Friday 2 September 2011

F = m.g


and so, gue barusan ini ga sengaja ngebaca ulang postingan2 gue di bulan april taon 2009..
dan gue baru inget kalo dulu gue pernah coba test personality online..
sekarang, gue baru nyadar lagi kenapa gue begini, kenapa gue begitu..
karena setelah 2 taon lebih, ternyata gue makin mirip sama apa yang ada di result testnya itu..

well, anyway, tulisan gue kali ini ga ada hubungannya sama postingan gue itu ataupun test personality atau apapun itu..
tulisan gue kali ini bakal ngebahas apa yang kepikiran di otak gue sebelum gue buka2 blog gue tadi..

GRAVITASI

menurut apa yang gue pelajari di masa2 SMA dulu, dan ditunjang sama mbah wiki, "gravitasi adalah gaya tarik-menarik yang terjadi antara semua partikel yang mempunyai massa di alam semesta".
dan itu berarti untuk segala hal yang punya massa, pasti bisa menimbulkan gaya tarik terhadap hal bermassa lain yang bisa juga disebut dengan gravitasi..

gaya gravitasi yang tarik menarik ini juga termasuk dalam teori relativitasnya ngkong einstein..
secara singkat, satu benda relatif tertarik ke benda lain jika keduanya memiliki massa.. begitu juga sebaliknya dengan benda yang lain itu..

bingung? gini gue jelasin..

setiap benda yang ada di bumi ini menerima percepatan akibat gaya gravitasi bumi yang besarnya kurang lebih 9.8 m/s2.. gaya gravitasi bumi ini cukup besar buat ngebikin semua benda yang terlempar ke atas, menjauhi permukaan bumi, untuk jatuh kembali ke bumi dengan percepatan yang sama; 9.8 m/s2..

tapi, bisa juga dibilang seperti ini, bahwa sebenarnya bumi juga mengalami gaya gravitasi terhadap benda yang terlempar ke atas itu.. dan bisa juga dibilang bahwa bumi juga tertarik dan mengalami percepatan terhadap benda tersebut..
hanya saja, percepatan bumi terhadap benda tersebut amat sangat kecil sehingga bisa dianggap tidak ada..


F = besar dari gaya gravitasi antara kedua massa titik tersebut
G = konstanta gravitasi = 6,67 × 10−11 N m2 kg-2
m1 = besar massa titik pertama
m2 = besar massa titik kedua
r = jarak antara kedua titik massa

nah, berdasarkan rumus gaya gravitasi yang ada di atas itu, kalo kita taro m1 = massa bumi = 5.9722 × 1024 kg, maka rumus gaya gravitasi bumi jadi lebih simple, F = m2 x 9,80665 m/s2..
dan lagi, percepatan 9,80665 m/s2 itu cukup buat ngebikin semua benda yang ada dibumi untuk selalu balik lagi ke bumi kalo terlempar dalam lingkup atmosfer bumi..

dan berdasarkan rumus itu juga, cuma ada satu hal yang bisa membuat F antara 2 benda bermassa itu mendekati nol.. yaitu jika r (jarak antara kedua titik massa) itu sangat besar atau mendekati tak terhingga..
cuma itu yang bisa membuat gaya gravitasi antara mereka tidak terasa..


humm..

gue belajar sesuatu dari sini..

tapi bukan pelajaran fisika..

gue justru jadi kepikiran tentang segimana kecilnya kita kalo dibanding Tuhan..
orang kalo dibanding sama bumi aja, kita bisa ketarik sebegitu kuatnya, dan bumi sendiri ketarik sebegitu kuatnya dengan matahari, gimana kita dengan Tuhan yang ga cuma ngebikin bumi dan matahari?

Dia yang nyiptain segala alam semesta beserta segala isinya, kalo Dia bisa dibilang bermassa tak terhingga, itu berarti gaya gravitasi yang Dia keluarkan terhadap kita juga tak terhingga..
dan itu berarti juga, ga ada ceritanya kita bisa berhenti bergantung sama Dia..
karena kita akan selalu ditarik dan kembali pada-Nya..


sama halnya dengan segala hal yang ada di bumi ini amat sangat bergantung sama bumi itu sendiri, begitu juga kita manusia terhadap Tuhan yang kita kenal..
kita ga bisa idup tanpa bergantung sama Dia.. karena, lagi2, gaya gravitasi yang Dia hasilkan amat sangat besar akibat dari massanya yang mendekati tak hingga..

well, bisa2 aja kita bilang Tuhan ga punya gaya tarik apapun sama kita.. atau kita ga ngerasain adanya gaya gravitasi yang berasal dari Tuhan.. bisa2 aja..
tapi inget, berdasarkan rumus di atas tadi, hal itu cuma bisa terjadi jika salah satu dari 2 hal ini terpenuhi:
  • jarak kita terlalu jauh dari Tuhan (mendekati tak hingga yang lebih besar daripada massa Tuhan yang juga mendekati tak hingga), atau,
  • kita tidak menganggap adanya Tuhan (massa Tuhan = 0)
so guys, ga ada gunanya kita berusaha ngejauh dari Tuhan.. karena justru yang kita alami kita akan jatuh kembali ke tangan-Nya, dan semua usaha kita buat ngejauh itu jadi sia2..
mending kita belajar buat tetap ada di dalam atmosfernya Tuhan, dan tinggal di dalamnya..
karena jelas, disitu kita akan aman..


"Hanya dekat Allah saja aku tenang, dari pada-Nyalah keselamatanku."

No comments: