Wednesday 27 May 2009

K.N.O.W.


pagi ni di bus, tiba2 kepikiran kalimat ini..

"you know that you'll know before you know it, and you'll know that you know just when you know it.."

apa artinya?

okeh, gw jelasin..

dalam hidup, tentunya kita belajar buat jadi lebih baik lagi..
dan belajarnya itu adalah dari setiap hal yang kita liat, lewati dan alami setiap hari..
dan yang namanya belajar, kita pasti nemuin hal2 baru yang belum pernah kita temui sebelumnya..
setuju atau setuju?

yang ga setuju, silahkan tinggalkan tempat ini..
wekeke..

nah, gimana cara kita belajar dalam hidup ini?
tiap orang pasti punya caranya masing2..
dan pasti beda2..
dan sekarang, gw mau bagiin cara gw..
yah, at least cara yang menurut gw bisa bantu gw belajar lebih baek lagi..

caranya ada di kalimat yang gw tulis di atas, "you know that you'll know before you know it, and you'll know that you know just when you know it.."

yok kita bahas..

kita potong kalimat itu jadi dua bagian..
yang pertama adalah "you know that you'll know before you know it"..
dan yang kedua adalah "you'll know that you know just when you know it"..

sekilas kedua kalimat itu punya arti yang sama..
tapi.. gw kasih tau, dua kalimat itu punya arti yang beda..

yang pertama, "you know that you'll know before you know it", bicara tentang ekspektasi..
tentang harapan..
tentang visi..

sesuai arti bahasa indonya, "kamu tau bahwa kamu akan tau sebelum kamu tau hal itu"..

kamu harus punya mental bahwa kamu akan belajar sesuatu di depannya..
dan kamu harus punya harapan buat bisa ngerti akan hal yang ada di depan itu..
sebelum kamu tau atau belajar tentang hal itu, kamu harus yakin dan percaya bahwa kamu bisa ngerti dengan baik nantinya..

yeah, kalimat itu bicara tentang percaya diri dan punya persiapan sebelum belajar..

sedangkan yang kedua, "you'll know that you know just when you know it", bicara tentang sabar..
jangan sok tau..
jangan buru2..

sesuai arti bahasa indonya, "kamu akan tau bahwa kamu tau sesuatu pas saat kamu mengetahuinya"..

kamu baru ngerti sesuatu kalo kamu emang udah ngerti..
kamu ga bisa sok tau tentang sesuatu yang belum kamu tau..
dan kamu ga bisa buru2 menyimpulkan sesuatu sebelum kamu bener2 ngerti tentang hal itu..
kamu harus sabar, tunggu waktunya kamu ngerti, baru kamu bisa bilang bahwa kamu tau..

yeah, kalimat itu bicara tentang waktu.. tentang kesabaran selama belajar..

"you know that you'll know before you know it, and you'll know that you know just when you know it.."

humm..

mungkin gw sendiri belum bisa nerapin aplikasinya di hidup gw..
mungkin gw juga masih perlu banyak2 belajar dan latian..
dan karena itulah makanya gw tulis itu di blog gw ini..
supaya gw bisa belajar bareng kalian..
belajar gimana caranya buat bisa ngerti pelajaran2 kehidupan dengan baik..
buat jadi orang yang lebih baik lagi..

for better future.. =)

No comments: