Wednesday 6 May 2009

ga usah banyak tanya, baca aja


waktu masih SD gw sering dipuji guru2 wali kelas gw..
dan pujian itu mereka sampein ke nyokap gw, biasanya pas bagi raport..
kata mereka, "anak ibu ini kritis. bagus. sering nanya2 di kelas."

gw bangga banget dulu sama predikat gw sebagai si anak kritis..
dan jadilah gw makin sering nanya di kelas..
dan kadang pertanyaan2 ga penting..

tapi, itu berubah setelah gw SMP..
kelas 1 SMP gw masuk kelas unggulan, isinya orang2 pinter, yang jauh lebih kritis dari gw..
dan pertanyaan2 mereka suka jauh lebih berkualitas dari gw..
gw berubah jadi anak pendiem..
itu SMP..

SMA, masih tetep diem..
kuliah, malah tambah diem..
diem karena ga ngerti harus tanya apaan..
haiz

tapi gw ga nyesel..
gw ga nyesel dah jarang nanya sekarang..
at least, dulu, gw dah pernah jadi orang kritis..
haha

sekarang, setelah gw belajar lebih banyak lagi, gw baru sadar, bahwa kadang dalam hidup ini ada beberapa hal yang ga bisa dan ga boleh ditanyain..

SOMETIMES WE HAVE TO DO SOMETHING WITHOUT EVEN QUESTIONING ANYTHING

just do it, kata nike..

selama gw di NTU, gw belajar buat ngelakuin semuanya tanpa harus ngerti semuanya..
iya, ada beberapa hal yang gw harus tau alesan dan tujuannya gw ngerjain itu kenapa atau buat apa..
tapi, ada beberapa hal juga yang cuma bisa gw kerjain tanpa banyak tanya..
cukup gw kerjain..

dan gw yakin, bukan cuma gw yang ngalamin hal ini..
lo yang baca juga pasti pernah ngalamin yang sama..

well, bukannya gw ga mau nanya..
karena pasti, tiap kita perlu alesan yang pasti buat ngelakuin segala sesuatu..
tapi kadang, kita ga bisa atau ga boleh nanya..
bukan ga mau, tapi ga bisa..

ga bisanya itu bisa karena emang ga ada jawabannya, atau karena emang jawabannya udah jelas..

dan sekarang, gw lagi ngelakuin itu..
gw lagi berbuat sesuatu tanpa gw mempertanyakan tujuan dan alasannya..
karena jawabannya sudah jelas dan gw ga butuh jawaban laen..

adios.. =)

No comments: