Tuesday 20 August 2013

Day 4. Borobudur & Malioboro.

Hari ini luar biasa. Gue bener-bener menikmati kehidupan sebagai turis yang ga punya batasan waktu. Gue bebas kemana aja tanpa ada keharusan untuk mengikuti jadwal tertentu.

Gue keluar dari hostel jam 10.30. Tanya sana sini, gue mulai perjalanan gue ke Jombor. Gue naek bus kota berukuran tanggung, bayar Rp 3000 untuk sampe ke Jombor. Turun di Jombor, gue ketemu 2 orang bule di terminal bus. Satu cowo, satu cewe. Gue pun jadi jalan-jalan ke Borobudur bareng mereka. Naik bus ukuran tanggung yang cuma bayar Rp 15000, bareng sama bapak & ibu yang bawa barang-barang dagangan. Selama di perjalanan yang kurang lebih 1 jam, gue sama si cowo bule bergelantungan di pintu bus, menikmati hembusan angin kencang di pulau Jawa.

Nah.. yang unik dan menarik dari 2 bule ini adalah ternyata mereka berdua juga baru ketemu beberapa hari yang lalu di Changi Airport. Si cewe yang dari London emang berencana jalan-jalan ke Jogja, Bali dan sekitarnya. Sedangkan si cowo yang berasal dari Paris, gue ga tau apa dan gimana plan awalnya. Yang jelas, mereka berdua akhirnya jalan-jalan bareng. Sore ini mereka terbang ke Bali, Lombok, Komodo, dan entah kemana lagi.

Di Borobudur, gue sibuk jalan sendirian, moto-moto pemandangan yang mungkin ga bisa gue dapetin dari kota lain. Pas lagi asik muter-muter, gue sempet ketemu 1 orang bule Belanda yang juga jalan-jalan sendirian. Ternyata bukan cuma gue yang demen jalan-jalan menikmati indahnya Jawa sendirian. Manusia yang satu itu juga.
Gue sempet muterin Borobudur sekali barengan si bule, dan ngobrol-ngobrol kenapa dia suka Indonesia. Another reason why I should love this country more.

Sepulangnya dari Borobudur, tadinya gue berencana mau ke Prambanan sekalian. But then, karena mood gue tiba-tiba ilang dan langit yang tiba-tiba mendung, seolah mendukung mood, gue akhirnya balik ke hostel.
Gue istirahat bentar, menikmati suasana maghrib dari rooftop hostel, sambil memandangi terbenamnya matahari dibalik awan, dan mendengarkan suara adzan dari belasan masjid yang berkumandang di atas langit Jogja secara bersamaan, mengingatkan para umat untuk melaksanakan shalat.
Somehow, gue teringat lagi akan masa kecil gue yang tinggal di kompleks perumahaan di sebuah kota kecil di Sumatera.

Jam 8 malam, gue ketemuan sama temen gue semasa kuliah yang ternyata udah tinggal dan menetap di Jogja sini. Gue ditraktir makan gudeg khas Jogja plus burung dara goreng paling laris di Jogja yang baru buka jam 9 malam.
Gudegnya dahsyat. Burung daranya lebih parah. Seolah dari surga.

Selama makan burung dara, kami dihibur dengan adanya band jalanan Jogjakarta yang kualitasnya bener-bener bikin suasana Jogja malem ini jadi sempurna. 2 gitar akustik, 1 bass betot, 1 set drum, dan 3 suara manusia yang menyanyikan tembang-tembang merdu. Apalagi dengan purnama yang bersinar terang di langit Jogja. Kelompok band jalanan ini memulai konsernya dengan lagu Jogjakarta punya Katon Bagaskara yang dulu amat sangat populer. Dan lagu itulah yang jadi salah satu alasan kenapa gue dateng ke Jogja.

Selesai makan, temen gue itu harus segera ambil mobilnya yang dia parkir di Mall Malioboro. Sebuah mall yang berada tepat di tengah-tengah jalan Malioboro. Dan dia sempet anterin gue ke depan monumen peringatan 1 Maret, yang ada di pojokan ujung jalan Malioboro.
Nah.. di situ gue menikmati waktu-waktu kebebasan gue sendiri.

Duduk di trotoar, gue habisin 1 jam buat nontonin anak-anak yang sibuk main dengan roller blade / in line skate / apapun itu namanya. Sedangkan di belakang gue, ada orang sibuk mainan dengan ular kobranya. Banyak banget orang yang tiba-tiba kabur ketakutan setiap kali ular-ularnya jalan ke arah trotoar.

Di pojokan ujung jalan Malioboro ini gue merhatiin ratusan jenis manusia yang lalu lalang. Banyak turis lokal, banyak juga turis mancanegara. Sedangkan orang lokalnya, mereka dengan asiknya berbaur dengan para turis yang bisa dibilang hanya menikmati dan mengotori kota mereka.
Tidak ada kesenjangan, tidak ada ketidaksenangan. Yang ada hanya tawa dan kebahagiaan yang dibagikan secara percuma.
Beberapa kali terlihat pasangan sejoli yang memadu kasih, baik di bangku-bangku sekitar, ataupun di atas trotoar.
Dunia bukan milik gue doang. Dunia juga bukan milik mereka doang. Dunia milik kami bersama.

Interaksi di Malioboro malem ini bener-bener ga bakal gue lupain. Gue ngerasa idup lagi. Gue ngerasa jadi manusia lagi.