Monday 31 May 2010

take control of yourself; hidup lo, pilihan lo.. (ver. 1.0)


ngobrol2 tentang self control yok!

jumat malem, balik doa malem, gw makan2 di spize ama temen2 gereja gw..
seperti biasa, kalo udah ngobrol2 gitu, bisa aja obrolan kita ngalur ngidul kemana2..
dan gw sendiri, bisa ngomong yang bener2 ngawur kalo suasananya bener2 mendukung..
gw bisa bener2 out of control kalo temen2 disekitar gw emang lagi ngobrolin hal2 yang berpotensi untuk keluar jalur..

gw: "@#%@#!"
jess: "cob, lo tuh baru balik doa malem.."
gw: "doh.. kaga ada hubungannya jess.."
TJ: "udah udah.. ngomongin yang laen aja.."
gid: "wait, wait.. gw mo denger alesannya coby.."
gw: "yang namanya self control itu kaga ada hubungannya ama waktu dan tempat.. it has nothing to do with those kind of things.. harusnya, kapanpun dan dimanapun gw tetep harus bisa ngontrol omongan dan tingkah gw.. jadi.. kaga ada hubungannya gw baru balik doa malem sama ngomong ngaco kaya gitu.. kalo di ujian nasional bahasa indonesia, itu namanya benar-benar-tak berhubungan.."

yoi guys..
yang namanya self control itu amat sangat penting..
karena, kalo kita ga bisa ngontrol diri kita sendiri, orang lain pun ga bakal mungkin bisa ngontrol kita..
dan yang namanya orang ga kekontrol, dia pasti ngelakuin sesuatu yang berlebihan dan sehingga malah merusak entah dirinya sendiri ataupun orang lain yang ada di sekitarnya..

trus, bagian mana dari diri kita yang bisa kita kontrol?

semua.. sekali lagi, S-E-M-U-A..
termasuk sikap, perkataan, perbuatan, bahkan perasaan..
kita punya kontrol atas diri kita dan hidup kita sendiri.. karena setiap keputusan adalah pilihan kita, dan setiap akibatnya akan berpengaruh langsung terhadap kita..

itulah kenapa, menurut gw, kaga bakal pernah ada ceritanya orang ga bisa nahan mulut, nahan perut, nahan nafsu atau nahan perasaan..
karena kita punya hak kontrol penuh atas diri kita sendiri..
dan sekarang, pertanyaannya adalah "sadarkah kita kalo kita lagi ga kekontrol, dan maukah kita ngontrol diri kita sendiri?"

untuk ngejawab pertanyaan yang pertama, "sadarkah kita kalo kita lagi ga kekontrol?", gw kasih jawaban begini..
setiap orang sulit buat bisa ngeliat dirinya sendiri tanpa cermin..
dan berhubung yang namanya cermin itu agak sulit buat kita bawa kemana2, maka Tuhan sudah nyediain cermin gratis dimana2 yang bahkan bisa bersuara dan memberitahukan keadaan dan kondisi kita setiap saat..
cermin itu adalah orang2 di sekitar kita.. cermin itu adalah teman2 kita..

teman2 kita adalah orang2 yang bisa kita percaya buat ngasih tau kita gimana keadaan kita sekarang..
mereka bisa ngeliat kita, dan mereka bisa bilang sama kita saat kita ngelakuin sesuatu yang baik atau yang buruk..
dan cuma merekalah yang bisa ngasih tau kita kalo diri kita ternyata lagi ga kekontrol..
so, jangan cepet2 marah dulu kalo ada temen yang ngingetin kita atau ngasih tau kita tentang keburukan kita sendiri..
anggep itu sebagai pantulan cermin bayangan kita yang bisa kita liat kapan aja..

dari percakapan gw pas jumat malem kemaren, yang udah gw tulis di atas, gw ga ambil itu sebagai ejekan atau hal yang negatif..
gw ambil itu sebagai reminder, bahwa sebenernya kapanpun bisa aja gw ini lagi diperhatiin orang..
dan kalo orang itu lagi merhatiin gw sebagai orang kristen, sedangkan tingkah gw ga nunjukin gw sebagai orang kristen, bisa jadi orang itu bakal ngeliat semua orang kristen sejelek gw..
dan itu udah ngerugiin dan ngerusak nama Tuhan gw sendiri..
dan disaat seperti itulah gw butuh cermin setiap saat, buat ngasih tau ke gw, apakah gw masih melakukan hal yang pantas atau malah sudah kelewatan batas..

lanjut, buat ngejawab pertanyaan berikutnya, "maukah kita ngontrol diri kita sendiri?", gw mo bilang gini..
mau ga mau, lagi2 itu pilihan kita.. yang jelas, setiap pilihan itu ada konsekuensinya..
kalo kita ga mau ngontrol diri kita sendiri, berarti kita ngebiarin diri kita lari ga jelas tujuannya, ngalor ngidul dan malah ngerusak..
sebaliknya, kalo kita mau ngontrol diri kita sendiri, kita bisa ngebawa diri kita itu ke arah yang lebih jelas, supaya bisa membawa dampak yang positif..

kasus pertama, kalo kita ga kekontrol, semua yang kita lakuin bakalan bener2 diluar pikiran kita..
dan kita bakal sadar beberapa saat setelah kita ngelakuin hal2 itu.. kita bakal nanya, "what the hell am I doing?!" atau "what have I done?!".. dan dilanjutkan dengan yang namanya penyesalan..
yep..
penyesalan selalu berasal dari hilangnya kontrol atas diri sendiri..

sedangkan kasus kedua, kalo kita bisa ngontrol diri kita sendiri dan ngebawa diri kita itu ke arah yang lebih jelas untuk dampak yang positif, kita ga bakal nemuin yang namanya penyesalan..
yang ada juga kita bakal ketemu sama yang namanya kepuasan..
walopun kita melakukan sesuatu yang awalnya berat untuk dilakukan, kalo itu didasarkan atas pengendalian diri dan dilakukan dengan cara yang benar dan tujuan yang positif, gw jamin akhirnya kita sendiri yang bakal ngerasa puas atas apa yang udah kita perbuat itu..
tujuan positif, cara yang benar dengan pengendalian diri dalam mengeksekusi akan membawa kepuasan tersendiri..

so, sekarang pilihan untuk jawaban yang kedua itu terserah kalian yang baca..
kalian sudah gw kasih tau konsekuensinya, dan kalian sendiri sudah siap buat bikin pilihan..
dan gw juga mo ngingetin, kalo yang namanya orang itu, bakal punya nilai lebih kalo dia bisa deal dengan setiap konsekuensi dari semua yang sudah dia perbuat tanpa mencari2 kambing hitam atau domba putih buat dikorbankan..

well, gw sendiri belom bisa dibilang berhasil dalam pengendalian diri..
gw sendiri masih sering kehilangan kontrol akan diri gw sendiri..
gw masih sering lebay dalam berkata2, dalam bertindak, dan dalam berpikir..
gw masih kesulitan untuk ngeliat sesuatu just as it is saat dibutuhkan..
gw masih cenderung berpikiran terlalu rumit walaupun gw ga selalu butuh untuk berpikir rumit..
dan gw masih suka kurang peka sama keadaan gw sendiri..

itulah kenapa sekarang gw nulis tentang self control ini..
karena selain buat ngasih tau lo semua yang baca, terlebih lagi gw mau ngingetin diri gw sendiri kalo sebenernya yang namanya self control itu bener2 diperlukan..
yang namanya self control itu adalah hal yang wajib dan ga boleh ilang dari seseorang, kalo dia mau jadi orang yang lebih baik dari hari ke sehari..

karena yang namanya manusia tetep punya kontrol sepenuhnya atas dirinya sendiri.. entah itu dalam hal perkataan, perbuatan, tingkah laku, atau malah perasaan..

stay blessed.. =)

No comments: