Wednesday 21 August 2013

Day 5. Solo & Indonesia.

Hari ini gue ke Solo. Berangkat dari hostel jam 10.30, langsung ke stasiun Tugu. Masuk ke gedung yang khusus tempat pembelian tiket. Dapet nomer antrian 361, dan nunggu selama 1 jam lebih sampe akhirnya nomer itu dipanggil.
Gobloknya, ternyata, pas gue berdiri di depan petugas counter penjualan tiket, gue salah ngantri. Seharusnya, untuk tiket kereta api lokal (Prameks - Prambanan Ekspress), gue ga perlu ngantri di situ.
Gue bisa langsung beli di loket depan pintu masuk stasiun.
Jam 11.57 gue beli tiket, jam 12.00 kereta berangkat. Thanks God belum telat.

Perjalanan ke Solo ternyata ga secepat yang gue bayangin. Plus lagi, ternyata yang pergi dari Jogja ke Solo jam segitu amat sangat sedikit sekali. Bisa diitung kira-kira cuma 6-10 penumpang per gerbong.
Bosenlah gue, dan tidurlah gue selama satu setengah jam.

Tiba-tiba gue di SMS sama salah satu anak gereja GKPB Jogja. Gue diajakin doa malem bareng di sekretariat. Doa malem itu jam 7. Dan itu berarti, gue harus balik lagi ke Jogja, dan tiba di stasiun Tugu sebelum jam 7.
Alhasil, gue langsung sesuaiin target tujuan gue di Solo.

Sampe di stasiun Balapan, Solo, jam 13.30, gue langsung kabur naek becak ke Pasar Gede. Kata temen gue dari twitter, di sana ada timlo super enak. Dan selama perjalanan di becak, gue sempat ngobrol-ngobrol bentar sama tukang becaknya tentang gimana keadaan Solo pasca ditinggal Pak Jokowi.
Tukang becak bilang kalo wakilnya Pak Jokowi yang sekarang menjabat sebagai Walikota, dan beliau masih menjalankan kebijakan-kebijakan yang sudah disusun rapih oleh Pak Jokowi selama beliau menjabat dulu.
Solo masih rapi & terkendali.

Sesampainya di Pasar Gede, gue langsung muter-muter tanya sana sini tentang lokasi akurat Timlo Sastro yang legendaris. Untungnya orang-orang di pasar sana baik-baik, so dalam waktu kurang dari 10 menit, gue bisa langsung ketemu tempatnya.
Gue yang penasaran karena belum pernah makan timlo sama sekali, langsung pesen timlo komplit spesialis mereka.
Dan rasanya amat sangat enak sekali banget puoll! Ternyata timlo itu enak!

Kenyang. Saatnya gue lanjutkan perjalanan gue. Niat awalnya gue mau ke Reina Herbal Cafe punya salah satu manager Scholar4ID. Menurut internet, tempatnya di Laweyan. Dan lagi-lagi, gue pake jurus tanya-tanya-sana-sini buat bisa ke Laweyan itu. Dan ternyata lagi, laweyan itu jauh sekali dari pasar gede.
Sudah jam 2.30, gue masih setengah perjalanan ke laweyan, sedangkan gue harus balik ke Stasiun Balapan buat ngejer kereta yang antara jam 4-5 buat bisa ikut doa malem di sekretariat gereja yang di Jogja.
Akhirnya, gue batalin niat gue ke Reina. Gue turun di tengah jalan yang entah ada dimana, dan gue langsung cari becak yang bisa anterin gue ke tujuan gue berikutnya; Srabi Notosuman.

Abang becak yang gue temuin kali ini agak gaib. Gue selalu tanya dulu berapa harga yang harus gue bayar untuk menuju ke satu tempat. Biasanya, untuk daerah Jogja dan sekitarnya, harga becak ga jauh-jauh antara 15000 sampe 20000. Karena kalo emang kejauhan, mau dibayar mahal pun, mereka biasanya ga mau.
Tapi, yang satu ini aneh. Dia bahkan ga bilang berapa harganya. Waktu gue tanya, "piro pak", dia cuma jawab, "wes, terserah nanti sampeyan mau kasih berapa."
Jadilah gue ngira-ngira sendiri harganya menurut jarak perjalanan gue.

Habis beli srabi di daerah kampung notosuman, gue langsung cari cara pulang ke Stasiun Balapan. Gue tanya tukang parkir daerah situ, dan dia dengan senang hati nemenin gue nunggu angkot dan ngeberhentiin angkot itu sambil pesen ke supirnya, buat nurunin gue di Stasiun Balapan. Salah satu hal yang bikin gue cinta Solo.

Di dalem angkot, gue sibuk ngeliatin sana sini. Ngeliatin mbok-mbok jualan yang bawa-bawa barang dagangannya keluar masuk angkot. Ngedengerin suami istri yang lagi ngobrol di samping gue. Dan waktu gue mulai ragu karena gue ga tau gue udah dimana, gue beraniin aja buat nanya ke salah satu ibu yang ada di sebelah kanan gue. "Bu, kalo saya mau ke Stasiun Balapan, saya harus turun di mana ya?"
You know what?! Jawaban yang gue dapet bukan cuma dari ibu itu. Seluruh penumpang angkot ngasih jawaban. "Di depan sana mas. Habis lampu merah ini." Bahkan satu ibu di depan gue ngejelasin panjang lebar tentang jalan dan tikungan-tikungannya.
Satu alasan lagi untuk cinta Solo.

Humm.. Mungkin, buat beberapa orang, perjalanan gue ke Solo kali ini beneran cuma nyapek-nyapekin badan doang. Hanya kurang lebih 4 jam gue muter-muter di Solo cuma dengan 2 tujuan: Timlo & Srabi.
But then, Tuhan tau yang terbaik buat gue. Tuhan tau tujuan gue. Gue pengen ngobrol sama beberapa orang asing yang mungkin bakal membawa dampak positif entah itu buat gue ataupun buat orang itu.
Dan gue dapetin itu pas di kereta perjalanan pulang.

Gue masuk ke gerbong yang ga gitu rame. Gue duduk di tengah-tengah bangku panjang di tengah gerbong tanpa ada perasaan apa-apa. Then suddenly, satu cowo duduk di sebelah kiri gue, sedangkan 2 orang cewe temen si cowo duduk di seberang gue. Dan mereka mulai berisik.

Awalnya gue ga ngerti mereka ngomongin apaan. Yang jelas, mereka ribut-ribut tentang satu seminar di Solo.
Gue coba tutup mata sambil ngupingin mereka, dan setelah sekitar 15 menit nguping barulah gue ngerti.
Ternyata mereka baru pulang dari seminar internasional tentang gaya kepemimpinan di Dunia, khususnya Asia, yang dipaparkan oleh beberapa pembicara skala internasional.

Gue coba cari celah buat bisa ngobrol sama si cowo di sebelah gue karena menurut gue dia punya cara pandang yang sedikit berbeda dari orang lain mengenai kepemimpinan. Dan waktu celah itu ada, gue langsung mulai pembicaraan. Dibuka dengan, "mas, ini barusan pulang dari acara apa?"

Obrolan kami cukup seru. Selama kurang lebih sejam perjalanan, kami bertukar pikiran tentang gaya-gaya kepemimpinan para mantan presiden Indonesia, gaya-gaya kepemimpinan Jokowi & Ahok, dan termasuk calon-calon presiden Indonesia. Kami juga ngobrol tentang Indonesia secara keseluruhan dengan kondisi masyarakatnya, tentang sistem politik dan pemerintahan di Indonesia, juga tentang negara-negara lain yang ternyata tidak lebih baik dari Indonesia.

Salah satu poin percakapan yang paling membekas di otak gue adalah gimana si cowo yang bernama Aris ini memaparkan bahwa Indonesia masih termasuk negara muda walaupun dengan usianya yang sudah mencapai 68 tahun. Dia cerita tentang gimana sejarahnya negara-negara yang sekarang besar yang dulunya pernah mengalami revolusi berkali-kali. Dan kita akhirnya sepakat untuk mengakui bahwa ada kemungkinan ke depannya Indonesia akan mengalami beberapa revolusi besar-besaran. Bukan hanya sekali lagi, tapi bisa jadi lebih.

Gue sempet curhat juga gimana perasaan gue setiap kali ngeliat bendera merah putih berkibar di langit Indonesia. Bahkan, gimana air mata gue dengan gampangnya mengalir setiap kali ngedenger "Indonesia tanah air beta...." berkumandang.
Buat gue, Indonesia tanah air beta, tapi mungkin bukan tanah air mereka.

Kalo memang Indonesia tanah air kita bersama, kalo emang Indonesia rumah kita bersama, pastinya setiap rakyatnya akan merasa bertanggung jawab kalo ada kebocoran atap di rumah tersebut. Bukan cuma bapak kita yang pusing, kita sebagai anggota keluarga juga sepantasnya pusing atas kebocoran atap itu.
Kami berdua sepakat, bahwa yang bisa ngebangun negara ini adalah masyarakatnya secara bersama-sama dan sudah seharusnya kita tidak bergantung lagi sama pemerintah.
Ini rumah kita, ini tanggung jawab kita.

Aris turun di Stasiun Lempuyangan, satu stasiun sebelum Tugu. Sebelum dia turun, dia sempet ngajakin buat tukeran nomer handphone. Tapi gue tolak. Gue bilang, "kalo emang Tuhan ijinin, next time bakal ketemu lagi kok."
Well, seenggaknya biarin percakapan itu tetep jadi percakapan 2 orang asing yang bener-bener ga kenal satu sama lain.

So, itu semua hal-hal baru yang menarik hari ini. Sebenernya ada satu cerita lagi tentang 2 pohon beringin yang ada di alun-alun kidul, tapi itu ntar gue ceritain lagi kapan-kapan.

Semoga besok lebih seru lagi!

=D

No comments: