Tuesday 12 January 2010

always look at the bright side of life..


barusan gw masuk kelas engineering society..
kelas yang kata orang ga perlu masuk karena isinya cuma sampah..
but then, walopun gw ga bener2 merhatiin pas di kelas tadi, gw diingetin sesuatu dari kelas itu..
yep, sesuatu yang sebenernya dah dari dulu pengen gw tulis disini..

"we, engineers, are required to do everthing right.. because if we make 10 things right, then we make 1 thing wrong, people will forget those 10 right things.. they'll just remember the wrong one.."

denger kata2 lecturer gitu, gw langsung nyadar.. bener juga!
dan gw jadi keinget pribahasa dari indo yang gw pelajari waktu masi SD dulu..
karena nila setitik, rusak susu sebelanga..

manusia emang kaya gitu.. ngaku ga ngaku, lo yang baca ini juga pasti kaya gitu..
udah naturenya kita kaya gitu..
tapii, bukan berarti karena emang udah naturenya kita kaya gitu, kita jadi ga bisa berubah.. kita masih bisa berubah..

gw yakin, tiap orang pasti kesel kalo udah digituin..
lo yang baca juga..
pasti empet banget kalo orang cuma inget2 kesalahan lo yang 1 itu instead of semua kebaikan2 yang pernah lo bikin..
termasuk gw juga.. gw juga kesel..

but then sekali lagi, kita bisa berubah..
kita tau kalo kita digituin, kita ga bakalan seneng..
tapi, kita masih mau gituin orang..
kita harus berubah.. kita harus bisa lihat kebaikan2 orang lain dan bukan fokus ke kesalahan mereka..

buka lagi postingan gw yang 2 sebelum ini.. judulnya tabur tuai ver.3.0..
disitu ada ayat alkitab yang ngomong, "Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu."
dan itu berarti, kalo kita ngeliat kejelekan dan kesalahan seseorang lebih dari kita ngeliat kebaikan2nya, kita juga akan diliat dengan cara yang sama..
dan itu ga enak.. betul?!

gw sendiri, masih belajar gimana caranya buat selalu ngeliat sisi positif dari segala sesuatu..
termasuk ngeliat kebaikan2 seseorang walopun orang itu baru berbuat salah ke gw..
dan gw tau, prosesnya ga gampang.. butuh waktu dan butuh tenaga.. bahkan mungkin butuh pengorbanan..

tapii..
gw tau cara pandang yang positif itu banyak gunanya..
at least, ada 2 hal ini yang menurut gw bener2 guna buat gw..

yang pertama, kalo gw fokus ke kebaikan2 orang, maka kemungkinan orang itu bakal mandang gw dengan cara yang sama..
humm..
seenggaknya, itu yang ditulis di ayat yang di atas tadi..

yang kedua, kalo gw fokus ke sisi positif dan bukan ke sisi negatif dari segala sesuatu, gw bisa jadi lebih tenang.. lebih ceria, dan akhirnya bisa lebih sehat..
well, orang bilang, hati yang gembira adalah obat..
so, kalo gw bisa tetep gembira karena gw ngeliat sisi positifnya, gw bakal tetep sehat.. gw jadi ga gampang marah, dan gw bisa jadi lebih sabar..

so guys, emang bener, karena nila setitik rusak susu sebelanga itu udah jadi naturenya kita manusia..
tapi, kita masih bisa berubah kok..
kita masih bisa bilang, walopun nilanya emang udah ngerusak susu sebelanga itu, bukan berarti susu itu sudah berubah jadi hal lain.. susu itu teteplah susu.. hanya aja, udah ga bisa diminum lagi..

stay blessed.. =)

No comments: