Monday 25 August 2008

Lihat, Dengar, Rasakan

okeh..
judul postingan kali ini emang "Lihat, Dengar, Rasakan", tapi di postingan gw kali ini gw ga bakal ngebahas tentang lagunya Sheila On 7..

gw bakal ngebahas hal lain yang perlu untuk di-"Lihat, Dengar, Rasakan"..

before we continue, beberapa hari sebelum ini gw baca salah satu blog temen gw.. di situ dia ngomong tentang gimana personality orang kalo dibandingin sama makanan..

di blognya itu gw ninggalin comment, nanyain makanan apa yang cocok sama personality gw.. dan jawabannya bukan gw dapetin dari blog dia..
gw dapetnya langsung dari orangnya..
kemaren..

dan menurut temen gw itu, makanan yang mencerminkan diri gw itu adalah "Chocolate Cake" atau bahasa indonya, "Kue Coklat"..
-Chocolate Cake-

kenapa gitu?

Chocolate Cake itu dari luarnya bener2 menarik.. bikin orang pengen nyicip, pengen nyobain..
tapi setelah di coba, penilaian rasanya itu pasti berbeda2 buat tiap2 orang.. mungkin bakal ada yang suka, atau mungkin juga ada yang ga tertarik sama sekali..
ada yang bilang rasanya enak, ada juga yang bilang rasanya biasa banget..
ada yang bilang manis, ada juga yang bilang pahit..

dan menurut pendapat temen gw itu, gw punya personality yang kurang lebih sama ama Chocolate Cake itu..
dia bilang kalo gw itu dari luarnya menarik perhatian.. gw bisa bikin orang laen pengen "nyicipin" gimana sih rasanya kenal sama gw..
tapi dalemnya bener2 ga bisa ditebak.. respon orang bakal bener2 berbeda..
beberapa orang bakal suka dengan kentalnya rasa coklat yang gw punya, beberapa lagi mungkin bakal ga suka..

well, itu cuma pendapat temen gw..
dan mungkin dia cuma satu dari beberapa orang yang udah pernah nyicipin rasa kue coklat gw..

nah, apa hubungannya dengan "Lihat, Dengar, Rasakan"?

disini hubungannya..

buat bisa ngomong personality gw adalah seperti Chocolate Cake, temen gw itu pasti sudah cukup lama kenal gw..
dan selama dia kenal sama gw, dia pasti sering ngeliat gw, ngedengerin gw atau perkataan2 orang laen tentang gw, dan ngerasain sendiri gimana rasanya temenan sama gw..

nah, yang pengen gw sampein di sini adalah bahwa keberadaan kita sebagai manusia ini ga bakal pernah lepas dari yang namanya melihat, mendengar dan merasakan..
3 hal itu lah yang menurut gw bisa bikin kita punya impresi atau tanggapan terhadap sesuatu..
dan ketiga hal itu adalah hal2 yang ga bisa dipisahin satu sama lain kalo kita pengen bisa punya impresi yang bener terhadap sesuatu..

buat contohnya, kalo kita ngeliat ada restoran yang dari luarnya bagus banget, furniturenya keren banget, suasananya kok kayanya asik banget, tapi kita sendiri belum pernah ngerasain gimana rasanya makan di restoran itu, kita ga bakal bisa kasi pendapat seberapa bagus atau jeleknya restoran itu..

sama juga seperti hubungan kita sama orang lain..
sering banget kita langsung ngecap orang laen dengan pendapat2 kita padahal kita sendiri belum pernah berinteraksi secara langsung dengan orang itu.. baru dari keliatannya aja dan mungkin ditambah dari cerita2 orang lain tentang orang itu..
kita sudah melihat, sudah mendengar, tapi belum merasakan..
dan pendapat kita itu ga bisa dibilang bener..
"don't judge a book by it's cover" kayanya cuma jadi excuse slogan buat ngebela diri kita sendiri dan bukan buat dipraktekin..

nah, lewat postingan gw kali ini, gw cuma pengen ngeshare pelajaran yang udah gw terima selama beberapa hari ini..
yah, moga2 aja ada manfaatnya.. moga2 aja kita semua jadi lebih hati2 dalam menilai orang..
bahkan mungkin bisa bikin diri kita jadi lebih bijaksana ke depannya..

for better future deh.. =)

No comments: