Monday 1 June 2009

Tuhannya kegedean


okeh.. here's the update for today..

mulai dari hari jumat minggu lalu, 22 May 2009, tiap malem gereja gw ngadain doa malem..
selama 10 hari, sampe tadi malem, 31 May 2009..
yep, untuk menyambut pentakosta..

selama doa malem 10 hari itu, gw selalu dapet hal2 baru, dan diingetin lagi akan hal2 lama yang mungkin gw kelupaan atau kadang gw sengaja lupain..
dan kali ini gw mo bagiin salah satu yang paling gw inget dari apa yang udah gw dapet..

judul postingan gw kali ini udah jelas, "Tuhannya kegedean"..
dan gw kasih tau, kita sering banget, sadar ga sadar, mikir kaya gitu, "Tuhannya kegedean"..

yok, kita bahas apa maksudnya "Tuhannya kegedean"..

dari kecil, kita sering denger kesaksian2 yang luar biasa..
dari seluruh penjuru dunia, dari segala jenis manusia..
dan kesaksian2 mereka itu keren2 banget..

ada yang lumpuh bisa berjalan..
ada yang buta bisa melihat..
ada yang mati dihidupkan kembali..
ada yang tuli bisa mendengar..
dan macam2 lagi..
banyak banget kesaksian2 yang luar biasa..

dan sadar ga sadar, otak kita jadi bener2 mikir, "WOW! Tuhan tuh keren banget! Tuhan tuh hebat banget! Dia luar biasa!", which is pikiran2 itu bener karena emang Tuhan tuh keren, hebat dan luar biasa banget..

tapiii....

ada satu hal yang mungkin kita ga sadar..
otak kita kadang jadi ngebatesin pekerjaan2 Tuhan itu sendiri..
otak kita kadang malah jadi mikir, "Oh, Tuhan itu luar biasa.. bagiannya Tuhan cuma yang gede2, yang kecil2 gw masih bisa kerjain sendiri dan Tuhan ga perlu ikut campur.."
sadar ga sadar sekarang gw sadarin..

pagi ini gw keinget sama ayat di Lukas 16:10..
"Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar."
dan ga tau gimana, gw tiba2 mikir gini, "itu bukan cuma masalah pekerjaan2 dan tugas2 yang dipercayakan ke kita, tapi juga tentang gimana kita percaya sama Tuhan.."

okeh.. gini maksud gw..

seringkali, tiap kita denger atau baca ayat itu, kita mikirnya itu tentang kesetiaan kita dalam mengerjakan sesuatu yang udah dipercayakan ke kita..
kalo kita setia dalam ngerjain setiap kerjaan2 kecil, maka Tuhan bakal kasih kepercayaan buat ngerjain yang lebih besar..
dan gw setuju banget sama hal itu..

tapi..
ada satu hal baru yang gw dapet dari ayat itu..
Lukas 16:10 itu juga ngomongin tentang kepercayaan kita sama Tuhan..
kalo kita bisa nyerahin setiap perkara2 kecil dalam hidup kita dan ngijinin Tuhan kerja di setiap perkara kecil itu, maka Tuhan juga bakal kerja di setiap perkara2 besar yang kita hadapi..
dan kebalikannya, gimana kita bisa percaya Tuhan bisa bikin mujizat yang besar kalo buat hal2 kecil aja kita ga percaya Tuhan bisa bantu kita?

guys, jangan ngebatesin kuasa Tuhan..

dari setiap kesaksian2 yang udah kita denger, kadang kita jadi nganggep kalo bagian Tuhan adalah bagian yang besar2, yang ga bisa dikerjain manusia doang..
sekali lagi, DOANG..
kita ngijinin Tuhan buat kerja di pekara2 besar, perkara2 sulit dalam hidup kita..
tapi kita lupa ngijinin Tuhan buat kerja di setiap perkara kecil dalam hidup kita..

kita ngijinin Tuhan buat nyembuhin orang bisu, tuli, buta, lumpuh..
tapi..
kita ga ngijinin Tuhan buat nyembuhin sakit flu dan migrain kita..
kita lebih percaya panadol..
yeah! PANADOL vs TUHAN..


kita percaya Tuhan bisa kasi makan 5000 orang dengan 5 roti dan 2 ikan..
dan kita percaya Tuhan bisa ubah air jadi anggur..
tapi kita ga percaya Tuhan bisa kasi kita berkat buat idup dan ga kelaparan..
kita takut ga punya duit.. padahal kita ga makan duit..
yeah! DUIT vs TUHAN..


kita tau kalo Tuhan bisa nyuruh badai berenti..
kita tau kalo Tuhan yang bikin Musa bisa belah lautan..
dan kita tau kalo Tuhan yang bikin Daud menang lawan goliat..
tapi kita masih takut ke WC sendirian..
kita lupa kalo Tuhan tetep nemenin kita, sekalipun kita ke WC..
yeah! WC vs TUHAN..


dan masih banyak lagi..

kita ngerasa kalo hal2 kecil doang, kita bisa ngelakuin sendiri..
dan dengan sopannya kita bilang, "please stay away from this one God.. I can handle it myself.."

hahahaha..
betapa saktinya kita..
betapa sopannya kita..

well, bukannya kita ga boleh berusaha..
kita harus tetap berusaha..
tapii..
jangan lupa buat ajak Tuhan kerja bareng kita..
jangan lupa buat minta bantuan Tuhan..
coba setia sama hal2 kecil, percayakan ke Tuhan..
baru ntar Tuhan bakal tunjukin kuasanya yang lebih lagi ke kita..


Tuhan kita bukan Tuhan yang kegedean buat setiap masalah kecil kita..
Dia adalah Tuhan dengan segala ukuran..


GBU! =)

No comments: