Monday, 7 July 2008

Power of Suggestion

lo semua pasti dah pernah denger judul postingan gw kali ini..
atau at least pernah baca, entah dimana..

well, kali ini gw mo ngebagiin sedikit tentang apa yang gw tau tentang "Power of Suggestion" ini..

Suggestion is the name given to the psychological process by which one person may guide the thoughts, feelings or behaviour of another
(Sugesti adalah proses psikologis dimana seseorang bisa mempengaruhi pikiran, perasaan atau kelakuan orang lain)

di wikipedia artinya kurang lebih kaya gitu..

nah, arti yang gw punya disini mungkin agak lebih luas.. Sugesti buat gw bukan cuma bisa mempengaruhi pikiran, perasaan atau kelakuan orang lain, tapi juga bisa mempengaruhi pikiran, perasaan atau kelakuan diri sendiri..

pernah liat orang nguap lebar2 kaya kuda nil? kalo pernah, kalian juga pasti pernah ngikut nguap abis ngeliat orang lain nguap..

nah, itu salah satu contoh sugesti yang paling sering dan paling gampang kita alami.. setiap hari ada di sekitar kita..

dan kali ini gw mo ngasih tau, kalo kekuatan sugesti itu jauh lebih gede, jauh lebih menakjubkan dari sekedar bikin orang lain ikut ngantuk setelah ngeliat kita ngantuk..
dan selama gw di NTU, gw sering banget bikin sugesti ke diri gw sendiri.. dan sebagian besar dari sugesti2 gw itu berhasil bikin gw ngerasa lebih baek..

manusia bergerak karena otak mereka memerintahkan mereka untuk bergerak.. semua tindakan, gerakan, perbuatan dan bahkan perasaan manusia di kontrol dan berawal di otak..
dan sugesti adalah proses mempengaruhi otak manusia itu sendiri supaya otak itu memberikan perintah yang berbeda kepada tubuh..

ada yang pernah nanya sama gw, "lo percaya sama hantu ga?", atau, "hantu itu ada ga sih?"
dan gw biasanya jawab kaya gini, "gw taunya ada setan, bukan hantu.. dan setan itu seharusnya ga keliatan buat kita manusia.."

"trus, kalo ada orang yang katanya pernah ngeliat hantu, itu gimana?"
itu cuma sugesti mereka aja..

manusia sudah kebanyakan ngeliat film2 hantu.. dan gw berani jamin, semua film2 hantu itu ga ada yang aseli.. dan bentuk2 hantu yang selama ini kita tau, itu cuma bentuk hayalan manusia yang berdasarkan beberapa deskripsi yang entah darimana pernah mereka baca..
dan film2 hantu itu berhasil men-sugesti pikiran kita tentang bentuk hantu itu dan berhasil ngontrol otak kita buat nganggep kalo hantu itu bener2 bisa keliatan..

satu fakta tentang orang2 yang bisa ngeliat hantu,
antara orang2 itu golongan setan, atau mereka golongan malaikat..
karena jelas2 dunia kita dengan dunia mereka berbeda.. totally different!
jadi, ga ada ceritanya kita bisa ngeliat mereka kalo kita bener2 masih jadi manusia yang normal..

nah, sebagian besar manusia yang normal yang pernah ngeliat hantu, mereka pasti ngeliat bentuk hantu yang udah pernah muncul di TV, atau hantu orang2 yang udah mati yang mereka pernah kenal..
ya, bentuk hantu yang pernah mereka liat adalah bentuk2 yang pernah mereka liat sebelumnya dengan mata kepala mereka sendiri.. tentunya dengan ditambah sedikit bumbu sugesti dari otak mereka sendiri..

berbeda dengan orang2 ga normal yang udah gw tulis di atas, orang2 golongan setan atau golongan malaikat itu, mereka bakal ngeliat bentuk hantu yang bahkan mereka sendiri ga bisa deskripsiin.. karena emang sebenernya yang namanya setan itu bentuknya ga bisa di deskripsiin..

wokeh, daripada makin dalem ngebahas tentang hantu, mending kita lanjutin lagi ngebahas Power of Suggestion..

tentang hantu dan bentuknya, itu cuma satu contoh dari sugesti otak manusia.. mereka berfikir kalo bentuk hantu itu adalah seperti ini, seperti itu, maka muncul lah halusinasi yang berbentuk sesuai dengan apa yang mereka pikirkan saat situasi dan keadaannya pas.. dan itulah yang membuat mereka merasa kalo mereka pernah ngeliat hantu..

sugestikan dirimu ke sesuati yang positif, maka akan terjadi yang postitif padamu..

gw paling sering pake kekuatan sugesti ini waktu jaman2 exam..
untuk ngurangin tekanan di otak gw, alias tingkat kestressan otak gw, gw sering ngomong ke diri gw sendiri tentang hal2 positif..
contohnya, "pelajaran ini ga susah, baca aja trus kerjain soalnya.. pasti bisa.."
dan itu cukup berhasil buat ngurangi tingkat kestressan gw..
atau kalopun gw akhirnya tetep ngerasa stress juga, gw sering masukin ke otak gw hal2 yang bisa bikin gw rileks.. seperti, "tenang aja, abis ini kan bakal bebas.. bentar doang kok.."
dan itu berhasil bikin raut muka gw ga gitu keliatan stress.. at least orang ga tau kalo gw lagi stress..

dan karena efek kalo gw keliatan stress itu cukup luar biasa, bisa bikin orang laen ikut stress, bisa bikin orang laen lari kabur tunggang langgang dan bisa bikin orang laen muntah2 dari atas bawah, sugesti yang gw lakukan berarti membawa efek positif yang luar biasa juga.. lol

nah, buat lo yang baca.. yang mungkin saat ini butuh buat bikin diri lo ngerasa lebih baek lagi, cobalah buat sugesti pikiran lo sendiri.. try to think of something good about you or what you do.. it will help you for sure..

don't ever underestimate the power of suggestion!

2 comments:

tessa said...

you are what you think,,,=)
makanya jangan mikir yg negative2 kalo ga mau jadi negative beneran,,,=P

seekor bekicot muda said...

setuju! =)