Wednesday 20 August 2008

tabur - tuai

petani menabur padi, dan dia menuai beras pada musimnya..
manusia menabur sesuatu, dan pasti akan menuai hasil pada saatnya..

gw percaya banget sama yang namanya hukum tabur tuai..
atau mungkin buat banyak orang, mereka punya istilah lain, 'karma'..

apapun namanya, prinsipnya sama aja..
apa yang udah kamu tabur, kamu pasti bakal nuai hasilnya..

setiap tindakan yang kita lakukan di dunia, entah itu baik atau buruk, entah itu disadari atau ga disadari, ga ada yang sia2..
semua yang kita lakukan di dunia ini adalah kegiatan kita menabur, memelihara yang sudah kita tabur, dan menuai hasilnya..
ga ada perbuatan yang sia2..
percaya sama gw..

bahkan kalo lo diem seharian di kamar pun, itu bukan berarti perbuatan yang sia2..
karena itu berarti lo nunggu buat benih yang udah lo tabur itu bertumbuh..

hmm..
kenapa gw tiba2 ngomongin hal ini?
karena akhir2 ini gw bener2 jadi diingetin lagi tentang hukum ini..
dari banyak hal yang udah terjadi ke gw, gw bisa ambil kesimpulan yang udah gw tulis tadi : ga ada perbuatan yang sia2 di dunia ini..

contohnya nih ya..
gw bisa ada di NTU ini adalah hasil yang gw tuai dari taburan gw belajar selama SMA..
gw bisa masuk SMA gw dulu adalah hasil yang gw tuai dari taburan gw belajar di SMP..
gw bisa masuk SMP gw dulu adalah hasil yang gw tuai dari taburan gw belajar di SD dan taburan kerja bokap gw di perusahaan yang punya SMP itu..
dan gitu seterusnya..
semua yang udah gw terima adalah hasil tuaian dari apa yang udah gw tabur sebelumnya.. ada juga yang tuaian dari apa yang ditabur bokap nyokap gw, orang2 yang ada disekitar gw..

dan ada satu hal lagi yang ngingetin gw tentang hukum tabur tuai ini..
dan ini dalam hal relationship..

gw dah beberapa kali pacaran dan gw akui, selama beberapa kali gw pacaran itu, semuanya bisa diitung cuma maen2..
dan dari beberapa kali pacaran itu, gw dah banyak nyakitin hati mantan2 gw.. bahkan gw bikin mereka nangis..
well, you can say that i'm such a jerk..

dulu gw emang bangsat banget.. bajingan banget..
dan sampe 2 taon kemaren pun gw ga tau kalo apa yang udah gw buat itu bikin sakit orang lain.. dan gw juga ga tau seberapa sakitnya itu..

sampe satu saat, dimana gw sendiri akhirnya ngerasain apa yang udah gw tabur dulu..
yep, gw ngerasain apa itu yang namanya patah hati, sakit hati..
dan itu disaat gw udah berubah, udah tobat.. dan itu malah bikin rasa sakitnya dobel..
sakit banget..
gw udah bikin cewe nangis 3 kali, dan mungkin gw juga harus nangis 3 kali dulu supaya gw bisa ngerti apa yang udah gw buat dulu..

well, kadang Tuhan punya caranya sendiri buat jadi adil, buat ngajarin kita manusia ini untuk berbuat yang benar..
dan mungkin lewat hukum tabur tuai ini kita bisa lebih ngehargain orang laen, bisa lebih hati2 kalo pengen ngelakuin sesuatu..
karena apa yang udah kita perbuat bisa aja terjadi ke diri kita sendiri..

coby, sleepy and out..

No comments: