Wednesday 4 November 2009

Where is GOD?


"Tuhan dimana sih?"
"kok kayanya Tuhan ga ada yah?"

2 pertanyaan itu intinya sama aja, sama2 mempertanyakan keberadaan Tuhan..
yep, kita manusia sering banget mempertanyakan hal itu..

sebenernya Tuhan dimana sih?

pertanyaan itu sering kita tanyain kalo kita lagi ngerasa kesepian, kesusahan, dan pusing ga ngerti harus ngapain lagi..
disaat begitu biasanya kita justru sibuk ngerjain tugas kita dan akhirnya lupa sama Tuhan yang bisa kasi kita bantuan..
dan justru dengan gitu, kita makin bertanya2, "Tuhan dimana?"

humm..
sebenernya Daud juga pernah nanyain pertanyaan ini ke Tuhan..
dan dia tulis itu di Mazmurnya..
"Ke mana aku dapat pergi menjauhi roh-Mu, ke mana aku dapat lari dari hadapan-Mu?" [Mazmur 139:7]

dan di pasal 139 itu, dari ayat 1-24, Daud juga nulis gimana dia ga bakal bisa lari dari Tuhan..
mau sekeras apa dia coba buat lari dari Tuhan, mau kemanapun dia pergi, dia tetep ga bisa jauh dari Tuhan..
atau, Tuhan selalu ada deket dia, disampingnya, bersamanya..
"Jika aku mendaki ke langit, Engkau di sana; jika aku menaruh tempat tidurku di dunia orang mati, di situpun Engkau. Jika aku terbang dengan sayap fajar, dan membuat kediaman di ujung laut, juga di sana tangan-Mu akan menuntun aku, dan tangan kanan-Mu memegang aku." [Mazmur 139:8-10]

so, jawaban gw buat pertanyaan "Tuhan dimana sih?" adalah, "Tuhan disitu2 aja kok dari dulu.."

kenapa kita jadi ngerasa Tuhan ga ada padahal sebenernya Tuhan selalu ada?
jawabannya bukan karena kita jauh dari Tuhan, karena sebenernya kita ga pernah jauh dari Dia..
jawabannya adalah karena mata kita ketutupan dan kita ga ngeliat Dia..
jawabannya karena kita yang bilang "Dia jauh", dan akhirnya kita yang bikin batesan antara kita dengan Dia..

maksudnya??

gini..

gw sendiri, pernah atau malah sering ngerasa kering.. ngerasa jauh banget dari Tuhan..
padahal, kenyataannya, Tuhan selalu ada kok di samping gw..
biasanya gw ngerasain itu kalo gw udah mulai nyuekin Dia..
kalo gw udah mulai lebih fokus ke kerjaan2 dan urusan2 gw sendiri daripada ke Dia..
kalo gw udah mulai males buat 'ngajak Dia ngobrol'..
barulah gw ngerasa kalo Dia jauh..

jadi, sebenernya, gw sendiri yang bikin gw ngerasa jauh dari Tuhan.. dan bukannya Dia yang ngejauh dari gw..

nah, kesalahan yang sering kita lakukan, termasuk gw, adalah, kalo gw udah mulai ngerasa jauh dari Tuhan, gw bukannya ngedeket lagi..
gw malah jadi lebih fokus ke kerjaan gw.. ngerasa sok hebat, ngerasa gw bisa nyelesaiin masalah2 gw sendirian, tanpa bantuan Tuhan..
padahal, gw sebenernya lebih butuh Dia..

harusnya, justru setiap kali gw ngerasa kering, ngerasa "kok kayanya Tuhan jauh yah?", gw harus langsung balik lagi..
harus secepatnya 'telepon' Dia lagi, trus bilang "I miss You.."

eh, jadi keinget sama kata2nya pendeta gw.. gw lupa persisnya gimana, tapi intinya kira2 gini, "Tuhan justru lebih seneng kalo kita berdoa dan menyembah Dia disaat kita lagi ga pengen doa dan menyembah Dia.."

dan sekarang, gw ngerasa itu bener..
saat gw bener2 lagi ga ngerasa pengen berdoa dan nyembah Dia tapi gw tetep berdoa dan nyembah Dia, gw bener2 bisa ngerasain kasih-Nya..
gw bener2 bisa ngerasain kalo Dia tuh sebenernya deket banget sama gw dan Dia sayang banget sama gw..

so guys, kali ini gw cuma mo bagiin ini aja..
Dia ga pernah jauh dari kita.. Dia ga pernah ninggalin kita..
Dia selalu ada buat kita.. no matter what..
kitanya aja yang ga sadar, kitanya aja yang ga bisa liat kalo Dia selalu ada buat kita..

so, saat kita ngerasa Dia jauh, itulah saatnya kita buka mata kita dan sadari kalo sebenernya Dia selalu sama2 kita..

stay blessed..
let all the glory be unto Him.. =)

No comments: