Friday 16 September 2011

ga semua yang lo liat itu bener


"Finally you'd want to go down and tell everyone about everything you've discovered. Except, and here's the hilarious part, they think you've gone fucking crazy. You'd say, 'Guys, real trees are green!' and they'd say, 'What the fuck is green? THAT is a tree over there.' And you'd squint and look at the wall, but you know you're fucked because now you're used to having sunlight, and now you can't see shit. So they'd laugh at you, and agree that wherever it was that you went, no one should go there because it turns people into dickheads.

gue suka mikir hal2 yang ga dipikirin orang.. sampe kadang orang anggep gue gila, ga rasional, dan gue kebanyakan waktu nganggur..
tapi, kenyataannya nggak gitu.. gue ga gila..
gue cuma seneng sama filosofi.. walopun gue bukan filsuf..

ada yang bilang, "ngomongin filosofi itu ngabisin waktu.. ga ada realitanya.."
tapi buat gue, justru filosofi itu yang nentuin gimana realita yang sebenernya..
filosofi atau pandangan seseorang terhadap sesuatu, itu yang nentuin gimana dia bakal idup..

gue pernah baca dan nonton video yang ngomongin teori Plato tentang Allegory of Cave.. dan menurut gue teori ini keren banget karena udah ngebuka mata gue terhadap beberapa hal..
so, ada baeknya kalo kalian emang sempet, baca tulisan yang gue kutip diatas (click aja), atau nonton videonya di bawah ini yang ga lebih dari 3.5 menit..

disitu dijelasin gimana ignorantnya manusia, dan bahwa gimana manusia bertindak itu bener2 tergantung dari apa yang mereka lihat, alami dan dengar selama hidupnya..
buat kita, selama kita belum "melihat" kebenaran, kita akan menganggap bahwa apa yang kita tau itulah yang benar..
sebegitu ignorantnya bahkan kalopun ada orang yang mau ngasih tau kita tentang kebenaran, kita ga bisa percaya selama kita belum pernah "melihat" sendiri..


menariknya lagi, teori ini bisa diperluas lagi sampe batas yang tak terhingga..
karena emang ga ada yang tau apa itu yang benar dan sampai batas mana kebenaran itu benar-benar benar..

humm..

gue pengen ngobrolin ini sama orang lain, sayangnya, ga semua orang mau ngobrolin tentang ini..
haiz..

=(


No comments: