Wednesday 16 June 2010

pushing through the limit


barusan gw baca blog temen gw.. well, dia emang masih bisa dibilang muda, tapi cara pikirnya kadang2 bikin gw ikutan mikir..
dan postingan gw kali ini gw tulis gara2 kepikiran sama judul postingan temen gw itu..
disitu dia ngomongin tentang pushing yourself through the limit..

humm.. benernya beberapa hari lalu gw sempet mikir tentang hal ini.. tapi gw kelupaan..
well, kalo gw kelupaan sama topik blog, itu bisa dibilang kalo benernya gw belom siap buat nulis tentang topik itu..
dan sekarang, berhubung diingetin lagi sama blognya temen gw itu, akhirnya gw mutusin buat ngobrolin itu disini..

so, here it goes.. =)

push up.. gw assume kalian semua pasti tau push up.. dan pasti pernah push up..
dan gw juga yakin kalo kalian punya standard masing2 buat berapa kali kalian mampu ngelakuin push up tanpa istirahat..
setiap orang punya tingkat kekuatan yang beda2.. tul?

gw sendiri, kalo push up, biasanya cuma bisa 30 kali tanpa istirahat.. itu yang normalnya..
dan kalo gw coba paksain sedikit, mungkin bisa ampe 40 kali..
tapi, gw sendiri ga tau berapa kali maksimalnya gw bisa push up..

yep..
banyak hal di hidup ini yang ga gitu kita tau.. kebanyakan hal2 yang kita perbuat itu atas dasar biasa..
jadi, standard penilaian kita, standard kemampuan kita seringkali cuma didasarkan atas kata "biasanya"..
seringkali kita ga tau dimana bates maksimal kita..

okeh.. buat gampangnya, gw kasih contoh deh..

gw demen maen PES atau WE dan gw bisa maen game itu 12 jam nonstop.. bahkan lebih..
padahal biasanya gw cuma betah maen game itu selama 2 jam nonstop..
biasanya setelah maen 2 jam itu mata dan tangan gw udah capek..
lah, gimana gw bisa tau kalo gw bisa maen game itu ampe 12 jam nonstop?
karena gw pernah nyoba..

ceritanya gini..
awalnya gw cuma pengen maen 2 jam doang.. which is biasanya cuma 8 pertandingan..
nah, karena di game terakhir ternyata gw menang, game itu jadi lebih menarik dan menyenangkan buat gw..
jadilah gw nambah 1 pertandingan lagi.. alias nambah 15 menit lagi..
ternyata gw menang lagi, jadi gw maksa buat maen 1 game lagi.. karena seru..

trus, gw kalah..
tapi bukan berarti gw berenti maen.. gw justru nambah 1 game lagi karena gw pengen bales dendam..
dan setelah menang, gw masih tetep nambah 1 game lagi karena gw pengen nyoba ngelawan tim lain..
dan begitu seterusnya..
gw nambah 1 game terus sampe akhirnya gw ga sadar kalo gw udah maen itu selama 12 jam..

so, dari contoh gw itu, gw bisa bilang kalo sebenernya yang ngebatesin kemampuan kita itu bukan otot kita.. tapi justru otak kita..
sebenernya tangan gw dan mata gw udah capek waktu maen game itu selama 2 jam..
tapi, otak gw maksa gw buat tetep nambah 1 game, nambah 1 game, dan terus nambah 1 game karena ternyata otak gw tertarik sama game itu..

karena hal itu menarik, maka otak gw bisa maksa otot gw buat bekerja lebih..

this is what I get: that to give extra miles doesn't mean that you have to set your target with that extra miles..
just set your targets ordinary and be excited.. then you'll have yourself being pushed beyond your limits..

sebenernya satu2nya hal yang bisa ngebatesin manusia itu adalah otak manusia itu sendiri..
kalo dia mikir dia ga bisa, selamanya dia ga bakal bisa..
sedangkan kalo dia mikir dia bisa, dia bakal bisa..
itu yang dinamakan positif thinking..
dan tentang batas maksimal kemampuan seseorang, sebenarnya otak orang itu sendiri juga yang bisa nentuin dimana batas maksimalnya.. bukan ototnya..

sedikit balik lagi ngobrolin tentang push up, gw mo ngajakin lo yang baca buat nyoba sendiri..
coba push up dengan standard biasa kalian..
kalo biasanya 20, coba push up 20..
trus, coba buat tambahin 10..
kalo tangan lo masih kuat, coba tambahin 5 lagi..
trus, kalo masih kuat juga, coba tambahin 1 lagi..
trus tantang diri lo sendiri, kira2 masih kuat ga buat push up 1 kali lagi.. kalo masih, tambahin 1 kali lagi..
lakuin itu terus selama lo ga bener2 jatoh gara2 dah ga kuat lagi..
jangan diitung.. minta tolong temen lo yang ngitungin buat lo.. atau kalo perlu, tutup mata lo..
coba terus ampe lo jatoh sendiri karena tangan lo udah bener2 lemes ga bisa ngapa2in lagi..
baru lo bakal tau berapa batas maksimal lo dalam push up..

sama halnya dengan otak gw yang udah berhasil ngebikin gw maen game 12 jam nonstop dengan maen tawar menawar, begitu juga seharusnya otak gw bisa maksa gw buat ngerjain hal2 yang ga gw suka karena ada hal yang menarik yang bisa gw liat dari hal2 itu..
dan sama halnya juga dengan otak kita yang bisa ngebantu kita push up sampe batas maksimal kita, begitu juga harusnya untuk segala hal yang selama ini cuma jadi kebiasaan di hidup kita..

guys, masih banyak hal2 yang kita ga tau karena kita ngelakuinnya cuma karena kebiasaan..
dan yang namanya hidup, bakal amat sangat ngebosenin kalo semuanya itu cuma karena biasa dan isinya cuma hal2 yang luar biasa..
hidup bakal lebih seru kalo kita bisa terus2an nembus rekor kita sendiri dan nembus batas maksimal kita sendiri..

hidup ini bukan jalan lintas kota yang ada batas kecepatan maksimalnya..
hidup ini adalah lintasan balap F1 yang harus ditembus dengan batas maksimal tak terbatas..

selamat maksa, selamat maen tawar2an..

adios.. =)

No comments: