Saturday 14 November 2009

yang Tuhan siapa?


gw manusia.. lo yang baca juga manusia.. dan dia yang duduk di pojokan sana juga manusia..
manusia pengen bebas.. manusia keras kepala..
berarti....
gw pengen bebas dan gw keras kepala.. lo yang baca juga, dia yang duduk di pojokan sana juga..

kita pengen ngatur semuanya sendiri.. dan kalo udah diatur, kita mulai memberontak..
dan itu ga salah, itu naturenya kita sebagai manusia..
sangkin kepengen ngaturnya, kita malah kadang2 suka sok ngatur Tuhan..
at least, ngebandel kalo diatur sama Tuhan..

seenggaknya, sejarah berkata demikian..
sejak jaman Adam dan Hawa, mereka sudah berani ngelawan Tuhan..
udah dibilangin jangan makan buah pengetahuan baik dan jahat, mereka tetep aja makan..
yep, emang ada hasutan dari si iblis.. tapii.. semua keputusan ada di tangan mereka..
so, mereka makan buah itu karena emang mereka milih buat ngelawan perintah Tuhan..

nah, kali ini gw ga bakal ngomong panjang lebar tentang Adam dan Hawa..
biarin aja cerita mereka cukup ditemui di alkitab..
kali ini gw mo share tentang doa gw.. atau mungkin doa lo yang baca juga..
dan obrolan gw kali ini juga setelah gw diingetin sama pendeta gw lagi..
waktu itu abis sharing2 di toko fish soup di river valley..

doa yang gimana yang mo gw share?
doa yang ngomong, "Tuhan, pake aku lebih lagi buat jadi alat-Mu.."

man, gw pernah cerita tentang doa gw ini ke temen gw.. dan respon dia adalah, "ati2 lo kalo berdoa.. udah siap dipake Tuhan belom? kalo belom, jangan doa kaya gitu.."
dan waktu itu gw anggep gw udah siap..
tapi ternyata gw ga sepenuhnya siap..

humm..
kadang2 kita emang suka kurang ajar sama Tuhan..
kita minta sesuatu, pas udah dikasih, eh kita mintanya yang laen..
kurang ajar emang..
tapi tetep, Tuhan tetep setia sama kita..

coba bayangin.. waktu kita doa, "Tuhan, pake aku lebih lagi buat jadi alat-Mu.."
trus, pas Tuhan mo pake kita, eh kitanya malah komplen.. "jangan gini pakenya, Tuhan.."
kita sok2an ngatur Tuhan..
gimana kira2 respon Tuhan?
kalo yang di otak gw, Tuhan bakal ngomong, "yang Tuhan siapa? Gw apa lo?"

gini deh..
misalnya, kita adalah sumpit..
dan kita ngomong sama Tuhan yang make sumpitnya, "Tuhan, pake aku lebih lagi buat jadi alat-Mu.."
trus, Tuhan yang lagi megang sumpit itu, make sumpitnya buat nimpuk kucing..
trus, kita komplen, "duh! kok gw dibuat nimpuk kucing?!"
trus, Tuhan ngomong, "suka2 Gw dong! kan lo bilang, mo jadi alat Gw.. ya terserah Gw mo Gw apain!"

okeh, ekstrim emang..
tapi, kira2 gitu lah contohnya..

guys, yang mo gw sampein disini adalah, kalo emang mau dipake Tuhan, gimanapun caranya, kita harus siap..
dan ini bukan cuma buat lo yang baca..
ini juga buat gw sendiri dan buat orang yang lagi duduk di pojokan sana..
ini buat kita semua..

kalo emang kita bener2 mau dipake Tuhan, kudu siap sama semua konsekuensinya..
kadang kita dipake buat sesuatu yang enak..
tapii.. inget, kadang kita juga bisa dipake buat nimpuk kucing..

sekarang, bukan kita lagi yang ngatur..
karena Dia lah Tuhannya.. bukan kita..
jadi, suka2 Dia mo ngapain kita sebagai alatnya..

so guys, no more complaining..
stay blessed.. =)

No comments: