Friday, 15 May 2009

PACARAN : Butuh VS Mau


"elo tuh pacaran karena butuh apa karena mau sih?"

tiba2 aja kemaren pertanyaan itu muncul di kepala gw..
yep, pertanyaan yang sebenernya lebih sering gw tanyain ke temen2 gw yang udah jadian, atau yang pengen jadian..

sebenernya gw tuh pacaran karena butuh apa karena mau?

dulu, yang ada di otak gw adalah, pacaran harus karena butuh..
karena lo butuh, maka lo pacaran..
kalo lo ga butuh, ngapain pacaran?

tapii...

sekarang gw baru sadar..
ternyata pacaran itu seharusnya bukan karena butuh..
tapi karena mau..

okeh..
mungkin kalian yang baca masih bingung ngebedain antara pacaran karena butuh sama pacaran karena mau..

humm..
let me give you this analogy..

gw maen bola..

kalo gw maen bola karena butuh, maka itu berarti gw ga bisa idup kalo ga maen bola..
atau at least, bakal ada yang kurang kalo gw ga maen bola..
dan..
kalo kebutuhan gw itu dah terpenuhi, gw ga bakalan maen bola lagi..
karena gw ga butuh buat maen bola lagi, maka gw ga maen bola lagi..
dan..
mungkin gw bakal maen bola lagi kalo gw dah butuh buat maen bola lagi..
itu kalo gw maen bola karena butuh..

sekarang..
bandingin kalo gw maen bola karena mau..

kalo gw maen bola karena mau, itu berarti gw masih bisa idup kalopun gw ga maen bola..
toh itu cuma kemauan..
kalo kemauan gw itu terpenuhi, gw bakal seneng banget..
kalopun ga terpenuhi, bukan berarti gw bakal sedih.. gw bakal tetep seneng, walopun ga seseneng kalo gw maen bola..
dan, gw bakal tetep maen bola kapanpun gw mau..
walopun gw ga butuh, gw bakal tetep maen bola..
karena gw mau..

nah, gimana?

udah bisa bedain antara pacaran karena butuh dan karena mau?

okeh, to make it simple, gw bisa bilang gini..

kalo lo pacaran karena butuh, saat kebutuhan itu ga terpenuhi maka lo bakal kekurangan dan ngerasa ga nyaman..
dan saat kebutuhan itu sudah terpenuhi dan lo sudah ga butuh lagi, lo ga bakal bisa nerusin pacaran lo itu se-excited waktu lo awal2 pacaran..

tapii...

kalo lo pacaran karena mau, saat kemauan lo itu ga terpenuhi maka lo ga bakal ngerasa kekurangan apa2..
lo bakal tetep bahagia..
dan saat kemauan lo itu sudah terpenuhi pun, lo tetep bisa nerusin pacaran lo itu se-excited waktu lo awal2 pacaran..
karena lo mau, walopun lo ga ngerasa butuh..

dan kebanyakan orang yang ngalamin pacaran yang ga gitu exciting lagi adalah karena mereka pacaran atas dasar kebutuhan..

humm...

sering banget gw denger orang ngomong gini, "cariin gw cewe dong..!"
atau malah gw sendiri sering ngomong gitu?

it sounds so despo..

seolah2 kalo cewe itu adalah sebuah kebutuhan..
dan kalo ga dapet, bisa ada sesuatu yang buruk terjadi..
dan kebutuhan itu harus didapatkan secepatnya..
makanya minta sama orang lain, "cariin gw cewe dong..!"

itu kalo orang pacaran karena butuh..

sekarang, mereka yang butuh itu sebenernya butuh apa aja sih?
butuh buat ada orang yang perhatiin dia, butuh buat ada yang manjain dia, atau malah butuh pengakuan..

yep, orang2 yang pacaran cuma karena butuh pengakuan biasanya pacarannya ga lama..
karena kalo dia sudah dapet pengakuan itu, dia nganggep pacaran itu jadi hal yang ga spesial lagi..
dan itulah awal dari rusaknya sebuah hubungan, saat hubungan itu ga lagi berharga..

trus,mereka yang mau itu sebenernya mau apa aja sih?
mau menyayangi, mau memberikan sebagian waktu, tenaga, uang dan pikirannya, mau memberikan cintanya..

itulah kenapa orang yang pacaran karena mau bakal keliatan tetep happy sama hubungan mereka..
karena mereka mau dan suka sama pacaran mereka itu sendiri..
dan rasa saling mau memberi itulah yang bikin hubungan jadi langgeng dan mesra..
and they live happily ever after..

haiz..

gw cuma anak umur 5.25 taon yang belajar buat bisa ngerti tentang cinta..
tau apa sih gw?

2 comments:

Anonymous said...

bagus .. ^^

seekor bekicot muda said...

@anonymous, thx.. =)