Thursday 22 August 2013

Day 6. Kembali ke sejarah.

Berawal dari kegalauan pagi hari, gue awalnya ga ngerti mau ngapain dan kemana hari ini. Gue putusin buat ngelondri semua baju kotor gue, biar besok bisa gue bawa balik ke Batam dalam keadaan bersin, dan gue lanjutin ngeloyor ke halte bus Trans Jogja. Bahkan setibanya di halte, gue masih belum tau mau kemana.

Gue tanya mbak yang ngejagain halte, mana yang lebih deket: Prambanan atau Parang Tritis. Menurut dia Prambanan. Dan jadilah gue ke Prambanan siang tadi.
Jadi, tema hari ini adalah 'Kembali ke Sejarah'.

Gue naek Trans Jogja sampe terminal Prambanan. Perjalanan berangkat gue aja udah ngabisin 1.5 jam. Gue ga mau nyesel jauh-jauh kesini.
Setibanya di pintu masuk, gue beli tiket. Ternyata, di loket pembelian, gue ditawarin paket wisata sekalian ke Ratu Boko. Cuma nambah 20000 lagi, bakal dianter jemput naek shuttle bus, dapet air putih sebotol, plus tiket masuk ke Ratu Boko itu sendiri.
Yang gue pernah denger, sunset di Ratu Boko termasuk salah satu yang paling cantik di Jawa.

Selama di Prambanan, gue asik aja muter-muter sendirian ngeliatin candi-candi dan reruntuhan-reruntuhan di sekitarnya. Sekejap, gue terbawa ke jaman-jaman kerajaan Jawa di masa lampau.
Sambil ngebaca kembali sejarah Prambanan, gue mulai ngebayangin apa aja kegiatan-kegiatan dan ritual-ritual yang dulu pernah dilakukan di kawasan candi itu. Gue mulai menebak-nebak, apa guna masing-masing candi. Bahkan, di kepala gue mulai muncul adegan-adegan yang berlatarkan kerajaan dimana para punggawa dan ksatria berlatih dan berperang di kawasan candi itu.

Salah satu hal yang menarik dari perjalanan gue di Prambanan ini adalah bahwa kurang lebih separuh patung di Prambanan sudah tidak berkepala. Entah kenapa bukan anggota badan yang lain yang putus, tapi kebanyakan malah kepala.
Satu fenomena aneh menurut gue.

Seselesainya perjalanan heroik gue di Prambanan, gue langsung menuju ke Ratu Boko. Gue mulai penasaran, seindah apa sih sunset di sana.
Gue naik shuttle bus yang ternyata ga sampe 20 menit, dan gue jalan bareng rombongan yang kayanya dari Jakarta.
Oh, siang ini gue sengaja untuk ga ngobrol sama orang asing. Gue mau menikmati khayalan-khayalan liar gue.
Apalagi setelah gue ngeliat Ratu Boko.

Ratu Boko ini bukan candi. Melainkan lebih mirip komplek kerajaan. Ada pelatarannya, ada gerbang masuknya, ada lapangan upacaranya, ada tempat menara pengawasnya, ada ruang tunggu tamunya, ada ruang pertemuannya, ada pemandian umumnya, ada koridor-koridornya, ada kuil persembahan, ada gua untuk tempat bermeditasi, dan banyak lagi.
Nah.. kalo menurut mbah google, konon kabarnya dulu area Ratu Boko ini dijadiin tempat bermeditasi, beristirahat atau rekreasi raja-raja. Sampe sekarang nggak ada yang tau cerita pastinya.

Di Ratu Boko ini, gue bener-bener puas melepaskan imajinasi gue yang berkeliaran bebas. Gue mulai ngebayangin apa aja kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi di area seluas itu. Gue mulai merekayasa scenario-scenario pada jaman kerajaan, baik itu saat tenang, maupun saat perang. Gue bahkan mulai memposisikan diri gue sebagai penguasa daerah tersebut.
Dan gue bener-bener terbawa ke hayalan masa lalu.

Gue nggak stay lama-lama di Ratu Boko. Malah, gue ga nerusin untuk ngeliat sunset di sana. Buat gue, Ratu Boko sudah cukup indah setelah gue bisa berhayal bebas tentangnya.

Kalo gue pikir-pikir lagi, orang jaman dulu bisa niat banget bikin satu komplek kerajaan dan bangunan-bangunan besar dengan bahan baku batu granit dan sejenisnya. Dan perlu dicatat, ukuran setiap batu itu besar-besar dan berat-berat. Gue aja ga kuat ngangkat 1 batu sendirian.

Sedangkan sekarang, bangsa ini, masyarakat Indonesia, kita semua malah jadi semakin males. Kita ga dituntut untuk ngebangun candi, kita juga ga dituntut untuk berperang melawan kerajaan atau negara lain lagi. Kita cuma dituntut untuk bertanggung jawab dan mengisi kemerdekaan dan kemajuan yang sudah kita terima sekarang ini. Kita cuma dituntut untuk memelihara negara ini dengan rasa cinta yang dalam. Itu doang.

Kalo jaman dulu aja setiap kerajaan berperang satu sama lain untuk memperebutkan wilayah seluas nusantara, kalo jaman dulu aja bangsa-bangsa Eropa berlomba-lomba datang ke Indonesia untuk merebutnya, kenapa sekarang kita yang sudah dianugerahi negara yang besar dengan segala kekayaannya ini malah berleha-leha diatas kemelaratan?

Kali ini gue mau ngajak kita sama-sama belajar dari perjuangan dan kejayaan masa lalu. Bukan untuk tinggal di dalam euforia palsu tentang kemerdekaan, tapi justru bangkit dan melakukan apa yang lebih dari sekedar mengisi kemerdekaan.
Spirit perjuangan itu ga boleh hilang. Rasa cinta tanah air itu tidak boleh padam.

Jayalah Indonesia. Jayalah masyarakatnya.

No comments: