Monday 15 September 2008

kesalahan


hmm..
lagi2 kali ini gw bakal ngobrolin tentang pelajaran kehidupan..
secara manusia ituh tiap hari belajar..
belajar dari apa aja yang di sekitarnya..

khususnya lagi belajar dari kesalahan2..
entah itu kesalahannya sendiri atau kesalahan orang lain..
entah itu kesalahan2 kecil atau malah kesalahan yang bisa dibilang fatal..

oh iya..
menurut gw, sebenernya manusia itu ga perlu belajar dari kesalahannya sendiri kok..

karena eh karena.. sebelum seseorang melakukan sebuah kesalahan, pasti dia sudah pernah mendengar tentang kesalahan yang akan diperbuatnya itu.. well, dengan kata lain, udah ada orang lain yang pernah melakukan kesalahan yang sama di masa lalu..

naahh.. masalahnya sekarang adalaaahh... kadang2 manusia itu justru cuek, ga peduli, dan ga percaya kalo belum ngalamin sendiri..

setuju?!?!

waktu gw masih kecil, gw pernah dikasih tau ama bokap gw, kalo gw ga boleh maen2 api.. apalagi maen2 api pake baygon..
dan gw juga sering ngeliat tanda2 itu di botol baygonnya sendiri..

tapii..

tetep aja gw ga percaya kalo maen api pake baygon itu bahaya..

namanya manusia, gw penasaran..
akhirnya gw coba aja..
gw ambil botol baygon.. yah, udah kosong sih emang.. cumaaa.. kosongnya itu baru aja.. jadi masih ada beberapa tetes gitu cairan di dalemnya.. trus masih ada uap gasnya juga..
nah, tuh botol baygon kosong yang sebenernya ga kosong langsung gw bawa ke luar rumah, sekitar jam 2 siang.. waktu panas matahari lagi panas2nya..
trus, gw ambil korek api, gw gesek, idupin apinya, trusss... gw sulut itu kaleng baygon pake korek api yang jelas2 masi idup..

alhasil.... sudah bisa ditebak..
meledaklah itu kaleng baygon!
dan tangan gw jadi korbannya..

barulah gw tau kalo ternyata bener, maen api pake baygon itu bahaya..

nahh..

mungkin kita pernah mikir gini, "kenapa gw harus ngelakuin kesalahan2 itu?"
atau gini, "kenapa Tuhan ngijinin gw ngelakuin kesalahan2 itu?"

well, alesannya cuma satu, supaya kita belajar..

nah, moga2 lewat post ini gw bisa ngingetin kita2 semua kalo kesalahan2 yang kita buat itu terjadi supaya kita belajar..

belajar lah dari kesalahan.. =)


-coby, pernah berbuat salah-

No comments: