Sunday 6 July 2008

Dad

pernah ga ngebayangin diri kalian sebagai orang tua?

pernah ga ngebayangin gimana kira2 nanti kalo kalian sudah punya anak?

bakal punya berapa anak ntar?

apa yang bakal kalian lakuin ke anak2 kalian?

gimana kalian bakal ngajar anak2 kalian?

dimana kalian bakal nyekolahin mereka?

pernah mikirin ke arah situ ga?

entah gw yang terlalu terburu2, atau mungkin gw yang udah ga tahan lagi, udah kebelet pengen punya anak, tapi gw sendiri udah ngerencanain banyak hal buat anak2 gw yang sementara ini masih ada di pikiran gw doang..

pertanyaan yang muncul berikutnya adalah, pernah ngebayangin capeknya ngurusin anak ga?

gimana kalo anak lo itu bandel banget?

gimana kalo anak lo itu cuma bisa ngecewain lo?

gimana kalo ntar anak lo ga sesuai ama apa yang lo harapin?

argh! gw ga mau ngebayangin hal2 itu! gw ga mau punya anak2 yang bikin gw capek!

dan itu yang gw rasain setiap bokap gw ngomong2, ngobrol2 sama gw..
dia selalu nyelipin harapan2nya di setiap obrolannya bareng gw.. bahkan masalah jodoh pun, walopun ngobrolnya dengan ketawa2, dia tetep ga lupa nyelipin harapannya sama gw..
dia sering nyeritain kesalahan2, kegagalan2nya di masa lalunya, dan berharap supaya gw ga mengulangi kesalahan2 dan kegagalan2 itu..
dia sering cerita tentang masa lalunya yang sulit, cuma buat gw ngerti kalo dia ga bakal ngebiarin gw ngalamin hal2 yang sama, yang pahit, yang pernah dia alami..

dulu mungkin gw ngerasa agak risih setiap gw ngedenger harapan2 dan cerita2nya itu..
dulu mungkin gw mikir gini, "ah, apaan sih? banyak banget maunya.. ga usah cerita yang jelek2 napa?"
tapi gw sekarang baru ngerti, kalo semua harapan2nya itu adalah buat kebaikan gw sendiri..
gw sekarang ngerti kalo semua doa2nya itu cuma demi masa depan gw yang harusnya penuh dengan kebaikan dan kebahagiaan..
sekarang gw ngerti, kalo apa yang pernah bokap gw ceritain itu, apa yang pernah diselip2in di setiap obrolan kami itu bener2 dari dalam hatinya dia sebagai orang tua..

dan buat gw, sekarang gw justru merindukan obrolan2 itu..
gw kangen berat sama obrolan2 yang selalu diselipin doa bokap gw, selalu diselipin harapan2nya sama gw..
gw pengen banget bisa naek mobil berdua doang keliling kota malem2 cari makan bareng bokap gw sambil ngomongin tipe cewe yang gw suka, dan tipe cewe yang dia harapin buat jadi istri gw ntar..
gw kangen banget sama semuanya.. semua hal bareng bokap gw..

argh, seandainya dulu gw bener2 ngehargain waktu yang udah gw punya sama bokap gw..
sayangnya sekarang gw cuma bisa berharap liburan bisa cepet dateng buat gw bisa ngabisin waktu gw sebanyak2nya sama dia..
argh, seandainya gw ga bandel setiap kali dia nyuruh gw buat tinggal dirumah aja dan bukannya malah keluyuran maen bola ke kampung orang..

argh, seandainya aja dia bisa baca tulisan gw ini dan tau kalo gw bener2 sayang sama dia, kangen sama dia dan ga pengen bikin dia kecewa!

argh! seandainya gw punya keberanian buat ngomong langsung ke dia :

"I love you dad! I miss you so much!"

No comments: