Sunday 18 August 2013

Day 2. Magelang & Yogya.

Hari ini, misi utama gue tercapai. Upacara Bendera di kampus SMA Taruna Nusantara, Magelang.
Here's the story.

Awalnya, untuk bisa sampe ke SMA TarNus, gue berencana naik taksi atau bus dari Yogyakarta. Menurut jadwal, kereta diharapkan untuk tiba di Yogya jam 6.20 pagi. Sayangnya, karena kereta yang gue naekin itu adalah kelas ekonomi, dengan jalannya yang sering terganggu karena harus berhenti mendahulukan kereta kelas eksekutif, jadilah gue ga bisa sampe Yogya sesuai jadwal.

Gue yang emang pengen untuk bisa sampe di pintu gerbang SMA TarNus jam 7 pagi, harus mikir cara lain. Dan sebelum kereta tiba di kebumen, gue udah dapet ide lain. Gue bakal berenti di satu pemberhentian sebelum Yogya: Kutoarjo.
Gue tau kalo perjalanan dari Kutoarjo ke Magelang kurang lebih sama dengan perjalanan dari Yogya ke Magelang, sama-sama sekitar 1 jam perjalanan.
Dan nekatlah gue turun di Kutoarjo.

Kutoarjo bukan sebuah kota yang besar. Dan gue ga kenal siapa-siapa disana.
Lagi-lagi, dengan modal sok jago, gue ngedeketin supir ojek motor. Gue tanya apa dia bisa anterin gue ke SMA TarNus atau nggak. Dia jawab bisa. Gue tanya juga berapa bayaran yang dia minta. Dia bilang 100rb. Gue tolak mentah-mentah.
Gue bilang aja kalo bulan lalu gue barusan jalan dari Kutoarjo juga ke Magelang. Trus, waktu itu gue cuma bayar 50rb.
Dia langsung percaya, dan mau nganterin gue ke Magelang cuma dengan 50rb.

Sepanjang perjalanan, gue ngobrol-ngobrol tentang pengalaman gue di SMA TarNus. Pak supir juga cerita tentang pengalaman dia nganterin orang-orang militer yang tinggal di Magelang.
Obrolan-obrolan kecil di atas motor yang melaju cukup kencang, ditambah udara dingin yang bisa tembus semua pakaian, ngebuat perjalanan selama 1 jam ga kerasa sama sekali.
And this is one of my agenda: talk more and share my life with strangers.

Sesampainya di SMA TarNus, habis ngasih duit 100rb ke pak ojek, gue langsung cari toilet umum cowo deket ruang kelas buat mandi. Gue belum mandi dari kemarin siang, dan gue ga mau muncul bersilahturahmi dengan guru-guru (pamong) yang gue kenal dalam keadaan bau.
Ternyata, mandi di toilet itu susah.

Selesai mandi, gue langsung ke lapangan upacara, dan ikut upacara bendera sama beberapa orang dari luar yang ternyata juga pengen ikutan upacara di SMA TarNus. Habis itu, gue juga bersilahturahmi dengan beberapa pamong yang masih gue kenal dan masih kenal gue. Seneng juga ternyata banyak dari mereka yang masih inget jelas sama gue. Walopun ada juga pamong-pamong yang lupa blass.

Selesai upacara dan silahturahmi-silahturahmi itu, gue langsung jalan-jalan keliling graha (dorm) cowo, dan pengen tau gimana keadaannya sekarang. Gue ke graha 14, ngobrol-ngobrol sama anak-anak kelas XI (2 SMA), dan akhirnya gue pun beraniin diri buat ngajakin mereka maen bola bareng.

Gue langsung ganti baju, dan akhirnya kami maen bola 4v4 dengan tiang jemuran handuk sebagai gawang kecil. Hal yang sama, yang belum berubah sejak jaman gue masih ganteng dulu.

Habis main bola, gue juga nyobain kudapan (makanan ringan) punya anak-anak graha 14 itu, dan gue duduk nongkrong sama mereka kaya ga ada rasa bersalah.
Sesekali gue ceritain tentang gimana disiplinnya anak-anak TN dulu.
Gue cuma berharap kalo mereka juga bisa jadi orang yang memiliki disiplin pribadi di waktu-waktu ke depannya.

Tiba-tiba, waktu gue lagi ngebacot sama anak-anak kelas XI, muncul sesosok pamong yang dulu menjadi salah satu momok untuk anak-anak cowo angkatan gue.
Tiba-tiba Pak Tri Djoko ngajakin gue silahturahmi ke rumahnya.
Ternyata, anak pertamanya yang juga adalah temen seangkatan gue lagi liburan lebaran di Magelang.
Alhasil, ga jadi lah gue sendirian seharian ini.

Gue lanjutin perjalanan gue nyari ayam goreng legendaris asal Magelang, tapi ternyata mereka tutup.
Gue coba cari restoran dengan es serut yang dulu sering banget gue datengin setiap akhir pekan, ternyata mereka juga tutup.
Akhirnya jadilah gue makan siang di restoran Chinese Food yang ada di daerah pecinan.
Hanya sedikit memori yang gue punya di restoran itu.

Jam 3.30, gue lanjutin perjalanan gue ke Yogya. Tentunya sama temen gue itu, dan ditambah sama satu orang temennya yang dulu sempat ketemu gue waktu gue iseng jalan-jalan ke Bandung.
Dan jadilah kami bertiga mengarungi penjelajahan Yogya bersama-sama.
Kami cari makan sampe ke Sleman, kami keliling kraton Yogya sampe lebih dari 3 kali, dan kami juga sempet nongkrong di angkringan alun-alun kraton sambil menikmati teh susu hangat, bandrek, dan roti bakar.What a life.

Jarum jam baru aja nunjukin angka 10.00 pm, dan gue udah ngantuk berat. Per tanggal 17 Agustus ini, gue baru tidur selama 3 jam sejak dari tanggal 16 Agustus.
Akhirnya, gue mutusin untuk mengakhiri petualangan gue hari ini di Yogya, dan gue bakal ngelanjutin petualangan lainnya di Yogya dan sekitarnya selama beberapa hari ke depan.

Owh, by the way, gue dapet hostel murah di daerah Yogya. Hanya dengan Rp 70rb per malam, gue bisa bobo di kasur yang enak, dengan fasilitas hostel yang amat memuaskan.
Ada rooftop lengkap dengan dipping pool, ada games areanya, ada free WiFi, ada free breakfast, dan masih banyak hal keren lainnya.
It's been a very long day, and yet I can always feel His blessings towards me.