Wednesday, 26 May 2010

bekicotmuda pilih-pilih temen


wokeh.. tadinya sebelom gw masuk kamar mandi, gw kepikiran mo nulis tentang pecun..
but then, setelah air dari shower kena ke kepala gw, gw tiba2 keinget sama hal laen..
dan kayanya hal laen itulah yang bakal gw tulis..

lagi2, ide tulisan gw kali ini diinspirasi oleh obrolan gw ama si nona kecil..
ga tau kenapa, itu orang emang sudah cukup banyak menginspirasi tulisan2 gw..
so, big thanks buat si nona kecil.. =)

"katanya kita ga boleh milih2 temen.. tapi kok kenyataannya gw ga boleh temenan sama semua orang?"

gw paling demen ngobrolin tentang relationship.. karena menurut gw, bukan kemampuan pribadi seseorang yang bisa bikin orang itu sukses atau gagal.. tapi justru gimana dia deal sama orang lain, itu yang bisa bikin seseorang sukses atau gagal..

emang bener, kita ga boleh milih2 temen.. tapi.. kita bisa milih2 temen yang mana aja yang bisa masuk lebih dalam ke kehidupan kita..
humm.. kayanya dulu dah pernah gw singgung deh di postingan gw yang ini..

buat gw sendiri, semua orang bisa jadi temen gw..
mereka boleh maen bola bareng gw, maen PS bareng gw, belanja bareng gw, minum kopi di kantin bareng gw, belajar bareng gw, dan macem2 bareng gw..
tapi, cuma sedikit orang2 yang boleh sedalem2nya gw..
gw ngebatesin jumlah orang2 yang boleh ngobrol tiap hari ama gw..

kaya yang udah pernah gw tulis di postingan gw yang ini, "hubungan yang sehat bakal bawa berkat buat 2 orang yang berhubungan, juga buat lingkungannya..
tapiii.. hubungan yang ga sehat cuma bakal jadi batu sandungan yang ngerugiin satu atau lebih pihak yang terlibat.."
dan itulah yang mungkin bisa jadi tolak ukur buat kita untuk nentuin siapa aja orang yang boleh masuk lebih dalam ke dalam kehidupan kita..

gw udah ratusan kali lebih kenalan sama orang baru.. dan udah ratusan kali lebih juga gw ngijinin orang2 tertentu buat kabur lari jauh2 dari kehidupan gw..
gw lebih milih orang2 yang bisa bikin hidup gw lebih baik buat tinggal di hidup gw, daripada orang2 yang mungkin baik tapi malah bikin hidup gw lebih kacau dari sebelumnya..

kalo ada orang hadir ke hidup gw, dan ternyata sejak kehadiran orang itu di hidup gw, gw malah jadi lebih ancur.. mending orang itu gw usir jauh2 dari hidup gw..

gw dulu pernah deket ama orang, dan sejak deket ama orang itu, gw jadi males2an ke gereja..
gw jadi ga konsen sama pelayanan, gw jadi ngabur2an sama Tuhan..
dan itu amat sangat ga baek..
walopun gw sayang sama orang itu, dan gw ngerasa berat buat ngelepasin, gw tetep ijinin dia buat keluar dari hidup gw..
kenapa? karena efeknya ga baek sama hidup gw..

ga cuma itu, ada juga gw pernah deket ama orang, dan selama deket ama orang itu, dia selalu ada buat gw waktu gw butuh..
sounds good, eh?
but then, banyak hal yang jadinya malah ngerusak kehidupan gw.. yang malah ngebikin gw, lagi2, jauh dari Tuhan..
dan untuk kesekian kalinya, gw milih buat sedikit menjauh dari orang itu..

gw ga tau gimana dengan lo yang baca..
mungkin sekarang lo juga lagi ngadepin masalah yang sama ama apa yang udah pernah gw alami dulu..
mungkin lo sekarang juga lagi bingung apakah mau nerusin persahabatan yang udah ada, atau ngeberentiin sampe di batas tertentu..

semua keputusan ada di tangan lo, dan semua pilihan lo sendiri yang buat..
karena yang tau apa yang terbaik buat lo adalah diri lo sendiri dan Tuhan, dan bukan orang lain.. bukan temen lo, bukan sodara2 lo, bahkan bukan bokap nyokap lo..
dan lo sendiri yang bertanggung jawab sepenuhnya dengan kehidupan lo, termasuk orang2 yang ada di kehidupan lo itu..

so, intinya kali ini adalah, kita emang harus temenan sama semua orang.. tapi kita juga punya hak dan kewajiban buat ngebatesin siapa aja yang boleh masuk lebih dalam ke kehidupan kita dan mempengaruhi kehidupan kita..

stay blessed, friends.. =)

2 comments:

dan said...

itulah challengenya, Cob..
nimbang jadi berkat ama jaga diri.. tinggal tau ombak mana yg bisa diselancarin dan mana yg ga bisa.. itu susah:P (dan kadang2 uda tinggal nunggu kena ombaknya)

seekor bekicot muda said...

yoi dan.. gw baru ngerti, ternyata ga semua ombak bisa diselancarin dengan aman..
=)