Friday, 27 February 2009

Comment please... =)


kata orang sweet 17 tuh cuma buat cewe, sedangkan buat cowo adanya sweet 21..
bener ga sih?

buat gw, bener atau salah, itu ga masalah..
toh itu cuma angka..
angka penunjuk udah berapa lama kita idup di dunia..

gw mo quote kalimat ini :
"It's not the hours you put in; it's what you put in the hours."
(dari sini)

dalam hidup juga gitu..
ga penting berapa lama lo udah dan bakalan tetep idup..
karena yang penting adalah apa aja yang udah lo kerjain selama lo idup..
apa aja yang udah bisa lo kasih ke dunia ini dan ke orang2 di sekitar lo..


I'll be 21 soon.. and according to my first sentence, I'll have my sweet 21..
but I don't really feel excited about that..
yep, simple reason, just because there's no 29th of February this year..

tapi gw ga sedih juga..
karena tetep aja gw bakal berumur 21.. ga peduli ada tanggalnya atau nggak..
dan gw juga bakal tetep nge-review idup gw yang udah2..
tentang kesuksesan dan kegagalan2 gw..
dan tentang perubahan2 gw.. yang positif dan yang negatif..

sayangnya, sebagai manusia gw juga masih terbatas buat menilai diri gw sendiri..
gw masih ga objective.. masih belum bisa jujur sama diri sendiri..

and that's why I need you guys!
I need you, whoever you are, if you are reading this blog and you think you know me, please comment..
say everything you need to say about me..
my good side or bad side of life..
my plus and minus..
feel free to write everything that I need to know or change about me..
because that's what friends are for.. right?


so friends, gw ga usah nulis panjang2 lagi..
giliran kalian yang nulis sekarang..

thanks.. =)

Thursday, 26 February 2009

Becanda? Why not?



warning : (again) explicitly religious material


gw yakin siapapun elo yang baca tulisan ini pasti punya temen.. entah itu sedikit atau banyak..
dan gw yakin juga, kalo kalian pasti sering becandaan sama mereka.. entah itu serius ato maen2..

nah, kali ini gw cuma mo bagiin sedikit tentang cara kita becandaan..

mungkin beberapa diantara kita ada yang becandaannya suka kelewatan..
yep, gw sendiri sering banget becanda yang kelewatan..

emang sih, kita niatnya becanda.. dan awalnya emang cuma becanda..
tapi apa kita pernah merhatiin perasaan temen kita itu?
yah, bukan berarti kita ga bole becanda loh yaa..
becanda sih boleh2 aja.. tapi, ada batesan2nya..
ada norma2 kesopanan yang perlu diperhatiin..

humm..
sebentar..
gw nulis ini bukan berarti karena gw baru aja dibecandain kelewatan..
tapi, gw justru baru aja dapet tegoran dari ayat ini :
"Seperti orang gila menembakkan panah api, panah dan maut, demikianlah orang yang memperdaya sesamanya dan berkata: "Aku hanya bersenda gurau."" [Amsal 26 : 18-19]

gw ketabok..
yoi!

jujur, gw sering banget becandain orang yang ngejelek2in gitu..
dan kadang itu gw lakuin tanpa sadar..
cuma gara2 kebiasaan.. atau dengan kata lain, LATAH..
kebiasaan buruk yang seharusnya bisa gw ilangin..

ga ada yang tau kan, kalo ternyata mungkin aja abis gw becandain yang kelewatan gitu, si orang bisa ngelakuin hal2 aneh?
misalnya, gw dengan kejamnya ngomong : "JOMBLO LU!" dan abis itu idupnya berubah jadi bajingan yang sukanya nyakitin perasaan orang lain..
atau contoh extrim lagi, karena gw bilang : "masa depan lu suram amat dah! haha" trus dia malah milih buat bunuh diri..

dan gw ga jarang ngomong gitu..
(saatnya berubah cob!)

benernya sih, dah dari dulu orang ngingetin gw buat ngurangin bencadaan yang ngejek2in gitu..
tapi gwnya aja yang bandel, keras kepala, dan ga mo ngedengerin..
sampe saatnya gw baca sendiri ayatnya di alkitab.. (dan inipun bukan yang pertama kalinya gw baca ayat itu)

well guys, kali ini gw cuma mo ngajakin kalian bareng2 gw, ga peduli siapa kalian, dan dimanapun kalian..
atau kalian kenal gw atau nggak, yang jelas inget aja satu hal ini :
"pikir dulu setiap kalian mo ngomong atau becandaan.. karena mulut kalian itu jauh lebih berbahaya kalo dipake sembarangan.."

be blessed.. =)

Monday, 23 February 2009

How do you pray?


warning : explicitly religious material


this time I wanna talk about prayers..

first, let me ask you these questions :

how many of you guys say your prayers everyday?
and how many of you guys get the answers everyday?


well, it's good to get the answers everyday..
but it also is good if you don't get the answers everyday because God always answers our prayer in either one of these 3 ways :
1. Yes
2. No
3. Yes, but wait for My time

if the answer is "yes", then you'll get what you're asking soon..
if the answer is "no", then you'll never get what you're asking..
if the answer is "yes, but wait for My time", then you'll get it later.. just be patient..

okay, let me share this passage, "Therefore I tell you, whatever you ask for in prayer, believe that you have received it, and it will be yours." [Mark 11:24]

many of us just pray and pray without even believing that we'll get what we're praying for..

many of us just wait without having faith in the prayers..

as for me, I'm quite often doing that thing.. and yes, it's natural..
sometimes we don't even mean what we're saying or doing..
and I mean it..

and that's why sometimes we don't get the answers..

imagine if you are God and you hear that kind of prayer, what will you do?
well, if I am God, I will never answer that prayer..
why?
because inside that prayer I couldn't find the faith.. he/she just doesn't believe that I can answer his/her prayer..
so, why should I answer it?

well guys, today I just want to tell you, "Mean it and believe it everytime you pray.."
because God Himself has told us that whatever we ask for in prayer, as long as we believe it, then we'll get it..

God bless you.. =)

Tuesday, 17 February 2009

Masalah? Ga usah bingung!


selama gw magang (yoi! gw sekarang lagi magang!) sejak bulan januari lalu, gw dah belajar banyak hal..
dan kali ini gw bakal bagiin 1 hal yang menurut gw cukup pantes buat dibagiin..

~lalala~
let start
~lalala~

pernah ga, kalian berada di satu keadaan dimana kalian tau kalo ada masalah atau ada sesuatu yang salah, tapi kalian ga tau letak kesalahan dan sumber masalah itu apa?
kalo pernah, berarti gw bukan satu2nya orang aneh di dunia ini yang ngalamin begituan..

gw magang di Bio-Imaging-Institute, salah satu anaknya A*Star..
dan disitu gw ga ngurusin apapun yang ada hubungannya ama biologi..
cuma bikin program supaya bisa ngeliat pembuluh darah lebih detail lagi..

nah, gw disuruh bikin programnya itu pake Matlab, sedangkan gw seumur2 belom pernah pake itu program.. jadilah gw belajar sendiri dari awal..
dan selama gw belajar dan ngerjain program2 itu, gw sering banget nemuin masalah..
yang paling sering adalah, program yang gw tulis ga bisa jalan..
dan gw bete banget kalo udah kaya gitu..

tapii... yang paling ngebetein lagi adalah kalo gw ga tau dimana letak kesalahan gw sampe program itu bisa ga jalan gitu..
gw tau kalo ada yang salah, tapi gw ga tau apa yang salah..

well, dalam idup juga sering banget kejadian kaya gitu..
dan jujur, mungkin buat gw dan beberapa dari kalian bakal ngerasa bete banget kalo yang begitu2 sampe beneran terjadi..
tau kalo ada yang salah, tapi ga tau apa yang salah..

kita jadi ga tau harus mulai dari mana, dan harus ngebenerin apa, dan harus selesai dimana..
semuanya harus ditrace (diselidiki) dari awal..
dan itu berarti harus ngulang dari depan lagi..
benci!


tapi, mau ga mau, kita harus ngelakuin itu juga..
terkadang kesalahan2 yang terjadi itu bukan kesalahan yang kita sengaja..
dan buat bisa nyelesaiin masalah itu, kita harus sabar.. harus bisa ngeliat runtutan kejadiannya satu2..
dengan kaya gitu, moga2 aja masalahnya jadi kelar..


setuju?


-in and out-

Saturday, 14 February 2009

Wednesday, 11 February 2009

3 Days to Valentine


valentine....
humm..
let's talk about valentine..

hari ini dah tanggal 11 februari, dan itu berarti 3 hari lagi val's day..

udah pada nyiapin apaan aja nih buat yang tercinta?

gw sendiri, belom nyiapin apa2.. secara gw cinta sama banyak orang..
jadinya gw bingung..
mau kasih apa ke siapa..
ckckckck..
susah emang..
hahahaha

nah, ngomong2 tentang kado valentine, muncul banyak pertanyaan..
"penting ga sih kado pas valentine itu?"
atau
"kado apa sih yang paling pas buat valentine?"
atau
"kasih ke siapa ya?"
atau
"gw bakal dapet berapa kado ya taon ini"

atau masih banyak pertanyaan laennya..

humm..

buat gw sendiri, valentine tuh cuma hari buat ngingetin kita untuk nunjukin rasa sayang kita ke orang yang kita sayang..
sapa tau aja selama ini kita kurang merhatiin orang itu atau kurang nunjukin rasa sayang kita itu..

entah karena apa pun alesannya.. mungkin males, lupa, atau malah ga berani..
so, val's day adalah saatnya kita buat nunjukin rasa sayang kita ke orang lain..
dan inget..
bukan cuma pacar..
bisa sodara, orang tua, keluarga deket atau jauh, bisa juga temen sendiri..


mengenai kadonya, menurut gw ga gitu penting bentuknya..
juga harganya, sama ga pentingnya..

yang penting lo ngasih.. eh, maksud gw, lo bener2 niat buat ngasih..

and that means a lot..

daripada apa yang lo kasih itu cuma for the sake of ikut2an orang ngasih kado..
karena walopun harganya mahal, itu ga berarti apa2..


nah, tentang ini, gw punya satu prinsip..
kalo orang udah gw kasih kado, berarti itu udah gw pikirin..
udah gw rencanain.. udah gw siapin..
dan gw ga ngasal kasih kadonya..
karena buat gw, ngapain gw harus buang2 duit, tenaga, dan pikiran kalo gw emang ga niat ngasih..


dan begitu juga dengan kado yang udah atau bakal gw terima..
gw anggep itu sama spesialnya dengan kado ulang tahun gw..

itu berarti masih ada orang yang peduli, inget dan sayang sama gw..
dan itu artinya jauh lebih berharga daripada harga barang itu sendiri..

so, buat siapa aja yang udah pernah kasih gw kado, gw mo ngucapin makasih banyak2.. upahmu besar di surga nak.. =)

it's 3 days to my 20th val's day..
and i'm still on my own way..
finding Ms right to be my val's mate..
and I don't call this fate..


-coby, in and out-

Monday, 9 February 2009

jadi inget...... hihihihi.....



kalo gw denger lagu ini beberapa bulan lalu,
mungkin gw bakal demen banget..
sayangnya gw baru denger sekarang..
hahaha
enjoy this anyway..

A Lonely September
-plain white t-

I'm sittin' here all by myself
just tryin' to think of something to do
Tryin' to think of something, anything
just to keep me from thinking of you
But you know it's not working out
'cause you're all that's on my mind
One thought of you is all it takes
to leave the rest of the world behind

[Chorus]
Well I didn't mean for this to go as far as it did
And I didn't mean to get so close and share what we did
And I didn't mean to fall in love, but I did
And you didn't mean to love me back, but I know you did

I'm sittin' here tryin' to convince myself
that you're not the one for me
But the more I think, the less I believe it
and the more I want you here with me
You know the holidays are coming up
I don't want to spend them alone
Memories of Christmas time with you
will just kill me if I'm on my own

[Chorus]
Well I didn't mean for this to go as far as it did
And I didn't mean to get so close and share what we did
And I didn't mean to fall in love, but I did
And you didn't mean to love me back

I know it's not the smartest thing to do
we just can't seem to get it right
But what I wouldn't give to have one more chance tonight
One more chance tonight

I'm sittin' here tryin' to entertain myself with this old guitar
But with all my inspiration gone it's not getting me very far
I look around my room and everything I see reminds me of you
Oh please, baby won't you take my hand
we've got nothing left to prove

[Chorus]
Well I didn't mean for this to go as far as it did
And I didn't mean to get so close and share what we did
And I didn't mean to fall in love, but I did
And you didn't mean to love me back, but I know you did

And I didn't mean to meet you then
we were just kids
And I didn't mean to give you chills
the way that I kiss
And I didn't mean to fall in love, but I did
And you didn't mean to love me back but I know you did
Don't say you didn't love me back 'cause you know you did
No, you didn't mean to love me back
But you did

Friday, 6 February 2009

Choose your next words carefully, friends..


~ hati-hati gunakan mulutmu (plok plok plok)
hati-hati gunakan mulutmu
karena Tuhan di surga melihat kebawah
hati-hati gunakan mulutmu ~

dulu sering banget nyanyiin lagu ini.. waktu jaman masi sd..
malah sampe ada hati2 gunakan matamu, tanganmu dan kakimu segala..
cuma sekarang dah jarang banget..
dan sekarang gw nginget2 lagu2 itu lagi.. kenapa?
karena gw ngerasa kalo semakin dewasa orang, semakin susah buat bisa bertanggung jawab sama apa yang dia katakan, dia perbuat dan dia lihat..

gw pernah tulis di salah satu postingan gw sebelumnya, kalo manusia itu diciptakan Tuhan dengan 1 mulut doang supaya ga banyak omong..
karena orang bilang, "mulutmu harimaumu"..
dan ada juga yang bilang, "lidah setajam pedang"..

permasalahan yang terjadi di dunia ini pada umumnya terjadi karena kurangnya komunikasi..
percaya ga percaya, silahkan buktikan sendiri..

kemaren beberapa hari yang lalu, gw maen bola..
dan udah jadi kebiasaan gw, tiap kali gw maen bola, gw bakal teriak2.. entah itu minta bola, atau karena gw kesel ga di kasih bola..
tapii.. kebiasaan gw itu udah mulai gw kurangin.. gw dah mulai jarang teriak2 lagi kalo maen bola..
selain buat ngejaga suara gw biar ga gampang rusak, gw juga pengen ngejaga perasaan temen2 gw selama maen bola..

ngejaga perasaan?
yep..
selama maen bola, tanpa gw sadari gw sering banget ngomong yang jelek2..
gw bilang bego lah, anj*ng lah, ta* lah, ba*i lah.. dan macem2 lagi..
dan itu bikin mental temen2 gw turun..

manusia itu dikasih kekuatan dalam perkataannya sama Tuhan..

siapa yang ga kenal Obama? presiden Amerika Serikat berkulit hitam pertama..
siapa pula yang ga kenal Soekarno? presiden pertama Indonesia..
kedua orang itu punya keahlian yang sama.. sama2 pinter ngomong dan bisa influence people dengan pidato2 mereka..

bayangin kalo setiap manusia dikasih kemampuan kaya gitu..
sedangkan kita yang ga punya kemampuan kaya mereka aja udah bisa bikin orang lain kecewa atau sakit hati..

dan lebih parah, bayangin kalo manusia punya 2 mulut..

sedangkan kita punya 1 mulut aja udah sering bikin masalah sama orang lain, apalagi kalo kita punya 2 mulut..

mulut kita ini mengeluarkan kata2 yang berasal dari otak dan hati kita..
so, ga ada yang keluar dari mulut kita ini ga sengaja..

semua pasti disengaja..

nah, karena semua disengaja, ada baiknya tiap kali kita mo ngomong atau ngucapin kata2 kita pikirin dulu..

diolah dulu dalam otak, kira2 pantes ga buat diucapkan.. kalo emang pantes, baru diucapkan..


yah, postingan gw ini cuma ajakan supaya hubungan kita dengan orang lain itu bisa lebih baik lagi..


"Choose your next words carefully, Leonidas!" -from 300, the messenger-

Thursday, 5 February 2009

Surat buat papa....


Dear Papa,

Aku ga pernah tau jelasnya gimana waktu aku masih kecil dulu..
Yang aku tau cuma cerita orang..
Tentang gimana nyusahinnya aku dulu..
Ga mau minum susu kalo ga tunggu bobo..
Ga ngomong2 dulu kalo mau pipis ato pup..
Ga buka2 mata sampe umur 6 bulan..
Ga bersuara sampe umur 3 bulan..
Dan harus dijagain 24 jam, karena kalo nggak, aku bakal keselek dan mungkin bakal mati..

Aku ga pernah tau jelasnya gimana waktu aku masih kecil dulu..
Yang aku tau cuma cerita orang..
Tentang gimana papa cuma mikirin gimana caranya supaya aku tetep idup..
Tentang gaji papa yang cuma cukup buat bayar susu aku..
Tentang satu2nya jenis bubur yang bisa aku makan cuma bubur yang paling mahal waktu itu.. dan papa terpaksa makan nasi pake ikan asin doang..
Tentang gimana papa tiap malem megangin botol susu aku sampe aku ngabisin susunya, sambil berdoa, "Tuhan, anakku ini harus sehat Tuhan.. Harus sehat.."
Tentang gimana papa harus siap sedia 24 jam tiap hari kalo2 aku bermasalah..
Tentang gimana papa ga bisa bobo kalo aku udah mulai susah makan..
Tentang gimana papa harus ngutang sana sini buat beli susu ama bubur aku..
Tentang gimana papa terus2an bacain doa di kuping aku..

Aku ga pernah tau jelasnya gimana waktu aku masih kecil dulu..
Tapi ini yang aku inget..
Tentang gimana bandelnya aku dulu..
Waktu aku ngejatohin TV pertama kita dulu dan papa ga marah sama sekali..
Waktu aku maksa2 buat masuk sekolah karena ga betah maen2 di rumah..
Waktu aku dikurung di kamar mandi karena bandel..
Waktu aku nendang pintu sampe jebol cuma gara2 hal sepele.. dan papa cuma diem, ngeliatin aku nangis.. papa ga marah.. dan sampe sekarang, pintu jebol itu masih ada..

Aku ga tau jelasnya gimana waktu aku masih kecil dulu..
Tapi ini yang aku inget..
Tiap hari aku minta papa cerita, papa selalu cerita tentang seorang bapak dan 2 anaknya, dan aku langsung tau kalo itu tentang Papa dan aku dan adek, tapi aku malah suru ganti cerita, karena aku ga mau denger..
Tiap mati lampu aku minta papa kipasin aku padahal papa sendiri kepanasan..
Tiap sebelom bobo aku minta papa garukin punggung aku, padahal papa juga udah ngantuk..
Tiap papa minta aku cabutin uban atau jenggot, aku malah minta bayaran.. 100 per uban..
Tiap papa pulang kerja aku selalu minta bawain makanan.. padahal makanan di rumah masih banyak banget..
Tiap bagi raport papa terus bilang sama aku, "bagus bang, bagus..", walopun nilai aku turun.. dan papa langsung itung2, 5 ribu buat nilai 9, 3ribu buat nilai 8, 1ribu buat nilai 7, -10ribu buat nilai 6.. cuma buat aku semangat belajar..
Tiap aku rangking, aku ribut minta hadiah, padahal udah dapet duit..

Aku ga tau jelasnya gimana perasaan aku sekarang..
Tapi ini yang aku tau..
Aku kangen papa..
Aku kangen obrolan2 ringan kita..
Aku kangen doa2 papa..
Aku kangen bau badan papa..
Aku kangen ngeliatin papa nyiapin khotbah..
Aku kangen nungguin papa berangkat atau pulang kerja..
Aku kangen salam tangan papa tiap mo pergi..
Aku kangen bikin papa ketawa..

Pa, maaf ya kalo selama ini abang sering bikin papa kecewa..
Pa, maaf ya kalo selama ini abang cuma bikin papa capek..
Pa, maaf ya kalo selama ini abang jadi orang yang paling banyak ngabisin duit papa..
Pa, maaf ya kalo selama ini abang terlalu banyak nuntut..

Abang berdoa, semoga papa sehat2 selalu..
Abang berdoa, semoga papa di kasih panjang umur.. supaya abang sempet bales semua kebaikan papa.. walopun ga bakal mungkin semuanya bisa kebales..
Abang berdoa, semoga papa tetep dikasih kekuatan sama Tuhan buat terus ngerawat anak2 papa yang bandel..

Abang kangen papa..


p.s. Pa, ternyata cari duit itu susah ya..........

Wednesday, 4 February 2009

Tuesday, 3 February 2009

BIG DOG and CUTE DOLL


~ yang mana yang DOG, yang mana yang DOLL ~