Sunday 16 May 2010

MAMPUS LOE!


kemaren, gw balik latian musik bareng temen gw.. si nona kecil..
si nona kecil ini ceritanya lagi kesel sama salah satu anak yang kita berdua sama2 kenal..
dia bilang, "anak itu bandel banget yah.."
gw ngerti maksudnya, cuma bisa ngomong, "yah.. namanya juga anak kecil.."
dia bilang lagi, "iyah.. tapi kalo dibiarin terus gara-gara alesan dia anak kecil kan malah bikin dia tambah ga beres.."
"ya sambil dibilangin lah gimana yang benernya..", sambil dalem hati gw mikir, "kaya lo ga gitu aja.." -- quoting kata2 favorit orang ini --

well yah..
yang namanya manusia itu, pasti punya bakat dosa.. sekecil apapun bentuk dosa itu..
bahkan, tanpa perlu diajarin, setiap kita udah bisa bohong, bandel, jahil, dkk..
termasuk yang namanya menghakimi..

kamsud loeh?
itu yang diajarin guru2 kita waktu SD, "gajah di pelupuk mata tak tampak, semut diseberang lautan kelihatan.."
yep.. kita lebih gampang ngomongin orang lain tanpa ngeliat keadaan kita sendiri..

gw sendiri, waktu masih SMA dan adek gw masih SMP, gw benci kalo ngeliat adek gw bandel ga nurut disuru nyokap makan atau mandi.. padahal menurut gw dia udah gede..
sedangkan gw sendiri, dengan amat sangat bandelnya gw ngelawan nyokap gw waktu dia ngelarang gw pacaran.. justru karena gw nganggep diri gw sendiri udah gede..

itu yang gw maksud menghakimi..

dan sebenernya, sadar ga sadar, sampe sekarangpun gw masih sering ngelakuin itu..
karena itu emang udah bawaan dari lahir..
bawaan dosa..

emang enak ngejudge orang laen..
karena pada saat kita ngejudge orang laen, kita jadi ngerasa bener..
dan gw yakin, ga ada manusia di dunia ini yang ga seneng dianggep bener.. at least oleh dirinya sendiri..

"Karena itu, hai manusia, siapapun juga engkau, yang menghakimi orang lain, engkau sendiri tidak bebas dari salah. Sebab, dalam menghakimi orang lain, engkau menghakimi dirimu sendiri, karena engkau yang menghakimi orang lain, melakukan hal-hal yang sama." [Roma 2:1]

man..
selama kita masih di dunia ini, kita ga bakal lepas sama yang namanya dosa..
kita ga bakal pernah bener2 suci..
dan saat kita menghakimi orang lain atas perbuatan orang itu, kita berarti menghakimi diri kita sendiri..

so, kali ini, gw cuma mo ngingetin lagi aja..
buat kita semua, termasuk gw dan lo yang baca blog gw ini, pikir dulu sebelum kita ngehakimi orang lain..
pikir dulu sebelum kita bilang orang lain itu salah atau jahat..
karena kita juga melakukan hal yang sama..
dan itu berarti kita juga sama2 salah dan jahat..

bukan tugas kita buat marahin orang, tapi tugas kita buat ngingetin orang itu kalo dia salah..
bukan tugas kita buat ngehukum orang, tapi tugas kita buat ngasih tau dia apa yang bener kalo dia salah..
dan bukan tugas kita buat nentuin orang lain masuk surga atau ga, tapi tugas kita buat ngajak dia masuk surga bareng2 sama kita..

stay blessed.. =)

No comments: