Friday 14 May 2010

a happy 'good-bye'


"jangan sesali perpisahan, tapi bersyukurlah untuk adanya pertemuan"

kalo dulu gw pernah ngebahas bagian belakang kalimat itu di postingan gw yang ini, kali ini gw mo ngebahas bagian depan kalimat itu..

JANGAN SESALI PERPISAHAN

karena perpisahan emang bukan untuk disesali..
bahkan perpisahan juga harus disyukuri..
bahkan perpisahan juga harus disertai tawa, canda dan kebahagiaan..
yep.. perpisahan yang diakhiri tangispun suatu saat akan dibumbui tawa canda kebahagiaan..

kenapa gw tiba2 nulis ini?
karena akhir2 ini gw sering dihadapkan sama yang namanya perpisahan..
dan gw tau, buat beberapa orang, mereka bener2 ga seneng denger kata 'berpisah'..
bahkan gw juga gitu.. dulu..

gw merantau, sekolah jauh dari rumah, sejak gw masih berumur 14 taon..
disaat itu gw pikir kalo berpisah dan jauh dari orang tua adalah hal yang menggembirakan..
gw pikir, dengan ga adanya omelan2 nyokap gw, gw bisa lebih bahagia..
tapi gw salah..
gw kehilangan kehangatan keluarga gw.. sejak gw masih berumur 14 taon..

3 taon SMA, gw ngerasa ketemu keluarga baru..
temen2 SMA yang waktu itu gw pikir bener2 bisa ngertiin gw..
temen2 SMA senasib sepenanggungan.. bahkan se-kutang se-celana dalam..
dan gw udah ga ngerasa kehilangan keluarga lagi..
sampe akhirnya masa 3 taon SMA itu harus berlalu.. dan gw harus berpisah ama temen2 SMA gw..
lagi2, gw dihadapkan sama yang namanya perpisahan..
dan kali ini gw nangis abis2an.. nangis bombay calcuta new delhi..

bukan cuma itu aja.. gw dah berapa kali dihadapkan dengan perpisahan yang absolut.. alias, kematian..
salah satu abang sepupu gw yang paling baek meninggal waktu gw masih SD..
om gw yang paling deket, meninggal waktu gw masih SD..
kakek nenek gw meninggal waktu gw masih SMP dan SMA..
dan saat orang lain nangis gila2an, gw malah bahagia..

bilang gw durhaka, tapi gw beneran bahagia kalo akhirnya orang2 terdekat gw kembali ke rumah Bapa..
itu artinya mereka ga bakal ngadepin ga adilnya dunia, kejamnya dunia, dan jelek2nya dunia..
mereka ga perlu lagi berbuat dosa..
mereka sudah bisa dapet tempat tenang di sana..
tugas mereka sudah selesai di dunia ini..

dan seharusnya, atas perpisahan yang sesaat itu pun, gw harus tetep bisa bersyukur..
itu artinya, tugas mereka di kehidupan gw sudah berakhir.. atau untuk sementara ini diberhentikan dulu..
demikian juga dengan tugas gw di kehidupan mereka.. tugas gw dihentikan.. entah untuk sementara waktu ataupun untuk selamanya..

seharusnya, gw tetep bisa ngeliat perpisahan itu sebagai sesuatu yang baik..
karena itu artinya akan ada pertemuan yang lain..
akan ada persahabatan yang lain..
akan ada cerita yang lain dalam hidup gw..
dan panjang pendeknya cerita yang udah dan akan tercipta tergantung dari pertemuan dan perpisahan..

yep.. tentang waktu pertemuan dan perpisahan, tentang awal dan akhir cerita, hanya Tuhan yang tahu..
karena Dia yang menentukan pertemuan dan perpisahan itu..

guys..

ga ada yang selamanya di dunia ini..
setiap pertemuan akan diakhir dengan perpisahan..
karena kita cuma numpang lewat di dunia ini..
dan kalo kita harus menyesali setiap perpisahan, kita akan terus menyesal sampai akhirnya kita harus pergi dari dunia ini..

so, tetaplah bersyukur atas setiap perpisahan..
karena perpisahan itu akan membawa pertemuan yang baru, yang akan membuat kita menjadi orang yang lebih baik lagi..

"jangan sesali perpisahan, tapi bersyukurlah untuk adanya pertemuan dan perpisahan itu sendiri"

stay blessed.. =)

No comments: