Thursday 23 April 2009

WWS : World Without Stranger


gw kirain singapore ini negara paling individualis di dunia..
eh..
ternyata gw ga sepenuhnya bener..

walopun emang kebanyakan orang2 sini pada individualis, pada cuek sama orang lain, tapi masih ada orang2 yang beda..
masih ada orang2 yang peduli sama orang lain..

kemaren gw bener2 diingetin lagi sama kejadian2 "ajaib" di sekitar gw..
gw diingetin bahwa sebenernya perbuatan baik itu, sekecil apapun, tetep adalah perbuatan baik..
dan perbuatan baik itu, sekecil apapun, tetep akan membawa kebaikan..

3 kali gw ketemu hal2 yang bikin gw bisa senyum sebelum tidur..

1. MRT
gw naek MRT dari buona vista, mau ke boon lay..
gw masuk mrt, langsung nyender ke pintu MRT yang sebelah kiri..
nah, gw tau kalo abis buona vista itu adalah dover..
dan di dover, pintu mrt yang kebuka itu di sebelah kiri..

di samping gw ada bapak2 india.. tampangnya capek banget.. gw pikir, "dia pasti baru balik kerja"..
dan wajar aja kalo tampang semua orang capek banget malem itu.. jam udah nunjukin batang idungnya di angka 11.15..
cukup larut..

mrt ngerem di stasiun dover.. gw dah liat orang2 berdiri di peron, mo masuk k mrt..
si bapak india tadi tiba2 pegang punggung gw, nyuruh gw minggir..
respon gw bisa aja 2 hal, yaitu bete karena gw dah tau pintu bakal buka dan gw ga perlu di kasih tau, atau gw malah bilang thank you karena udah diingetin..
dan ga tau kenapa, reflek gw adalah yang kedua..
gw bilang "oh, thank you"..

emang gw masih sadar, dan gw tau kalo pintu mrt itu bakal kebuka dan orang2 bakal masuk..
jadi gw ga perlu diingetin..
tapi, tuh bapak tetep aja peduli, dan ngingetin..
sapa tau aja gw kelupaan dan akhirnya pas pintu buka, gw jatoh ke belakang..

kali ini gw ngeliat kebaikan seorang bapak2 kecapekan kepada seorang anak muda yang mungkin agak sedikit capek..


2. BUS
gw lanjutin jalan balik gw dari MRT boon lay naek bus.. bus nomer 199..
gw liat supir busnya, ternyata cewe..
yep, gw tau itu aunty bus.. dia salah satu supir bus yang paling ramah yang gw tau..
tiap gw naek bus itu, dia pasti nyapa.. dan bukan cuma ke gw, ke semua orang yang masuk..
nyapanya ga aneh2, cuma bilang good morning atau kadang cuma bilang hallo..
dan ga lupa pasti selalu senyum..
termasuk malem itu, gw masuk busnya dari boon lay, dia nyapa, "evening", sambil senyum..
gw bales, "evening aunty"..

bus jalan, sampe masuk ke area kampus gw..
sampe di bus stop hall 11, dia nurunin penumpang.. trus lanjut jalan lagi..
ga sampe 10 meter, dia berenti..
gw heran, "ngapain ni aunty berenti?"..
gw tau di luar lagi ujan.. lumayan deres..
trus gw liat ke luar, di trotoar sebelah kiri ada orang lagi jalan.. ga bawa payung, ujan2an sendirian..
yep, dari hall 11 itu cukup jauh kalo mo jalan ke mana pun..

si aunty rupanya nyuruh si orang ini masuk, bareng sekalian ke hall 15..
dan ga perlu bayar..

gw heran..

di satu sisi, si aunty ini kerjaannya adalah supir bus, dan dia dibayar dari setiap penumpang yang naek ke busnya..
tapi kali ini, dia nyuruh orang laen masuk busnya tanpa bayar..
cuma karena dia kasian liat orang itu ujan2an..

dan sekedar informasi, orangnya ini adalah anak kuliahan, bule rambut item, dan gw duga kalopun dia ga naek bus itu dan kena ujan, dia ga bakal langsung mati di tempat..

gw jadi inget pertanyaan PPKn jaman2 gw sd dulu..
kalo ada temen di jalan, jalan sendirian, dan kamu naek kendaraan pribadi, dan masih ada tempat kosong di kendaraanmu, dan kamu searah sama temenmu itu, apa yang kamu lakukan?
gw selalu jawab, "aku ajak bareng naek kendaraanku"..

dan kali ini kasusnya beda..
kalo kita liat dari pertanyaan PPKn tadi, si bule itu bukan temennya dan itu bus bukan kendaraan pribadi si aunty..
tapi.. si bule jalan sendirian, masih ada tempat kosong di dalam bus, dan si bule emang searah sama jalan busnya..
jadi, si aunty tetep ajak si bule naek, masuk, ikut busnya..

kali ini gw ngeliat kebaikan stranger ke stranger..


3. HALL
yang ini emang kejadian kecil..
gw yakin kita semua sering ngelakuinnya.. tapi jarang mikir tentang ini..

gw dah sampe di bus stop 12, dan dari bus stop itu cukup jauh ke kamar gw..
harus naek tangga beberapa tingkat, dan harus lewat jalan yang ga ada atepnya..
alias gw bakal basah kuyup kalo gw ga lari pas lagi ujan..

gw lari cepet2 ke arah kamar gw.. selain karena ujannya cukup deres, jemuran gw juga belom di angkat..
jadi, mau ga mau harus cepet sampe kamar..

nah, buat masuk ke lantai gw itu, harus lewat pintu besi, terali..
dan gw perlu ngetap kartu masuknya..
kebetulan di depan pintu itu ada cewe, bawa payung..
dia mau keluar, gw mau masuk..

tuh cewe ga keluar gitu aja, dia malah bukain itu pintu dari dalem dan nungguin gw masuk dulu baru dia keluar..
dan lagi2 reflek gw cuma ngomong, "thank you"..
dan reflek tu cewe cuma bilang, "welcome"..

gw masuk kamar.. kamar gw di lantai 1.. cuma kurang lebih 12 meter dari pintu tadi, dan kurang lebih 11 meter dari lift..
gw di dalem kamar kurang lebih 5 menit..
ngerasa haus, gw keluar buat ambil aer minum..
nah, waktu gw keluar itu, gw liat si cewe masuk ke lift sama cowo..
gw ga tau itu siapanya, tapi menurut gw itu cowonya..

nah, gw sempet denger mereka ngobrol sebelum pintu lift yang kedap suara itu ketutup..
dan yang gw denger, kayanya si cewe lagi marah ama tuh cowo..

gw bingung..

dia masih bisa baek dan senyum ke gw, orang yang ga dikenal, sementara dia kayanya lagi punya masalah sama cowonya..

dan kali ini gw ngeliat kebaikan seorang cewe badut yang tetep senyum walopun punya masalah sendiri..


sering banget kita dihadapin dengan pilihan yang gampang tapi sulit..
pilihan untuk berbuat baik ke orang lain..
pilihan itu gampang, karena jawabannya cuma 1, berbuat baiklah..
tapi pilihan itu juga susah, karena untuk berbuat baik itu yang dibutuhkan bukan cuma niat, tapi juga keikhlasan..


yok, kita belajar buat jadi orang yang lebih baik lagi..
entah itu sama temen kita, ataupun sama orang yang ga kita kenal sama sekali..

there's no stranger.. just an unknown potential friend..

for the better future..
=)

No comments: