Wednesday 12 May 2010

BUAT SIAPA??



sebenernya, gw bukan ada di posisi yang tepat buat nulis blog ini..
karena gw sendiri juga sebenernya belom bisa bener2 ngelakuin tulisan ini..
tapi, justru karena gw ngerasa gw belom bisa bener2 ngelakuin ini, gw perlu nulis..
supaya ada yang bisa ngingetin gw tentang hal yang bakal gw tulis ini..

so, let's get started..

"Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia." [Kolose 3:23]

ayat ini sering dipake orang buat nambah semangat.. atau malah buat bikin semua kerjaannya beres..
dan ada juga yang mungkin ngasih ayat ini ke orang lain buat ngingetin tentang tujuan orang itu ngelakuin sesuatu..

yep, semua tujuan2 itu bagus.. ga ada yang salah..
semua tergantung dari cara kita ngeliat ayat itu..
dan sekarang, gw mo bagiin gimana gw ngeliat ayat itu.. =)

dulu, 10 bulan yang lalu, gw pernah dikasih tanggung jawab yang cukup gede..
tanggung jawab itu bikin gw pusing dan capek.. ya capek tenaga, ya capek pikiran, ya capek materi juga..
so, intinya, gw kecapekan gara2 tanggung jawab itu..
tapi.. lagi capek2nya gw waktu itu, gw ditegor sama ayat ini..
tegoran itu masuk ke otak gw dalam bentuk pertanyaan, "lo ngelakuin ini buat siapa sih, cob?!"

"GW NGELAKUIN INI BUAT TUHAN"

okeh..
gw yakin, bukan cuma gw yang pernah ketemu pertanyaan itu.. beberapa orang di antara kalian yang baca juga pernah ketemu pertanyaan itu..
dan jawabannya juga mungkin sama persis dengan jawaban gw waktu itu..

"GW NGELAKUIN INI BUAT TUHAN"

ngomong mah emang gampang.. ngebuktiinnya yang susah..
apalagi hal2 yang udah menyangkut masalah iman dan Tuhan..
hal2 itu ga bisa dibuktiin secara terang2an.. hal2 itu cuma bisa dibuktiin dengan hati..
yep..
"saat otak udah ga bisa dipake buat ngejelasin sesuatu, itulah saatnya hati bergerak.."

untuk hal yang satu ini, buat nyari tau apakah bener2 kita ngelakuin sesuatu untuk Tuhan, gw punya satu cara sendiri..
well, lo bole coba dulu baru percaya, bole juga langsung percaya..
mo ga percaya sama sekali juga, itu urusan lo yang baca.. haha..

cara gw adalah, gw liat hasilnya..
yep.. dengan gw liat hasilnya, gw bakal bisa ngerespon..
dan dari respon gw itulah gw baru tau apakah selama gw ngerjain sesuatu itu adalah untuk Tuhan, atau cuma untuk diri gw sendiri..
dari hasil dan respon gw terhadap hasil itulah gw baru tau buat siapa gw ngelakuin sesuatu hal..


maksudnya?

gini..

1. Kalo hasilnya bagus: apakah gw bersyukur sama Tuhan, ataukah gw malah jadi sombong?
apa artinya kalo gw bersyukur dan ngebalikin kemuliaan atas hasil itu ke Tuhan?
apa artinya kalo gw malah jadi sombong atas hasil bagus itu?
ga usah gw jelasin, lo yang baca udah bisa nilai sendiri..


2. Kalo hasilnya jelek: seberapa kecewa gw sama hasil itu?
kalo gw bener2 kecewa sama hasil itu, gw perlu nanya ulang ke diri gw lagi.. buat siapa gw ngerjain ini??
kalo emang buat Tuhan, dan emang gw udah ngerjain apa yang bisa gw kerjain, apapun hasilnya, Tuhan bakal seneng kok.. dan itu berarti gw ga punya alesan buat kecewa sama hasilnya itu.. karena, sekali lagi, gw ngerjain itu buat Tuhan..

dan sebaliknya, kalo gw ampe bener2 kecewa bahkan sampe ngamuk2 sama hasilnya itu, itu berarti gw ngerjainnya buat diri gw sendiri..
gw ngerjain sesuatu itu buat kepuasan diri sendiri.. makanya gw kecewa saat hasilnya ga sesuai ama yang gw harapin..
gw ga ngelakuin itu buat Tuhan..



humm.. gini deh..

kita udah sering denger kalo Tuhan ngeliat hati.. kita bahkan tau kalo Tuhan tau hati kita itu gimana..
kita juga dah sering denger kalo Tuhan ngeliat proses.. bahkan Dia turut bekerja atas segala sesuatu yang kita kerjakan..
so, kalo udah kaya gitu, kita harusnya udah ga punya hak buat kecewa lagi atas segala sesuatu yang kita kerjain buat Tuhan.. karena setiap yang kita lakuin itu, Tuhan juga ikut bekerja di situ.. tentunya kalo kita emang minta Dia buat memberkati setiap kerjaan kita..


owh..
ada satu hal lagi yang seharusnya kita rasain kalo kita ngelakuin sesuatu karena dan buat Tuhan..
kita ga bakal down atas pressure apapun yang kita temui selama kita ngelakuin hal itu..
jelas kita bakal ketemu beberapa tantangan, rintangan atau hambatan.. bahkan tekanan..
tapi, itu ga bakal bikin kita down.. karena kita ngerjain ini buat Tuhan dan bersama Tuhan..
dan kita ga punya hak apa2 atas hasilnya..


lastly, frankly speaking, kalo kita emang ngerjain sesuatu itu buat Tuhan, ngapain kita perlu kuatir sih?
toh bukan buat kita kok hasilnya ntar..
toh Tuhan juga ngeliat hati kok.. Tuhan ngeliat proses kok..
so, we have nothing to lose and nothing to be afraid of..
tul?!

stay blessed.. =)

No comments: