Wednesday 9 July 2008

tentang anak jalanan

gw baru liat video ini di youtube, dan gw pengen ngebahas dikit hal yang berhubungan dengan video ini..

so, check this first!




video itu cerita tentang gimana nasib anak2 jalanan yang ada di jakarta..
gimana nasib mereka kalo pemerintah ngelarang adanya pengemis2 di jalanan..

well, bahasan gw kali ini mungkin agak keras, extrim atau apa pun itu namanya.. but, to be honest, this is exactly what i think!

pernah ga sih rumah lo disantroni (didatengi) pengemis siang2 bolong? biasanya awal bulan atau malah akhir bulan.. deket2 tanggal orang gajian..
berani tarohan, sebagian besar dari lo yang baca pasti pernah..

gimana tampang mereka biasanya? apa lo langsung kasih sumbangan seadanya ke mereka?

kalo gw, setiap kali ada pengemis yang dateng ke rumah gw, trus minta2, gw bakal liatin itu orang dari atas ampe bawah.. gw amati keadaan mereka..
gw bakal mempertimbangkan dulu kira2 apa mereka pantes buat gw kasih sumbangan atau nggak..
dan itu juga gw lakuin ke semua pengemis laen yang gw temui di jalanan..

dan apa yang gw temuin dari pengamatan gw, kebanyakan dari mereka masih beranggotakan tubuh lengkap.. masih punya 1 kepala dengan 2 mata yang masih bisa ngeliat dengan jelas duit seribuan, 2 telinga yang bener2 masih bisa denger kalo kita bilang "maaf saya tidak bisa bantu", 1 hidung yang bisa nyium bau parfum yang gw pake atau mungkin ikan asin gosong yang gw tinggal di dapur dan 1 mulut yang masih bisa ngomong "mas, sumbangan mas" dengan amat sangat jelas..
mereka juga masih punya 2 tangan yang masih berfungsi dengan baik buat bawa tas kresek mereka dan bahkan terkadang sambil menggendong seorang anak kecil yang gw sendiri ga tau apa itu anak mereka atau bukan..
2 buah kaki yang masih bener2 utuh yang masih bisa mereka pake buat keliling kompleks rumah gw seharian, itu pun ga lepas dari pengamatan gw..
singkatnya, mereka masih sehat wal afiat..

dan buat orang2 seperti itu, 100%, ga usah ditanya, gw ga bakal pernah kasih sumbangan dalam bentuk apa pun, bahkan tidak sepeser pun..

kalo gw pernah itung2, ga tau itung2an gw ini bener atau bener2 ngaco, seharinya seorang pengemis yang ada di lampu merah tengah kota atau di jembatan penyeberangan bisa ngehasilin minimal Rp. 10000 dan maksimal (kalo orang2 lagi baek) bisa sampe Rp. 30000.. dan ga jarang juga ada yang dapet Rp. 40000 sehari..
kalo dilanjutin lagi itung2annya, buat sebulan kurang lebih mereka bakal dapet minimal Rp. 300 ribu dan maksimal Rp. 900 ribu..
okeh, itu emang ga banyak.. apalagi kalo tinggal di ibukota, jakarta..
tapi inget, pekerjaan mereka mengemis..

gw udah di singapur selama hampir 3 tahun.. dan apa yang gw temui di sini amat sangat jauh berbeda dengan apa yang gw liat di indonesia..
hmm.. kalian boleh berargumen kalo gw udah kaya 'kacang lupa kulitnya'.. but before you judge me, let me finish my words first..

di orchard, pusat perbelanjaan di singapur, dimana ada puluhan mall yang ga bakal abis dijalanin selama seminggu penuh, gw banyak ngeliat orang2 cacat ngamen dengan apa yang mereka bisa.. ada yang buta tapi bisa maen gitar.. ada yang pincang tapi bisa maen harmonika.. mereka semua tetep kerja dengan apa yang mereka bisa..

sedangkan di indonesia, yang gw temui malah orang sehat wal afiat mengemis di jalanan seolah2 mereka bener2 ga bisa ngapa2in lagi.. entah mereka emang udah terlalu males buat ngangkat pantat mereka dari jalanan, atau otak mereka emang udah ga jalan lagi..

jujur, gw lebih hormat sama tukang becak yang bau dan lambat daripada pengemis.. gw lebih hormat sama pengamen2 daripada pengemis walopun suara mereka kadang malah ngeganggu mood makan gw.. at least they know how to make money, not ask for money..

balik lagi ngebahas tentang anak2 jalanan yang ada di video yang gw taro di atas..

mereka memang butuh perlindungan.. mereka memang butuh tempat tinggal.. mereka memang butuh makan buat hidup..
dan setau gw, panti asuhan itu ada buat mereka..

banyak orang udah nyumbang buat panti asuhan yang ada di indonesia, negara kita tercinta, dan gw yakin sumbangan itu ga sedikit.. gw yakin juga jumlah panti asuhan yang ada itu amat sangat cukup buat nampung semua anak jalanan yang ada di indonesia, negara kita tercinta..

apa yang ngebuat mereka ogah ke panti asuhan?

menurut gw, karena jalanan itu emang udah jadi dunia mereka.. mereka udah bener2 lengket sama bau kriminalitas jalanan..
mereka ga bisa hidup tanpa hal itu.. mental mereka adalah mental jalanan..

kita udah terlalu banyak kasihan sama mereka, sampe2 mereka nganggep kalo emang mereka itu ga perlu lagi dikasihani, dan justru minta dibiarin berkeliaran di jalanan..
mental seorang anak kecil, dikasih hati minta jantung..

apa yang mereka butuhin sekarang cuma kesadaran.. mereka ga sadar2 kalo sebenernya mereka tinggal jalan ke panti asuhan, minta buat tinggal di sana, dan mereka bisa tinggal di sana..
ga perlu lagi kita bikin pernyataan2 bodoh kalo kesalahan terletak pada pemerintah..
kesalahan ada pada mereka..
atau...
kesalahan ada pada nasib?
persetan dengan nasib!

seluruh dunia juga udah tau.. dan gw yakin mereka, pengemis2 dan anak2 jalanan itu, pun tau.. dimana ada kemauan, di situ ada jalan..

sekarang, pertanyaan gw adalah,
"apa anak2 jalanan itu mau ke panti asuhan yang hidupnya jauh lebih teratur?"
"apa pengemis2 itu ga pernah coba buat cari pekerjaan? entah pekerjaan apa pun itu yang halal dengan tubuh mereka yang masih lengkap, sehat wal afiat?"

cukup sudah kita musingin diri kita dengan permasalahan2 mereka, toh mereka sendiri ga pusing dengan hidup mereka!

it's 2.45 in the morning.. i'm off!

No comments: