Saturday 20 October 2007

budaya nge-cap

budaya nge-cap?
maxud?
budaya makan kecap? - BUKAN!
salah tulis kali.. budaya ngecat kan maksudnya? - BUKAN!
budaya nge-Cobysot Avego Putro ya? - BUKAN!

trus apaan dong?

budaya yang satu ini sudah jadi budaya dunia..
budaya yang sebenernya berasal dari sifat manusia itu sendiri..
budaya yang sebenernya ga boleh dikembangbiakkan di muka bumi..
budaya yang berarti memiliki pre-assumption terhadap sesuatu.. *dalam hal ini seseorang*

masih kurang jelas?
ini gw jelasin..
gw punya temen yang sering boong.. bukan berarti tiap hari dia boong lhoo.. tapi sering boong..
nah, suatu ketika, dia ngomong jujur.. dan saat dia ngomong jujur gitu dia ga di percaya..
dan parahnya lagi, dengan dia ngomong jujur gitu dia malah dianggep ada maunya.. kalo kata orang sih, ada udang di balik batu..
dia udah jadi korban budaya ngecap..

udah ngerti kan maksudnya? udah! siip!

nah, gw ngerasa, kalo gw juga kayanya udah masuk jadi korban budaya ngecap ini..
gw yang sering banget cengengesan, suka maen2, suka ga serius ini..
gw tau kalo gw emang mungkin keliatan ga pernah serius.. but trust me, gw masih punya sisi serius juga..
gw tau kalo gara2 ke-nggak seriusan gw itu, gw jadi sering dianggep masih kekanak2an.. but again, trust me.. gw masih punya sisi dewasa juga..

kok jadi curhat gini sih?

balik lagi ngomongin budaya ngecap deh..

gw punya pengalaman lagi tentang budaya ngecap ini.. dimana gw jadi korbannya..
suatu hari, gw ngobrol sama temen gw..

gw : "gw capek nih gini mulu.. orang nganggep gw ga pernah serius.. anggepan orang kalo gw cuma berhubungan sama yang maen2 doang.. ga bisa serius sama sekali.. gw pengen berubah.."
temen : "berubah gimana?"
gw : "ya berubah.. jadi pendiem.. jadi serius.. jarang ketawa2.. ga cengengesan lagi.."
temen : "wah.. jangan cob!"
gw : "emang napa?"
temen : "yang ada juga ntar orang2 pada bingung.."
gw : "bingung?"
temen : "iy.. ntar mereka pikir lo kena sakit apa atau lagi stress kenapa gitu.. malah aneh jadinya.."
gw : "..."

apa emang di jidat gw udah ada tulisannya yak : "GW GA BISA SERIUS" ?

budaya ngecap ini kadang2 nyakitin buat gw dan orang2 laen yang mungkin juga jadi korban.. entah itu di kasus yang sama ama gw ataupun di kasus yang laen..

yah, nothing i can do sih sebenernya ama pandangan orang tentang gw.. yang gw bisa lakuin adalah ngebenerin diri gw sendiri..
but please, untuk ngebantu gw sama temen2 gw sesama korban budaya ngecap yang laen, tulung diinget lagi semboyan : "DON'T JUDGE A BOOK BY ITS COVER"
soalnya kadang2 isi buku itu ga sesuai dengan sampul depannya..

*ujung2nya curhat juga*

segitu aja sih malem ini.. hihihi.. ^^

5 comments:

suhu said...

Kalau anak-anak final year udah hafal sama peribahasa itu, Cot. Don't judge the book by its cover, judge the book by its reference. Report efwaipi tuh semua reference minimum berlembar-lembar.

Anyway, posting serupa tapi tak sama

http://kisahdibalikhutanbambu.blogspot.com/2007/08/dont-judge-book-by-its-cover.html

Habibi said...

Cob, budaya ngecap jg bisa diartikan==

budaya makan sambil ngecap. ngerti???

:D

Unknown said...

namanya stereotype cob,,,
bukan nge-cap,,,ngecap,,,
hahaha,,,

Unknown said...

@suhu,
referencenya lebih banyak dari isinya lagi jangan2?

@eclipse,
apa ya?

@tessa,
yah, biar seru lah tes.. hahaha.. *padahal emang ga tau* =P

Habibi said...

ngecap..
makan sambil bersuara(mulutny kebuka pas makan), :D