Thursday 28 January 2010

kamu mau aku jawab jujur apa bohong?


kemaren gw nonton pelem The Invention of Lying..
kenapa gw nonton pelem itu?
karena judulnya menarik dan karena si eddyboy bilang pelem itu bagus..
jadilah gw nonton..

dan ternyata, pelemnya emang beneran bagus..
bener2 bisa kasi inspirasi baru..
kasi pandangan bagus tentang idup..
dan itulah kenapa, sekarang gw pengen bagiin apa yang gw dapet dari pelem itu.. hehehe..

di pelem itu ceritanya ada satu tempat di satu masa, dimana disana itu belum ada yang namanya LIE, atau kebohongan..
ceritanya, di tempat itu orang2 cuma tau ngomong yang jujur2..
mereka ga pernah, ga tau dan ga bisa bohong..
bahkan kejujuran2 mereka itu malah kadang menyakitkan..
dan buat lebih jelasnya lagi, bisa baca ringkasannya disini atau disini.. atau langsung aja nonton pelemnya.. hehe..

wokeh..
langsung aja masuk ke pembicaraan inti..

pada dasarnya, manusia ga suka diboongin.. dan ga ada manusia yang suka diboongin..
tapii...
kenyataannya, kalo kebohongan itu ternyata bisa bikin kita happy, kita bakal dengan senang hati diboongin..
sadar ga sadar, percaya ga percaya, kita manusia ini semuanya sama aja.. sama2 kaya gitu..

nah..
sadar kalo ternyata kita kaya gitu, benci boong tapi mau2nya aja diboongin kalo boongnya itu bikin seneng, bikin gw jadi mikir..
apakah kesenangan dari kebohongan itu bener2 kesenangan yang bisa tahan lama?
atau cuma sesaat doang dan akhirnya malah jadi bahaya??

gw keinget, ada yang pernah bilang, "bohong itu sama kaya nyembunyiin bangke di dalem kamar.. cepat atau lambat pasti bakal kecium baunya, trus ketauan.."
dan gw langsung ketemu jawaban dari pertanyaan gw tadi..
apakah kesenangan dari kebohongan itu bener2 kesenangan yang bisa tahan lama? TIDAK..

di pelem itu juga ditunjukin gimana kalo kebohongan2 itu mungkin awalnya emang ngebawa kebahagiaan..
ngebawa kepuasan buat kita yang ngedengernya..
apalagi kalo kebohongan itu emang sengaja dibikin buat muasin kuping kita doang..
tentu kita bakal seneng banget ngedengernya..

tapii..
itu ga bakal bertahan lama..
setelah akhirnya nanti kita tau apa yang sebenernya, kita tau kebenaran dibalik kebohongan2 itu, kita baru ngerasain ga enaknya..
dan ga enaknya itu bakal lebih ga enak daripada kalo kita udah tau kebenaran itu dari awal..
alesannya gampang, karena kita udah sempet seneng, jadi perasaan kita bakal kebanting sampe segitu sakitnya..

cewe tau persis gimana rasanya dibohongin..
tapi, kadang mereka ga sadar kalo mereka dibohongin itu karena mereka minta dibohongin..
bener atau bener?
di bawah ini gw kasih contohnya..

cewe: "gimana 'yang? bagus ga bajunya?"
cowo: (ngeliat bajunya ga cocok sama cewenya, langsung mikir mo jawab jujur apa bohong.. kalo jujur, si cewe bakal marah, ngomel2, bilang si cowo ga tau mode.. kalo bohong, si cewe bisa langsung seneng, trus langsung beli bajunya..) "bagus kok sayang.."
cewe: "jadi aku ambil yah?"
cowo: (udah ga pake mikir lagi karena ngeliat cewenya udah senyum2..) "iyah.. ambil aja.. cocok kok sama kamu.."

dan minggu depannya si cewe ngamuk2 karena ternyata ada temen cewenya yang ngomong baju itu ga cocok buat dia, dan dia kesel karena duitnya udah kebuang buat baju yang jelek tapi dibilang bagus ama cowonya..
bukannya gitu yang sering terjadi??

nah, beberapa hari yang lalu, sore2, gw nonton video di youtube..
isinya tentang cowo ngelamar cewenya di disney.. pake musical drama..
dan gw bener2 seneng liat itu..
gw bener2 ngerasa bahwa itu so sweet.. romantis banget..

trusss...
entah malemnya atau besoknya, si melita kasih tau gw tentang kebenaran dibalik video itu..
ternyata video itu cuma rekayasa doang..
video itu emang disengaja dibikin disney buat promosi disney..
dan itu ga aseli..

gw kecewa..
dan gw bilang ke melita, "mending kamu ga kasih tau aku.. huhuhuhu.. ngerusak kebahagiaan orang aja.."
dan dia bales, "mending dikasih tau sekarang cob.. toh cepat atau lambat kamu pasti bakal tau kok.."
baca gitu, gw cuma bisa bales, "iya sih.."

gw sendiri sebenernya males ngebohong.. apalagi dibohongin..
sebisa mungkin gw coba buat jujur.. walopun emang naturenya gw sebagai manusia pasti lebih gampang buat ngebohong daripada jujur..
tapi, gw harus tetep nyoba buat selalu jujur..

guys, kejujuran itu emang kadang menyakitkan..
kadang.. ga selalu..
tapiii... inget.. kalopun emang awalnya menyakitkan, kejujuran tetap adalah yang terbaik buat kita..
karena sakitnya itu ga bakal sesakit kalo akhirnya nanti kebohongan yang awalnya bikin kita happy itu terbuka..

so, the choice is yours..
mau pilih bohong atau jujur, itu semua terserah kalian..
gw cuma kasih tau konsekuensinya dan kenyataannya..
apapun itu, cuma ini yang pengen gw bagiin kali ini..

stay blessed and be a blessing, guys.. =)

No comments: