Monday 16 November 2009

MARAH?? boleh ajaa... asaall.......

yow..
gw dah ga sabar mo share sesuatu kali ini..
mudah2an postingan kali ini bener2 bisa bawa manfaat yee..

(mungkin agak sedikit panjang lohh.. so, baca kalo sempet aja yaahh.. hahaha)

okeh..
siap2 yah..
satuu...
duaaa....
tiga!

nah.. semua berawal dari kejadian yang barusan gw alami..
kejadian apa? kalian ga perlu tau jelasnya gimana..
yang jelas, kejadian itu bikin gw emosi, marah, kesel, sedih, sakit, dll..
dan akhirnya, karena gw ga bisa nahan perasaan2 yang campur aduk itu, gw mutusin buat lari..

no, no, no..
bukan lari dari kenyataan..
tapii.. lari keliling kampus NTU..
yah.. ga banyak2 sih.. cuma sekeliling rute 199.. dan berlawanan arah.. dan itupun ga sepenuhnya gw lariin..
ada saatnya gw jalan..
yep, kali itu gw cuma mo teriak2 sambil lari2.. hahaha..

nah.. selama gw lari itu, gw juga doa..
gw ungkapin semua rasa kesel gw.. semua rasa sedih gw, semua rasa marah gw.. pokoknya semuanya.. gw ceritain semuanya ke Papi J..
dan untungnya, setelah gw lari itu, gw agak ngerasa legaan dikit..
emang kadang lari malem2 bisa bikin ilang stress.. walopun cuma dikit.. haha..
tapi, doanya itu yang bikin lega.. wakakaka

nah, setelah lari sambil doa itu, gw istirahat bentar trus mandi..
dan pas mandi itulah gw dapet sesuatu yang bakal gw share kali ini..
so, fasten your seatbelt now! hahaha..

okeh..
gw tau, setiap kita manusia ini pasti pernah marah..
dan pasti pernah dimarahin juga..
tul?!
so, postingan gw kali ini bener2 buat kita semua..

gw sendiri pernah marah.. gw sendiri juga pernah dimarahin..
yep, lebih sering dimarahinnya daripada marah2in orang..
dan biasanya gw marah karena gw kesel atau kecewa sama tindakan seseorang..
dan setau gw, orang juga sering marah2 ama gw karena mereka kecewa sama tindakan gw yang mungkin gw sadar atau ga sadar lakukan..

but then..
pas mandi tadi gw dapet sesuatu.. sesuatu yang simpel, yang sebenernya sering kita denger tapi hampir selalu kita cuekin..
yaitu bahwa, seharusnya alesan orang buat marah itu bukan cuma karena mereka kesel atau kecewa sama kita..
tapi juga, karena mereka peduli sama kita..

nah loh..
ada yang kena "jleb??"

gini.. gw jelasin..

bonyok kita pasti sering ngomong gini, "papa/mama marah karena sayang sama kamu.."
dan kita ga percaya.. dalem hati kita, kita ngomong, "halah! alesan klise.. kalo mau marah, ya marah aja..!!"
dan gw juga kaya gitu.. dulu.. dan sekarang juga masih mungkin kaya gitu..

gini guys..
kalo emang itu orang kecewa sama kita atau kita kecewa sama orang, maksud gw, kecewa sama perbuatannya, bukan orangnya, tapi kita ga peduli sama orang itu, kita ga mungkin marah2 sama orang itu..
kita lebih mungkin marah2 sendiri.. marah2 sama tembok..
bener apa betul?

at least, gw sendiri kaya gitu..
kalo emang gw ga peduli sama orang yang bikin gw kesel atau kecewa atau bete itu, gw bakal diemin..
urusan dia mo salah kek, mo bener kek.. bukan urusan gw.. biarin aja dia salah terus ga bener2.. bukan urusan gw sama sekali!!

tapii..
beda urusannya kalo gw dah peduli sama orang itu.. apalagi kalo gw dah sayang sama orang itu..
liat aja, cepat atau lambat, gw bakal marah2 ke orang itu karena perbuatannya..

dan saat seperti ini, marah itu diijinkan..

emang, di Amsal ditulis, "Orang yang sabar besar pengertiannya, tetapi siapa cepat marah membesarkan kebodohan." [Amsal 14:29]
dan menurut gw, ayat itu sama aja kaya ngomong: orang yang cepat marah = orang bodoh!!
di Pengkhotbah 7:9 juga ada tuh, "Janganlah lekas-lekas marah dalam hati, karena amarah menetap dalam dada orang bodoh."

nah, barusan kan gw bilang, di saat seperti ini, marah itu diijinkan..
tapii.. ada syaratnya..
kita kudu mikir dulu sebelum marah..
kudu doa dulu sebelum marah..
ditimbang2 dulu.. jangan mo langsung marah aja seenak jidat..
pikir dulu, kira2, kalo kita marah, akibatnya bakal gimana? bakal bawa perubahan positif ke orang itu, apa nggak? bakal jadi berkat, apa jadi kutuk?
dan itulah artinya Amsal 14:29 itu menurut gw..

kita bukannya ga boleh marah.. tapi.. yang ga boleh itu adalah, cepet marah..
well, bukan ga boleh juga sih..
boleh2 aja.. itu kalo emang mau dibilang bodoh.. hehehe
soalnya ada juga ayat di Amsal yang nulis, "Lebih baik teguran yang nyata-nyata dari pada kasih yang tersembunyi." [Amsal 27:5]

nah, dari Amsal 27:5 itu, gw mo kupas dikit deh..
disitu ditulis, lebih baik teguran yang nyata-nyata daripada kasih yang tersembunyi..
apa maksudnya?
teguran yang nyata2 itu bukannya teguran yang tanpa kasih loh.. justruuu.. teguran yang nyata2 itu harus didasari sama kasih..
baru menurut gw, ayat itu bunyinya bener..
so, kalo gw boleh ganti paraphrase menurut bahasa gw (mudah2an ga sesat yee.. =P), jadinya gini: "Lebih baik teguran yang nyata-nyata *dengan kasih* dari pada kasih yang tersembunyi."

oh iyaaa..
sekalian, di postingan gw kali ini, gw juga mo ngomong beberapa hal buat kalian semua yang udah pernah gw marahin, yang pernah marahin gw, atau yang belom pernah marahin gw dan gw marahin..

buat yang udah pernah gw marahin, gw minta maaf banget yah kalo emang gw marahnya kelewatan..

trus, buat yang udah pernah marahin gw, gw mo say thank you udah pernah marahin gw.. mungkin gw ga bisa langsung berubah setelah dimarahin, but let me try to be better yah.. =)

dan buat yang belom pernah gw marahin, tungguin aja saatnya.. jangan kira gw ga bisa marah yaaa..!! wakakaka

terakhir, buat yang belom pernah marahin gw, please do so kalo emang gw dah kelewatan.. hehe..

so guys, mungkin segitu aja dulu deh dari gw buat postingan kali ini..
mudah2an bisa kasi sedikit pencerahan buat kita semua..

buat yang lagi marah2 atau marahan sama orang, ayoo.. cepet dimaafin orangnya.. abis dimarahin, jangan cuma berenti disitu aja.. dimaafin juga secepatnya..
soalnya ada tertulis, "Apabila kamu menjadi marah, janganlah kamu berbuat dosa: janganlah matahari terbenam, sebelum padam amarahmu" [Efesus 4:26]

dan buat yang mungkin lagi kesel tapi belom tau mau marah atau nggak, mari dipikir mateng2 dulu nilai2 positifnya kalo lo marah.. kalo emang tujuannya buat ngebangun, please do so appropriately yah.. dan yang jelas, setelah berdoa, dan minta bantuan Tuhan.. hehe

yowes, sampe ketemu di postingan selanjutnyaaa..!! hahaha

stay blessed to be a blessing yaaahh... JLU!! =)

No comments: