Saturday 29 May 2010

"sampai kapan, pa? sampai kapan, ma?"


"sampai kapan?"

biasanya pertanyaan ini kita pertanyakan kalo kita udah mulai bosen, penat, atau jenuh sama hal2 yang sudah sering kita lakukan selama ini..
kalo kita udah ga tahan lagi, keluarlah kata2 itu: "sampai kapan?"

biasanya pertanyaan "sampai kapan?" itu bisa dijawab dengan "sampai kamu siap.."
karena biasanya orang2 yang nanya "sampai kapan?" itu adalah orang2 yang udah ga sabar dengan hal2 yang gitu2 aja, tapi sebenernya dia sendiri belom bisa pindah atau nyelesaiin hal2 tersebut..

gw sendiri, pernah ketemu pertanyaan itu..
"sampai kapan gw harus kuliah terus?"
jawabannya gampang, "sampai gw siap buat lulus kuliah dan masuk ke tingkatan berikutnya.."
dan itu berarti selama gw belom siap buat lulus dan masuk ke tingkatan berikutnya, gw ga bakalan lulus kuliah..

itu adalah satu contoh kasus "sampai kapan?" yang bisa dijawab dengan jawaban "sampai kamu siap.."
dan yang bakal gw bahas lebih lanjut adalah salah satu contoh kasus lain yang jawabannya bukanlah "sampai kamu siap..", tapi "sampai mati.."
apa itu?
gw bakal bahas tentang hubungan orang tua dan anak..
yep.. hubungan yang cuma dipisahkan oleh kematian..

yang namanya orang tua kandung, mereka punya hubungan darah sama kita..
dan itu berarti, ga ada yang bisa mutusin hubungan orang tua dan anak.. cuma kematian..
mau lo nganggep mereka bukan orang tua lo, sampe kapanpun mereka tetep orang tua lo..
mau mereka nganggep lo bukan anak mereka, sampe kapanpun lo tetep anak mereka..
ga ada tuh ceritanya mantan bokap, mantan nyokap, atau mantan anak..
karena hubungan darah itu berarti hubungan sehidup.. cuma kematian yang bisa misahin..

Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu. [Keluaran 20:12]

trus, muncul pertanyaan lagi, "sampai kapan gw harus nurut sama orang tua gw?"
jawabannya, "sampai mereka mati.."
selama lo masih anak mereka, lo masih berkewajiban untuk nurut sama mereka, dan masih berkewajiban untuk ga ngelawan sama mereka..

well, gw disini nulis bukan berarti gw ga pernah ngelawan sama bonyok gw..
waktu kecil dulu gw sering banget ngelawan perintah2 bonyok gw.. gw bandel banget..
dan mungkin, ampe sekarang, gw ga bisa dibilang nurut2 banget juga sama mereka..
but at least, sekarang gw nyoba buat bisa nurutin semua perintah dan permintaan mereka..
ga ada salahnya bikin orang tua seneng, selama mereka masih idup..

emang bener, orang tua itu bisa salah..
orang tua itu bisa jadi ga ngerti situasi kita..
orang tua kita mungkin malah ga gitu kenal siapa kita..
entah itu karena alesan jarak, alesan komunikasi, atau alesan apapun itu..
tapii... sampai kapanpun mereka adalah orang tua kita..
dan kita kudu wajib harus mesti nurut sama mereka.. sampai mereka mati..

emang bener, dengan kita berusaha nurutin semua perintah orang tua, itu mungkin bakal ngebatesin kebebasan kita..
bahkan, kita bisa ngerasa kalo kita cuma kaya robot..
dan disitulah gunanya komunikasi.. karena, lagi2, komunikasi adalah hal yang penting buat sebuah hubungan.. termasuk hubungan orang tua dan anak..

ngobrol sama orang tua tentang pendapat kita, tentang pikiran kita, bisa bikin kita lebih akrab dengan mereka.. dan ga nutup kemungkinan, mungkin mereka malah ngijinin kita buat ngelakuin apa yang kita pengen..
tapiii... kalopun akhirnya komunikasi itu ga gitu berhasil dan ujung2nya kita terpaksa ngalah, mengalahlah sama orang tua.. toh mereka hidup ga lama lagi, dan toh yang namanya nurut itu adalah perintah Tuhan..

ga ada salahnya nurut sama orang tua, karena Tuhan juga ngeliat ketaatan kita sama orang tua kita..
dan gimana mungkin kita bisa taat sama Tuhan, kalo sama orang tua kita yang jelas2 keliatan dan ngurusin kita dari kita masih kecil aja kita ga bisa nurut.. tul?!

guys, gw ga tau hubungan lo sama orang tua lo gimana..
tapi, gw nulis ini karena gw tiba2 kepikiran sama orang tua gw setelah gw ngebaca blog dari adek kecil gw yang ditulis buat papanya yang baru ulang tahun..
gw baru mikir lagi, apa aja yang selama ini udah gw perbuat yang udah bikin bonyok gw seneng..
apa selama ini gw cuma bisa minta duit, trus malah nyakitin hati mereka?

well, hidup cuma sekali.. dan kesempatan buat punya orang tua juga cuma sekali.. ga ada salahnya kalo selama mereka hidup, gw nurutin perintah2 mereka dan bikin mereka seneng.. setuju?!

stay blessed.. =)

No comments: