Thursday 11 October 2007

darah bekicot

darah bekicot itu warna apa ya kira2?

silahkan ditebak.. trus kalo dah tau, kasih tau gw.. soalnya kita ga ngebahas warna darah bekicot disini.. hehehe..

ok, rabu kemaren gw donor darah.. ini yang kedua kalinya.. *padahal tadinya gw paling takut n paling anti ngeliat jarum suntik.. huhu*
taon lalu gw dateng di hari terakhir, which is itu hari jumat.. sore pula..
tapi taon ini gw dateng di hari rabu.. hari kedua.. sama2 sore.. hehe..

waktu donor darah pertama kali, gara2 gw sok tau ga tau, gw kira kalo mo donor darah tuh sama kaya kalo mo check up.. puasa dari 10 jam sebelumnya.. supaya darahnya ga mengandung banyak glukosa..

tapi ternyata beda!
seharusnya kalo mo donor darah, justru harus makan.. biar ga collapse (baca:koleps) kata dokernya.. dan gw dengan pedenya ga makan dari pagi ama siang.. huhu..
tapi untungnya gw kuat, jadi ga ampe pingsan..
malah parahnya lagi, waktu pertama kali dulu, abis donor gw langsung maen bola.. huahaha!! sok kuat banget!! padahal disuruh dokternya jangan ada exercise (baca:olahraga) dulu supaya ga mampus.. ckckck.. emang dasar pembangkang.. alhasil jadilah gw malemnya tidur 13 jam.. haha.. kecapekan..

nah, yang kedua ini beda.. karena gw dah tau harus ngapain sebelum n setelah donor, jadinya gw ga koleps lagi.. haha.. tapi tetep ga makan pagi dan ga makan siang.. alesannya puasa..
malah gw lebih enjoy kali ini donornya kalo dibandingin waktu pertama kali dulu.. kalo dulu tampang gw kaya orang stress, yang kedua ini malah sante banget.. sambil foto2 jepret sana jepret sini malah.. haha..
orang2 yang ikutan donor mungkin mikir gini kali ya, "nih orang kampungan banget ga ada kerjaan banget yak.. semuanya difoto2in.."

trus, sekarang gw mo ceritain gimana urutannya buat donor darah gw kemaren.. so, let's start!

pertama, gw harus ngambil n ngisi formulir buat donornya.. bentuk formulirnya kaya yang di kanan ini..
nah, abis ngisi formulir itu, gw harus ngantri buat di cek dulu kesehatannya.. berapa suhu badan gw, berapa berat badan gw, memenuhi syarat / boleh donor ga.. yah macem2 deh.. dan hasilnya, ternyata suhu badan gw waktu itu cuma 35.5.. cukup rendah.. tapi masih dalem batas sehat.. hehe.. trus, berat badan gw 70.. wah wah.. seneng deh gw.. ternyata berat gw berhasil turun 3 kilo selama bulan puasa ini.. haha.. emang bulan puasa membawa hikmah.. hahaha..

abis cek kesehatan gitu, gw masih harus ngantri lagi buat nunggu di cek darah gw.. apa hemoglobin-nya cukup apa nggak.. ngeceknya gimana? cuma diambil sedikit darah kayak gambar disamping ini..

hasil cek, hemoglobin gw ternyata mencukupi.. lanjut ke tahap berikutnya.. ngantri terakhir buat nunggu tempat tidur yang kosong.. buat apa tempat tidur yang kosong? ya buat donor lah.. masa' iya donor sambil berdiri?

ternyata cukup lama nunggunya.. padahal tempat tidurnya dah banyak lho.. apalagi kalo disusun kaya gini, dah mirip banget keliatan kaya di camp2 pengungsian gitu.. haha.. sayangnya disini bukan orang2 sakit.. tapi orang2 sehat yang pengen berbagi darahnya buat orang2 sakit lainnya.. *shah!*

btw, ada yang bisa ngeliat cewe pake tengtop ijo di gambar sebelah?
nah, harusnya kan dia tidur disitu tuh selama darahnya disedot.. gara2 dia minta tangan kirinya aja yang disedot.. tapi waktu tangan kirinya diperiksa, ternyata ga ketemu pembuluh darahnya.. maksudnya susah buat dicari.. nah, pas dicek tangan kanannya, ternyata lebih gampang.. jadilah dia tukeran tempat ama gw yang tadinya pengen disedot di tangan kanan.. akhirnya tangan gw yang disedot yang tangan kiri.. hehe..

cukup ngomongin cewe' cakep pake tengtop ijo.. lanjutnya, selama darah gw disedot, gw juga sempet ngambil beberapa gambar.. tapi sebelumnya, buat yang ga suka atau ga berani liat darah, mending foto2 ini di skip aja deh.. hehehe..


penjelasan tentang kedua gambar :
yang di kiri sebelum gw pingsan, yang di kanan sesudah gw diangkut k ambulans..

prosesnya sekitar kurang lebih 10 menit tuh dari gw mulai di tusuk sampe kantongnya penuh..

dan selama 10 menit itu yah gw foto2 narsis aja, sambil liat2 sekeliling.. siapa tau aja ada something yang tiba2 bagus buat di jepret.. kaya misalnya siapa tau aja kalo pas tiba2 susternya ternyata ada yang cakep, atau ada cewe' cakep di sekitar situ yang tiba2 pingsan gara2 darahnya kesedot 20 liter..

terakhir, abis dari sedot2an itu, gw disuruh ke tempat refreshment.. apa itu? yah apa lagi kalo bukan tempat yang banyak sneknya, banyak minumannya.. pokoknya tempat kita dimanjain setelah disedot2.. dan disana gw makan 3 biskuit, minum jus mangga ama jus jeruk.. mantabh! ^^

No comments: