Friday 29 May 2009

LIFE vs FOOTBALL


yeah!
barcelona juara champions league!
setelah mengalahkan manchester united..

benernya gw demen sama 22nya sih..
demen sama barca, demen sama men-yu juga..
and the game was great..
barca berhasil ngurung men-yu selama pertandingan, dari awal sampe akhir..
men-yu ga berkutik..
messi keren banget..
puyol sangat mantabh..
ronaldo ama rooney mati..
ckckck..

okeh..

kali ini gw ga mo ngebahas pertandingan itu..
yang mo gw bahas kali ini adalah gimana rasanya jadi pemain bola..

yep..

di NTU gw sering maen bola..
ikut2 pertandingan2 skala kampus, bela indonesia lawan negara lain..
dan gw tau rasanya jadi pemain..

masih inget banget gw dulu, waktu tim indo-NTU berhasil ngebantai tim india-NTU 7-1..
dan juga ngebantai tim malaysia-NTU 5-0..
dan di 2 pertandingan itu gw nyetak masing2 2 gol..
dan di 2 pertandingan itu gw baru masuk di babak kedua..

okeh, gini..

sebagai pemain, tentunya kita pengen maen sesuai keinginan kita sendiri..
gw sebagai striker, gw pengen diumpan bola yang enak2..
gw pengen nembak aja kalo dah dapet bola..
gw pengen maen dari awal sampe akhir supaya bisa nyetak banyak gol..
gw ga seneng jadi cadangan ataupun digantiin di tengah2 pertandingan..
gw mau maen suka2 gw..

tapii...
gw ga bisa..
gw maen sama temen2 setim gw..
gw maen lawan tim laen..
total ada 22 orang di dalam lapangan itu..
gw maen ditonton suporter gw dan suporter musuh..
gw ga maen sendirian..

dan yang paling penting, masih ada pelatih yang lebih berhak buat nentuin gimana gw bakal maen..
dan sebagai pemain, gw mau ga mau harus nurut sama kata pelatih gw..
mau ga mau, gw harus maen sesuai yang udah ditentuin sama pelatih gw..
hummph..

now, lets go back to FC Barcelona..

kemaren gw kaget, ngeliat puyol bisa segitu semangatnya dari awal sampe akhir pertandingan..
yep, dia kapten.. dia harus bisa bikin temen2nya semangat..
tapi, kemaren beda banget..
dia kaya dapet doping tambahan..
nginget umurnya yang udah bisa dibilang cukup tua buat jadi seorang pemain bola, dia kemaren nujukin gimana seorang profesional maen bola..

di pertandingan kemaren, dia disuruh sama pelatihnya buat jadi bek kanan, gantiin dani alves..
buat yang tau dani alves, menurut gw, dia adalah bek kanan yang paling jago yang ada sekarang..
jago nyerang dan jago bertahan..
nafas kuda, tenaga kuat, ga ada kata capek..

dan... gw kaget, ternyata puyol bisa gantiin perannya dani alves yang umurnya jauh di bawah dia..
dia berhasil bikin mati sayap kiri men-yu yang ga lain ga bukan adalah rooney..
satu kata buat puyol, mantabh!

nah..

gw langsung kepikiran juga sama si tevez..
di men-yu dia cuma pemain pinjaman.. dan dia berusaha buat jadi pemain tetap..
gimana caranya? dengan cara maen sebagus2nya, coba cari simpati dari si ferguson..
dan menurut gw, dia sudah pantas buat jadi pemain tetap..
lebihnya lagi, dia malah pantas buat jadi striker inti men-yu..

tapii..
apa yang terjadi?
dia malah jarang dimaenin dari awal..
dia lebih sering jadi cadangan..
bahkan sering juga ga dimaenin sama sekali..

kalo gw tevez, gw bakal bete..
kalo gw ga profesional, gw bakal ngamuk2..
apa gunanya gw latian kalo gw ga maen?
apa gunanya gw dateng kalo gw ga dikasi kesempatan buat nyetak gol?
dan selama ini gw dah maen bagus.. kenapa gw masih ga ditawarin kontrak?
itu kalo gw jadi tevez..

tapi tevez ga gitu..
dia profesional..
dia tau kalo ferguson lebih berhak buat nentuin masa depannya di klub..
ferguson lebih berhak ngatur gimana timnya maen..
ferguson yang pegang kendali..
dia cuma nurut..

yeah..

well, dalam hidup kita juga sering terjadi hal yang sama..
kita mau idup suka2 kita..
kadang kita lupa, kalo kita idup sama orang lain..
ada yang satu tim, ada yang anggota tim lain..
ada yang jadi suporter kita, ada yang jadi suporter orang lain..
ada yang suka kita, ada juga yang benci kita..
dan yang paling penting, kita juga punya pelatih..

yak!
di dunia ini kita juga punya pelatih..
yang ngatur jalannya pertandingan..
yang ngatur gimana cara kita maen, formasi apa yang harus kita pake, dan di posisi mana kita berada..
yang ngatur cepat lambatnya pertandingan, yang ngatur kapan kita harus masuk dan kapan kita harus keluar..
yang bertanggung jawab lebih atas menang kalahnya tim kita..


pelatih kita itu Tuhan..

Tuhan yang berhak penuh mau nyuruh kita ngapa2in..
Tuhan yang berhak penuh atas kontrak kita di dunia ini..
Tuhan yang berhak penuh atas gaji kita..
Tuhan yang berhak penuh atas latihan dan kesehatan kita..

kadang kita mungkin bingung, kenapa begini kenapa begitu..
kadang kita emang ga ngerti formasi apa yang dipake sama pelatih kita..
kadang kita ga bisa ngeliat rencana apa yang dipasang sama pelatih kita dalam satu pertandingan..
kadang kita juga malah ngeluh atas kekalahan2 kita..

tapii...
taukah kita kalo pelatih kita itu lebih pusing lagi?
lebih capek dari kita?
lebih bingung dari kita?
dan lebih sedih kalo timnya kalah di satu pertandingan?

yes guys..
GOD is our coach and He is our manager in this life club..
He is the one who knows what to do and how to do in this life game..
He is in charge of us..
He is in charge of our life..
He is in charge of everything..

dan kalo Tuhan kita itu adalah pelatih yang ga sabaran, yang keras dan yang jahat sama kita, kita ga bisa komplen apa2..
kita ga bisa suka2 kita..
kita harus nurut..
kita cuma bisa bilang iya buat semua rencananya, kita cuma bisa nerima semua keputusanNya..

untungnya kita, Tuhan kita adalah pelatih yang super baek, yang demokratis juga..
kita masih bisa nego2.. walopun sebenernya kita ga punya hak sama sekali buat nego..
Dia yang ijinin kita buat bisa cerita apa aja keluhan kita..
kita masih bisa kasih input dan pandangan kita ke Dia..

supaya apa?
supaya hubungan kita sama Dia bisa jadi lebih baik..
bukan cuma sebagai pelatih dan pemain..
tapi lebih sebagai partner kerja dan sahabat dalam klub..

humm..
dah panjang..
intinya yang pengen gw bagiin disini adalah bahwa hidup kita di dunia ini hampir sama kaya pertandingan sepakbola..

kita bermain ga sendirian, ada 21 pemain lain di lapangan dan ada banyak suporter yang menonton kita bermain..
kita juga punya pelatih yang berhak ngatur kita..
dan kita harus berusaha sekeras mungkin buat memenangkan tiap pertandingan yang kita hadapi..
bukan cuma buat kesenangan kita, tapi lebih lagi adalah untuk kesenangan pelatih kita..

sekarang, pertanyaannya adalah gimana caranya supaya kita menang..
dan jawabannya adalah mainkan bolanya sesuai perintah dari pelatih kita..

you'll never walk alone.. =)

No comments: