Saturday 13 October 2007

MKKB, Masa Kecil Kurang Bahagia?

kalo ngliat anak2 jaman sekarang, kadang bikin gw kasihan.. kadang bikin gw ngiri..
tapi banyak kasihannya sih.. haha..

*kok tiba2 ngomong gini?*

abis jalan2 dari rumah temen, ngeliat ada adenya yang masih kecil.. cowo.. *jadi gw ga pedo!!* tapi gw homo
trus gw tanya, "ga maen2 keluar dek?"
dijawab, "mo kemana? males! mending di rumah, maen PS." sambil nangis ketawa..

dibandingin ama jaman gw masih kecil dulu, gw ampe bisa dibilang diusir disuruh ama bokap gw supaya maen2 keluar.. alesannya gampang, buat kebaikan gw sendiri..
jangan jadi anak autis! cari temen! maen bola sono, biar sehat! gitu kira2 yang bokap gw bilang waktu gw masi kecil..

dan waktu gw masi kecil juga, gw ga punya yang namanya PS (berhubung dulu emang belom ada yang namanya PS), tapi buat jaman dulu yang udah ada nintendo, gw juga punyanya telat banget.. sega udah basi, baru gw punya nintendo.. huhu..
*buat urutan jamannya, gembot gem jaman jebot -> nintendo -> sega -> PS -> PS2 -> dst..*

jadi gw tuh maenan masih kecilnya cuma kelereng, layangan, gambar tepok, sama maenan2 tradisional lainnya (lompat tali, bentengan, engklek, dll).. bener2 maenan anak kampung lah..
kalo kata anak jaman sekarang sih, gw dulu tuh kampungan.. maenannya ga keren.. cupu.. ndeso.. dll..

tapi setelah gw liat2 lagi.. kayanya gw masih lebih bahagia dari mereka deh.. tapi tetep lebih ndeso haha..
situ boleh setuju, boleh juga ga setuju.. secara ini juga cuma pendapat gw.. haha..

balik lagi ke kalimat pertama gw tadi, kadang gw kasihan liat anak2 jaman sekarang.. temen sedikit, maenannya di rumah mulu, jadi rentan sama penyakit, jadi lebih banyak yang pake kacamata gara2 maennya di depan monitor mulu (entah komputer, entah PS), jadi banyak yang kuper dan macem2..

ayo kita bahas satu2..

1. masalah temen, mungkin jarang ada yang kenal ama tetangganya.. ckckck.. atau mungkin temen sekolah pun cuma ketemu di sekolah.. astaga..

2. masalah maenan di rumah mulu.. yah, itu pilihan sih.. tapi juga jadi tanggung jawab orang tua..
mungkin alasan orang tua, supaya anak2nya ga kena macem2 yang aneh2 di luaran gitu.. kaya pergaulan bebas, rokok, atau mungkin malah narkoba.. satu alasan yang logis, tapi ga bisa jadi alesan buat ngurung anak di rumah aja.. kalo emang orang tuanya bertanggung jawab, dia bakal ngasih anak2nya keluar, tapi tetep dalam pengawasan dia.. make sure anaknya ga bakal kena macem2..

3. masalah rentan sama penyakit.. ya itu tadi.. karena jarang keluar, jadi jarang kena ujan.. jarang kena debu.. jarang maen2 yang jorok.. jarang makan yang ga higienis.. jadinya sekalinya kena ujan, kena debu, kena kotoran, makan yang ga higienis langsung sakit.. percuma makan makanan yang bergizi, 4 sehat 5 sempurna, kalo kekebalan tubuhnya sendiri ga dilatih dari hal2 kecil.. satu alasan pendukung kenapa anak tak seharusnya dikurung dikekang di rumah..

4. banyak yang pake kacamata.. ini udah jelas.. kalo maennya di depan komputer atau TV mulu.. yah cepat ato lambat bakal rusak tuh mata.. atau kalopun ga maen, tapi kalo baca buku mulu.. bweh.. sama aja ngerusaknya..
sekali2 coba keliling2 keluar, cuci mata, jalan2.. kasihan tuh mata..

5. banyak yang kuper.. udah dijelasin di nomer 1..

6. dan macem2.. liat aja tingkahnya anak2 yang di rumah doang.. bandingin ama yang sering maen2 keluar (tapi yang terkendali dan terpantau).. bedanya pasti keliatan..

sekian, demi masa depan anak2 yang lebih baik.. ^^

1 comment:

Ben[Aga] said...

cobbbb,,, gw suka article lw yg ini!!!

semakin lama semakin better ajaaa... emang ya,, writing skill itu bisa diasah.. but not all ppl can be like dat.(for ex: me).