Monday 24 May 2010

WWYC?


so what if somebody loves me?


gw bingung liat orang2 di sekitar gw.. bahkan gw juga suka bingung liat diri gw sendiri..
bingung kenapa? bingung karena ada orang yang bingung kalo ada orang lain yang suka ama dia..
parahnya lagi, ternyata ada orang yang malah ga suka kalo ada orang lain yang sayang sama dia..

humm..

kok bisa yah??

bukannya seharusnya kita bersyukur kalo ada orang yang suka sama kita?

menurut gw, ini yang terjadi sebenernya..

sebenernya gw bukannya ga seneng kalo ada yang suka ama gw..
bukannya gw ga suka kalo ada yang sayang sama gw..
cuma kadang2, gw ga suka sama orangnya..

yep..

itu yang seharusnya bisa kita bedain.. entah kita sebagai orang yang menyukai atau orang yang disukai..
kita harus bisa ngebedain antara object dan subject yang terkait.. apakah itu rasa sayangnya yang kita ga suka, ataukah orangnya yang kita ga suka..
dan cara kita ngerespon pun harus bisa menyesuaikan subject dan object itu sendiri..

gw belajar banyak dari orang2 di sekitar gw.. dari temen2 gw, entah itu yang sudah menikah, lagi tunangan, pacaran, atau mungkin jomblowan jomblowati yang ada di sekitar gw..
gw belajar banyak tentang gimana cara kita ngadepin macem2 orang dengan berbagai macam jenis kasih sayang yang bisa mereka tawarkan..

yeah!

ini salah satu hal yang bener2 pengen gw bagiin ke lo yang baca..
"kita ga bisa maksa orang buat suka atau ga suka sama kita karena itu bukan urusan kita.. yang jadi urusan kita adalah gimana cara kita ngerespon orang2 itu.."

kali ini fokusnya adalah di objectnya: rasa suka..
dan bukan subjectnya: siapa yang suka kita.. karena subjectnya itu ga gitu penting..
yang penting adalah gimana respon kita terhadap rasa suka orang lain ke kita.. karena itulah yang mendefinisikan siapa kita sebenernya..

emang kenapa kalo ada orang yang suka sama kita?
gimana seharusnya sikap kita kalo ada yang suka sama kita?

banyak orang yang takut berbuat baik sama orang yang suka sama dia, karena dia ga mau dikirain kasih sinyal positif.. alias balik nyukain itu orang..
dan akhirnya jadi banyak orang yang malah ngejauh dari orang yang dia tau suka sama dia..
percaya ga percaya, itu yang terjadi, dan kita sering ketemu sama yang begituan..
owh, mungkin malah kita sendiri yang kaya gitu? you know it better, friends..

so, gimana? apa itu berarti kita harus tetep berbuat baik dan membalas semua kebaikan orang yang suka ama kita gitu aja?
trus, kalo ternyata dia beneran salah tangkep gimana?
ntar kalo dia mikir gw suka ama dia juga gimana? padahal kan gw bisa dibilang ga suka juga ama tu orang?

nah.. itulah gunanya komunikasi..

ga pernah berenti gw nulis di blog gw ini, kalo yang namanya relationship itu ga bakal pernah berjalan dengan baik kalo ga ada komunikasi yang baik..
dan ngulangin kata2 di entry gw yang ini, "kalo komunikasinya aja udah tebak2an, sepanjang jalan kenangan semua isi relationship itu pun cuma bakal tebak2an.."

that's why we need to ask..
kalo emang kita bingung tentang respon orang lain terhadap rasa suka atau rasa sayang kita, tanya aja..
toh kata orang2 tua kita jaman dulu, "malu bertanya sesat di jalan.."
jadi, ga ada salahnya nanya, minta kejelasan dari si doi kalo emang lo bingung ngeliat responnya terhadap rasa suka atau rasa sayang lo..

well, bener sih.. yang namanya sinyal2an itu kadang malah bikin proses relationship jadi lebih seru..
walopun seru2nya itu bakalan bener2 jadi ga seru kalo akhirnya malah ada yang tersakiti karena salah tangkep sinyal..

owh.. ini dia salah satu quote yang mungkin bisa ngeyakinin lo yang baca..
"if you really love somebody, tell the truth.. for it's better to be hurt because of a truth than happiness with a lie.."
(pernah juga gw bahas di sini)

jadi, buat yang mungkin ngerasa suka sama orang lain, hati2 sama yang namanya tebak2an sinyal..
hati2 sama yang namanya perasaan..
sebelum tersakiti atau menyakiti, ada baiknya kita tanya dulu sama orang yang kita suka itu.. apakah dia nyaman dan bisa nerima rasa suka kita?
karena kita ga bisa maksain orang lain buat bisa suka balik sama kita.. and in the first place, we should love somebody sincerely..

dan buat yang lagi disukai sama orang lain, stay postive..
ga perlu ngejauh dan ga perlu kasih2 sinyal aneh2..
just tell the truth and have a good communication.. that's enough to keep your relationships with others healthy..

terakhir, buat ngejawab pertanyaan dari dira tentang postingan gw yang ini, "so gimana klo misalnya kita (in case ke temen) udah cape ngomongin dan maksudnya supaya dia dewasa dan ga harus dibilangin terus?"
kalo udah kaya gitu, coba ajakin temen2 yang laen buat ngebantuin dia.. dalam artian, diajak ngobrol bareng tanpa ngejudge kesalahan2 dia.. coba buat tetep positif, dan hindari yang namanya emosi..
dan kalo emang cara itu juga ga bisa, cuma tinggal 1 cara yang paling efektif yang bisa kita perbuat: berdoa dan minta tolong sama Tuhan..

stay blessed.. =)

1 comment:

dira said...

thx y mr.toh.. :) Gbu