Monday 21 December 2009

choose the right one!


udah jelas2 keliatan dari judulnya, postingan gw kali ini adalah tentang pilihan..
tapi tenang..
postingan gw kali ini bukan tentang gimana caranya milih pacar, atau pasangan hidup..
bukan juga tentang milih menu makan siang hari ini..

"sorry yah.. kemaren gw terpaksa ga ikutan.. ada kerjaan.."
"gw nih terpaksa aja yah ngerjain ini! jangan kira gw pengen ngerjain ini!"

pernah denger kata2 itu?
atau pernah ngomong kata2 itu??

gw sendiri, sering ngomong kata2 itu dulu.. yep, dulu..
sekarang, gw dah amat sangat jarang banget sekali ngomong kata2 itu..
apalagi kata "terpaksa" itu..
karena menurut gw, ga ada yang namanya terpaksa di dunia ini..

Tuhan nyiptain kita dengan kebebasan memilih..
termasuk Adam dan Hawa, kakek dan nenek moyang kita dulu..
Tuhan ga nyiptain mereka buat bener2 nurut dan ngikutin semua kata2 Tuhan..
Tuhan kasi mereka kemampuan buat milih..

yep, sejak manusia pertama diciptakan, kita udah punya hak penuh untuk memilih..
bahkan untuk segala hal yang kita anggep sebuah keterpaksaan, sebenernya kita punya pilihan dan hak untuk memilih..

gw kasih contoh deh..

kalo gw bilang, "gw terpaksa minum susu karena disuru nyokap..", itu sebenernya gw punya pilihan untuk ga minum..
dan kalo gw milih buat minum, itu berarti gw ga nurutin nyokap..

kalo gw bilang, "gw terpaksa ngebohong.. karena kalo ga gitu, dia bakal marah sama gw..", itu sebenernya gw punya pilihan buat jujur..
dan kalo gw milih buat jujur, itu bisa bikin dia marah sama gw..

nah.. jadi sebenernya, terpaksa itu adalah keadaan dimana gw milih sesuatu karena gw ga pengen milih pilihan yang lain..
yep.. karena konsekuensi dari pilihan yang lain itu mungkin lebih buruk daripada konsekuensi pilihan gw yang sekarang..
tapi, lagi2, sebenernya gw tetep punya pilihan dan tetep bisa milih..

dan pertanyaannya sekarang adalah, apakah pilihan gw itu udah bener ato salah?
apakah pilihan gw itu adalah pilihan yang terbaik?
dan apakah pilihan gw itu menghasilkan hal yang baik atau yang buruk?

itu yang perlu ditanyakan.. dan itu yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih..
supaya apa? supaya ga ada lagi kata terpaksa, dan ga ada lagi yang namanya salah pilih..

stay blessed.. =)

*credit goes to miss little*

No comments: