa kita ke tangan Tuhan yang berkuasa penuh atas Indonesia..
kalo perlu ajak temen2 yang lain buat berdoa bersama dan saling mendoakan supaya Indonesia dijamah lagi dan dipulihkan sama Tuhan..

Sebab beginilah firman Tuhan ALLAH, Yang Mahakudus, Allah Israel: "Dengan bertobat dan tinggal diam kamu akan diselamatkan, dalam tinggal tenang dan percaya terletak kekuatanmu." [Yesaya 30:15]

mari kita berdoa.

Thursday, 11 August 2011

yang terbaik, yang kita punya


siapa yang ga mau ngedapetin yang terbaik?

gue yakin setiap kita yang baca ini pasti selalu mau ngedapetin yang terbaik dalam hidup kita..
dalam hal apapun, tentang hal apapun..
dan Tuhan juga mau kita ngedapetin semua yang terbaik yang sudah Dia siapin buat kita..

tapi, taukah kalian kalo untuk mendapatkan yang terbaik itu bukan cuma perlu doa dan usaha?
taukah kalian kalo untuk mendapatkan apa yang terbaik itu juga perlu rasa bersyukur?

gue ga tau gimana konsep kalian atau cara kalian buat mendapatkan yang terbaik menurut kalian..
gue ga tau apa yang bakal kalian lakuin untuk selalu bisa mendapatkan apa yang terbaik..
tapi yang gue tau, gue mau ngebagiin beberapa hal yang mungkin bisa ngebantu kita (yep, gue sama lo yang baca) buat bisa ngedapetin semua yang terbaik itu..

kita sering denger orang bilang, "cari terus! sampe ketemu yang terbaik!"
tapi mungkin kita jarang denger orang bilang, "udah, sabar aja.. ntar juga dikasih yang terbaik.."
dan dua hal itu jauh berbeda walaupun mungkin ujung dan tujuannya sama: MENDAPATKAN YANG TERBAIK.

gue mau tekanin disini, kalo namanya yang terbaik itu selalu datengnya dari Dia.. yep, Tuhan yang tau segalanya, Dia yang tau apa yang terbaik buat kita..
kalo lo ga percaya, ya itu urusan lo..

gue pernah ngobrol2 sama salah satu worker di kantor gue.. orang india, beragama hindu..
tapi, waktu kita ngobrol2 tentang jodoh, dia malah ngequote salah satu ayat alkitab yang isinya begini;
"Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan." [Matius 7:7-8]

well, ayat itu 100% bener.. gue setuju berat..
tapi, jangan lupa juga kalo apa yang kita punya sekarang itu juga adalah hasil dari pencarian kita dulu, permintaan kita dulu, dan pintu yang sudah dibukakan buat kita..
so, yang kita punya sekarang itu juga dari Tuhan..

nah, trus, gimana dong?
masa iya gue harus berenti minta, berenti nyari dan berenti ngetuk?

inget.. orang yang berhak minta itu adalah orang yang ga punya..
orang yang berhak mencari itu adalah orang yang belum ketemu..
dan orang yang berhak ngetuk pintu itu adalah orang yang masih diluar..

sedangkan kita, kita yang sudah nerima apa yang kita punya sekarang, tugas kita bukan lagi minta, bukan lagi nyari, atau malah ketuk2 pintu yang udah dibuka..
tugas kita sekarang adalah, mensyukuri dan menghargai apa yang sudah dikasih buat kita..
so, stop asking for something you have!

emang bener, di kelanjutannya ayat itu ada ditulis begini;
"Adakah seorang dari padamu yang memberi batu kepada anaknya, jika ia meminta roti, atau memberi ular, jika ia meminta ikan? Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya." [Matius 7:9-11]

dan sekarang, coba bayangin kalo lo jadi bapak, dan lo ngedenger anak lo ngerengek2 minta sesuatu..
kalo emang lo belom kasih apa2, lo pasti bakalan kasih kalo lo tau itu emang baik buat dia..
tapi, kalo lo udah kasih sesuatu yang menurut lo baik buat anak lo, tapi dia masih minta2 lagi, lo pasti bakalan bete.. dan mungkin lo bakal bilang, "ni anak kaga tau diri.. udah dikasih yang baik, masih minta2 yang lain.. ga tau terima kasih banget.."

iya emang.. kita ga boleh ngerasa puas sama kondisi kita sekarang dan apa yang udah kita punya..
tapi juga, kita dituntut untuk bisa bersyukur dan ngehargai segala hal yang kita punya itu..
bukannya Dia juga pernah bilang, "Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar." [Lukas 16:10]
dan apa yang kita punya sekarang itu pasti lebih kecil dari apa yang terbaik yang sudah disiapin Tuhan buat kita di depan sana..
dan itu berarti kita harus bisa setia dulu sama apa yang kita punya sekarang..

friend, Tuhan ga bakal kasih kita yang terbaik kalo emang kita belom pantes nerima..
Tuhan bakal kasih kita satu2, step by step.. karena Tuhan mau siapin kita dulu supaya kita ntar bener2 pantes buat nerima yang terbaik yang bakalan dikasih buat kita..


so, sebenernya kita ga perlu buat merengek2 minta2 atau malah kabur dari apa yang sudah kita punya sekarang cuma buat nyari apa yang menurut kita terbaik..
just do whatever best you can do with what you have now..
karena kalo lo ga bisa ngehargai apa yang lo punya sekarang, jangan harap Tuhan bakal kasih lo yang lebih baik..

stay blessed, pals! =)

Wednesday, 3 August 2011

scholar4id


orang bilang, "bermimpi itu gratis.."
tapi gue bilang, "buat ngedapetin mimpi lo itu, ada harga yang harus dibayar.. dan itu ga murah.."

gue masih beruntung karena sampe sekarang banyak sekali mimpi gue yang sudah gue dapetin walopun emang masih lebih banyak mimpi yang belum tercapai..
tapi, seenggaknya, salah satu mimpi gue buat bisa kuliah ke luar negeri bisa gue dapetin, dan itu adalah salah satu hal yang paling berharga dalam idup gue sampe sekarang..

gue juga bisa dibilang beruntung karena harga yang gue bayar ga terlalu mahal untuk dapet beberapa mimpi gue selama ini..
dan kalopun emang harganya mahal, gue masih beruntung karena ternyata gue masih bisa ngebayar harganya itu..

dan sekarang, gue mau ngajak kalian semua yang ngebaca tulisan ini buat ngerenungin atau nginget2 lagi, kira2 mimpi apa aja yang selama ini sudah kalian dapetin..
gue mau ngajak lo yang baca buat bersyukur dan ngerti kalo ternyata kalian yang ngebaca tulisan ini masih bisa dibilang beruntung karena ga sedikit orang yang bahkan ga punya kesempatan buat tau dunia seperti yang kalian tau..

yep..

banyak temen2 kita di luar sana yang belum tau dunia seperti yang kita tau..
bukan karena mereka ga mau tau..
tapi karena mereka ga punya kesempatan buat tau..

mungkin mereka bahkan ga pernah mikir gimana caranya buat cari kesempatan itu..
karena yang ada di otak mereka mungkin cuma tentang gimana caranya supaya besok bisa makan tapi juga tetap bisa sekolah..

humm..

tujuan gue nulis ini sebenernya mau ngajak kita semua, anak2 Indonesia yang ternyata beruntung karena masih bisa merasakan kuliah, sekolah tinggi, bahkan mungkin ada yang sampai ke luar negeri, untuk sedikit ngeliat ke bawah, ke temen2 kita yang ga seberuntung kita..
boro2 buat kuliah, mungkin ada temen2 kita yang kemampuan otaknya ga kalah sama kita, tapi cuma karena kemampuan ekonomi keluarganya, mereka bahkan ga bisa selesaiin bangku SMA mereka..

gue mau ngajak kalian semua buat give back to Indonesia..
at least, buat adek2 di bawah kita, yang sama2 berhak buat dapet pendidikan yang layak tanpa harus mikirin keluarganya besok makan apa kalo dia tetap sekolah..

gue mau ngajak kalian untuk berenti komplen sama pemerintah yang menurut kalian kurang becus menangani masalah pendidikan dan tetek bengeknya..
tapi justru melakukan langkah nyata, ngelakuin sesuatu buat bangsa kita..

gue mau ngenalin project beasiswa yang dibikin sama temen2 gue (termasuk gue) di Singapur ini buat temen2 dan adek2 gue yang masih SMA di Indonesia..
project beasiswa yang didasari mimpi kami semua bahwa seharusnya semua orang itu berhak untuk bermimpi dan memiliki kesempatan yang sama untuk meraih mimpi2 mereka..


scholar4id.org


yep..
itu nama organisasi beasiswa kita ini..
silahkan buat temen2 yang penasaran sama apa isi detailnya dari beasiswa ini, langsung aja masuk ke websitenya di sini..

intinya dari beasiswa ini adalah, beasiswa yang bukan cuma sekedar memberikan bantuan untuk meringankan biaya sekolah dari si penerima beasiswa..
tapi mereka yang menerima beasiswa ini juga akan diperlengkapi dengan 2 program tambahan yang diharapkan bisa ngebuka mata mereka akan dunia luar yang akhirnya akan membuat mereka untuk lebih berani bermimpi dan berusaha untuk meraih mimpi mereka itu..

program tambahan pertama adalah adanya kesempatan bagi para penerima beasiswa untuk datang ke Singapura selama beberapa hari untuk diperkenalkan dengan dunia luar dan untuk bercakap2 bertatap muka dengan para donaturnya.. diharapkan mereka bisa mendapatkan pencerahan dari beberapa orang donatur yang mungkin memiliki latar belakang yang sama dengan mereka..

program tambahan kedua adalah program internship atau magang bagi si penerima beasiswa selama satu bulan penuh di salah satu perusahaan di Jakarta, yang bertujuan untuk memperkenalkan mereka kepada dunia kerja di salah satu kota tersibuk di Indonesia, yang akhirnya bisa membangun semangat mereka untuk berani mengejar setiap mimpi yang mereka punya..

semua porgram ini tentunya ga bisa berjalan tanpa bantuan dari banyak pihak..
karena itu, gue mau ngajak kalian yang baca tulisan gue ini, seenggaknya untuk masuk ke website kami, khususnya halaman ini, untuk bisa membantu kami dalam berbagai macam bentuk bantuan yang akan kami terima dengan senang hati..


ayo kita mulai ngelakuin satu langkah nyata buat bangsa kita..
jangan cuma mengeluh, jangan cuma berkomentar..
berikan kembali kepada negara kita apa yang sudah pernah kita terima sebelumnya, yang sudah dititipkan oleh Tuhan sama kita..


for better future.. =)